Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        IPC Raih Penghargaan Pelayanan Prima Transportasi

        IPC Raih Penghargaan Pelayanan Prima Transportasi Kredit Foto: Sufri Yuliardi
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Delapan cabang pelabuhan dan empat anak perusahaan PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC menerima penghargaan Pelayanan Prima untuk Unit Pelayanan Publik Sektor Transportasi 2018.

        Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta, Senin (17/9/2018). Terdapat 14 penghargaan yang diterima yang seluruhnya dianugerahkan oleh Kementerian Perhubungan dalam rangka Hari Perhubungan Nasional.

        "Kami bersyukur, 12 entitas di dalam korporasi IPC berhasil meraih penghargaan prima di sektor transportasi. Hal ini memacu IPC untuk terus meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat," kata Direktur Utama IPC, Elvyn G Masassya.

        Penghargaan tersebut, menurutnya, merupakan bukti nyata IPC bergerak mewujudkan visi korporasi sebagai pengelola pelabuhan kelas dunia yang unggul dalam opersional dan pelayanan.

        "Kami sedang memasuki era baru pelabuhan, di mana semua pelabuhan yang dikelola IPC harus menjadi pelabuhan yang mampu memberikan pelayanan lebih cepat, lebih mudah, dan lebih murah. Kami sangat menyadari bahwa pelabuhan adalah salah satu mata rantai penting dalam perekonomian nasional," jelas Elvyn.

        Penghargaan Pelayanan Prima Unit Pelayanan Publik Sektor Transportasi ini didasarkan atas penilaian dalam kurun waktu satu tahun yang dilakukan Kementerian Perhubungan, yang melibatkan tim penilai independen dari YLKI, pengamat transportasi, perwakilan akademisi dan media massa, Ombudsman, staf kepresidenan, serta perwakilan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara.

        Ada sembilan instrumen penilaian, yaitu visi misi?dan motto pelayanan, standar pelayanan?dan maklumat pelayanan, sistem mekanisme prosedur, sumber daya manusia, sarana prasarana pelayanan, penanganan pengaduan, Survei Kepuasan Masyarakat (SKM), sistem informasi pelayanan publik, serta produktivitas dalam pencapaian target pelayanan.

        Dari ke-14 penghargaan yang diraih, lima di antaranya Penghargaan Prima Utama, yaitu Terminal Petikemas Tanjung Priok (PT IPC Terminal Petikemas), Terminal Petikemas Pelabuhan Panjang, Terminal Curah Kering Pelabuhan Panjang, PT Jakarta International Container Terminal (JICT), dan PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IKT).

        Sementara delapan Penghargaan Prima Madya untuk?Terminal Petikemas Pelabuhan Teluk Bayur, Terminal Curah Kering Pelabuhan Banten, Terminal Penumpang Nusantarapura Tanjung Priok, Terminal Petikemas Pelabuhan Pontianak, Terminal Petikemas Koja, Terminal Petikemas Pelabuhan Jambi, Terminal Curah Cair Pelabuhan Teluk Bayur, serta Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Pandan.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Bambang Ismoyo
        Editor: Rosmayanti

        Bagikan Artikel: