Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        IdeaFest 2018 Jadi Ajang Kolaborasi untuk Negeri

        IdeaFest 2018 Jadi Ajang Kolaborasi untuk Negeri Kredit Foto: Tanayastri Dini Isna
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        IdeaFest, festival kreatif tahunan yang bertujuan menginspirasi dan menghubungkan berbagai stakeholders industri ekonomi kreatif akan diadakan kembali pada 26-27 Oktober 2018. Tahun ini, tema yang diangkat adalah "C" yang memiliki banyak arti. Salah satunya adalah collaboration. Proses pelaksanaan IdeaFest 2018 tak hanya melibatkan satu pihak. Pemerintah, investor, media, inovator, pengusaha, hingga komunitas memiliki peran masing-masing dalam acara tersebut.

        Bagi Ben Soebiakto, Co-Chairman IdeaFest, kolaborasi yang baik dibutuhkan untuk membuat pergerakan yang besar seperti IdeaFest. Ia menambahkan, dengan adanya kolaborasi, kekuatan yang dihasilkan akan lebih besar jika dibandingkan bergerak sendiri.

        "Huruf C ini bisa diartikan sebagai collaboration. Oleh karena itu, IdeaFest selalu terbuka untuk mencari partner baru setiap tahun," ujar Ben?kepada pers, Selasa (9/10/2018).

        Tahun ini, IdeaFest menggandeng beberapa perusahaan, seperti PT Astra International Tbk, The NextDev dari Telkomsel, Blibli.com, dan Bank DBS. Kolaborasi antara IdeaFest dan perusahaan-perusahaan itu dituangkan dalam berbagai program kreatif yang menjadi bagian IdeaFest 2018.

        Di sana, akan ada IdeaExperience yang terdiri atas O2O Bazaar, Lyfe!Fest, dan Experience Zone. Lalu, ada pula Art Space, Awarding Night, dan sebagainya. IdeaExperience dapat dinikmati secara gratis oleh para pengunjung.

        "Partner baru kami, Bank DBS menyediakan acara untuk menghimpun milenial dalam satu tempat di dalamnya. Semua yang ada di IdeaExperience dibuka secara gratis karena merupakan kolaborasi dari semua pihak yang terlibat di IdeaFest 2018," jelas Ben.?

        O2O Bazaar merupakan bazar berisi produk-produk lokal terbaik di Indonesia yang telah dikurasikan pihak Blibli.com. Sementara Lyfe!Fest dari Bank DBS adalah tempat untuk para milenial berkumpul dalam satu acara. Lalu, ada Experience Zone dari Telkomsel dan Awarding Night dari Astra.

        Steve Saerang, Lead Project Telkomsel The NextDev juga menganggap "C" sebagai kolaborasi. Menurutnya, IdeaFest bukan hanya tempat para milenial berkumpul, melainkan juga untuk mendapatkan informasi dan inspirasi yang kredibel.

        "The NextDev sudah berkeliling Indonesia untuk mencari startup yang belum diketahui siapa pun. Lewat IdeaFest ini, kami akan mengenalkan startup yang mereka buat sendiri, sehingga orang-orang akan menyadari kreativitas mereka," kata Steve.

        Sementara itu, Astra mengaku ingin menginspirasi anak muda di penjuru Tanah Air agar turut memajukan Indonesia. Mereka ingin menyediakan tempat bagi generasi muda untuk bersuara dan berekspresi karena pemuda adalah calon pemimpin bangsa. Oleh karena itu, Astra memutuskan berkolaborasi dengan IdeaFest dalam melaksanakan acara Satu Indonesia Awards.

        "Kami mencari anak muda Indonesia yang peduli terhadap lingkungan di sekitarnya dalam Satu Indonesia Awards. Ada beberapa bidang, yakni pendidikan, kesehatan, lingkungan, kewirausahaan, dan teknologi. Pemuda-pemuda itu akan datang ke IdeaFest untuk membagikan kisah mereka," jelas Boy Kelana Soebroto, Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk.

        Kemudian, ada pula Blibli.com yang ingin menginspirasi para penjual di situs Blibli.com untuk bernovasi dan berkolaborasi dalam mengelola toko yang mereka miliki. Inovasi dan kolaborasi tersebut akan disampaikan melalui IdeaTalk yang merupakan bagian dari IdeaFest 2018.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Tanayastri Dini Isna
        Editor: Rosmayanti

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: