Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Ternyata Ini 5 Alasan Millenial Gemar Belanja Online, Enggak Heran Deh!

        Ternyata Ini 5 Alasan Millenial Gemar Belanja Online, Enggak Heran Deh! Kredit Foto: Unsplash/Brooke Cagle
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Bukan hal yang baru lagi di mata masyarakat menyaksikan maraknya belanja?online?di Indonesia. Utamanya di kalangan millenial. Berburu barang kebutuhan secara?online?rasanya sudah menjadi fenomena yang biasa.

        Dengan didukungnya pertumbuhan?e-commerce?yang pesat, berbelanja?online?saat ini menjadi begitu mudah sehingga diminati.

        Seperti hasil riset dari Markplus.Inc, terhadap 1.200 responden, ditemukan beberapa?faktor yang menyebabkan masyarakat millenial begitu mencintai kegiatan berbelanja?online. Associate of High Tech, Property and Consumer Industry of MarkPlus, Irfan Setiawan, mengatakan, responden dari risetnya ini dilakukan pada millenial dengan rentang usia 19 hingga 35 tahun, dan berasal dari kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Medan, dan Makassar.

        Berikut ulasannya, kenapa millenial gemar belanja?online:

        1. Banyak Promo

        Siapa yang tidak tergiur dengan 'promo'? Para pelaku?e-commerce?di Indonesia senang sekali mengadakan promo untuk mereka yang gemar berbelanja?online, dan ini berhasil menarik minat millenial sehingga banyaknya promo dijadikan salah satu alasan kenapa mereka senang belanja?online.

        Promosi seperti?flash sale, gratis ongkir (ongkos kirim),?buy one get one, sampai penukaran poin atau?reward?dengan hadiah atau mendapat potongan harga.

        2. Harga Murah

        Alasan lainnya yang membuat millenial gemar belanja?online?adalah harga barang yang dijual di?online?lebih murah jika dibandingkan barang yang dijual di toko ritel atau pusat perbelanjaan.

        Kenapa harga di?online?lebih murah, ya? Itu ternyata karena rantai perdagangan pada?e-commerce?sangatlah minim. Barang yang mereka jual biasanya langsung mereka dapatkan dari produsen atau prabik atau distributor pertama. Itu dia yang menyebabkan selisih harga produk di toko?online?lebih murah.

        3. Reputasi Baik

        Selanjutnya, reputasi baik?e-commerce?juga menjadi salah satu alasan bagi millenial,?lho. Hal itu membuat konsumen semakin percaya dan yakin bahwa sistem pada?e-commerce?dan transaksi konsumen tersebut aman hingga data pribadi konsumen terjaga.

        4. Metode Pembayaran Beragam

        Faktor keempat adalah banyaknya pilihan metode pembayaran pada?e-commerce. Konsumen dapat memilih metode pembayaran yang diinginkan sesuai dengan rekening bank yang mereka miliki, atau mereka juga dimudahkan dengan pilihan metode pembayaran melalui kartu kredit, cicilan nol persen, cash on delivery, hingga pembayaran melalui gerai minimarket.

        5. Pengiriman Barang Cepat

        Faktor yang terakhir, waktu pengiriman barang yang relatif cepat membuat konsumen nyaman berbelanja?online.

        Pilihan jasa kurir yang beragam dan konsumen juga bisa memantau waktu pengiriman atau proses status barang yang mereka pesan.

        Saat ini pun?e-commerce?juga telah menyediakan pengiriman dalam satu hari atau?same day?yang bekerja sama dengan penyelenggara transportasi?online?Gojek dan Grab.

        Kefleksibelitasan yang konsumen dapatkan membuat mereka rela menghabiskan uang untuk belanja?online. Mereka tidak perlu repot-repot mencari barang yang diinginkan, cukup dengan duduk manis mencari barang dengan gawai melalui aplikasi toko?online, pilih barang, pilih jasa kurir, pilih metode pembayaran sesuai keinginan, tinggal tunggu deh! Barang akan mendarat sempurna di tangan konsumen.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Clara Aprilia Sukandar
        Editor: Clara Aprilia Sukandar

        Bagikan Artikel: