"Masa-masa sulit tidak pernah bertahan, tetapi orang-orang tangguh akan kuat bertahan,"?frasa ini masih memiliki relevansi yang kuat dalam sistem lingkungan kewirausahaan.
Kewirausahaan hadir dengan serangkaian tantangan dan tanggung jawabnya sendiri.?Dari mengubah visi mereka menjadi bisnis untuk mengatur keuangan, pengusaha sering merasa bahwa jalan menuju sukses tidak berkesudahan dan penuh kemunduran.
Kadang-kadang butuh waktu bertahun-tahun sebelum bisnis mulai menghasilkan laba, menguji ketekunan dan ketahanan mereka.?Meskipun tidak semua orang terpotong untuk menjadi satu, mari kita lihat pelajaran yang harus dipelajari setiap wirausahawan saat mereka maju dalam perjalanan mereka:
Jelajahi peluang keuangan
Langkah pertama untuk memulai bisnis adalah menjalankan keuangan Anda.?Sayangnya, semangat tidak cukup untuk memberikan sayap kepada perusahaan Anda;?Anda membutuhkan modal awal.?Selain itu, penting untuk memahami biaya operasional dan pemeliharaan juga.
Sebelum Anda memulai usaha, Anda perlu menghitung total biaya yang perlu Anda tanggung dan lihat apakah Anda akan dapat mengelola hal yang sama atau tidak.?Langkah selanjutnya adalah mengeksplorasi peluang finansial untuk mendapatkan jumlah yang dibutuhkan.?Bergerak di luar pendekatan tradisional, dan kelilingi diri Anda dengan orang dalam industri yang dapat menjadi calon investor dalam bisnis Anda.
Fokus pada gambaran yang lebih besar
Sering dikatakan bahwa jika sebuah bisnis dapat bertahan pada tahun ketiga, ia memiliki peluang sukses yang jauh lebih besar.?Namun, banyak startup yang hilang pamornya sebelum waktunya karena kurangnya pemimpin visioner.
Menjaga fokus pada tujuan jangka panjang daripada fluktuasi jangka pendek adalah aturan dasar untuk menjalankan perusahaan yang sukses.?Terima kenyataan bahwa kesuksesan tidak selalu langsung dan itu subjektif.?Meskipun Anda mungkin tidak mencatat pertumbuhan sebanyak yang Anda inginkan di tahun pertama, sebagian besar waktunya lebih baik untuk tetap pada rencana awal dan tetap berkomitmen pada tujuan Anda yang lebih besar.
Membuat perubahan kecil dalam strategi pemasaran dapat diterima tetapi menahan diri dari mengambil langkah-langkah peningkatan pendapatan cepat yang dapat membahayakan bisnis Anda dalam jangka panjang.
Belajar dari kesalahan
Kegagalan adalah pilar kesuksesan;?pepatah kuno bahkan lebih berarti bagi wirausahawan.?Tidak mungkin untuk menjalankan bisnis tanpa mengalami beberapa halangan di sepanjang jalan.?Kemampuan untuk belajar dari kesalahan itu adalah apa yang membuat perbedaan antara pengusaha sukses dan yang tidak berhasil.
Menilai kinerja masa lalu Anda secara rutin untuk mencari tahu apa yang berhasil dan yang tidak berhasil.?Untuk sudut pandang obyektif, terbuka untuk umpan balik dari klien Anda serta rekan kerja.?Kewirausahaan bukan tentang menghindari salah langkah, ini tentang menggunakannya untuk keuntungan Anda.
Pekerjakan karyawan yang mahir
Karyawan adalah aset paling berharga dari setiap organisasi karena mereka berfungsi sebagai sumber keuntungan tak berwujud.?Semakin kecil bisnis Anda, semakin penting untuk mempekerjakan karyawan yang terampil dan sangat efisien yang akan memberikan 100 persen dan terbuka untuk multi-tasking.
Sementara mereka perlu mendapatkan keterampilan yang berhubungan dengan pekerjaan, karyawan Anda juga harus bekerja keras, mandiri, motivasi diri, berorientasi pada tindakan, positif dan mudah beradaptasi terhadap perubahan.?Ketika mempekerjakan karyawan, cobalah untuk menghabiskan lebih banyak waktu bersama mereka dan memahami kepribadian.
Keterlibatan pribadi adalah kuncinya
Terlepas dari berapa banyak karyawan yang Anda miliki, itu membutuhkan tingkat keterlibatan pribadi untuk menjadi pengusaha yang sukses.?Tetap tutup pada alur kerja organisasi Anda, tanpa terlalu mengganggu.
Praktik yang baik adalah dengan bertanya kepada karyawan Anda dengan santai tentang tugas harian mereka dan jika mereka menghadapi masalah apa pun.?Jangan menyerahkan semua tanggung jawab pada mereka yang bekerja di bawah Anda.?Sebaliknya, aktif berpartisipasi dalam membuat dan melaksanakan strategi bisnis.?Ini tidak hanya akan membantu Anda mendapatkan kepercayaan karyawan Anda tetapi juga menciptakan lingkungan kerja yang positif.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar
Tag Terkait: