Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Habiskan Rp250 Miliar, Revitalisasi Pasar Ciputat Gunakan Skema KPBU

        Habiskan Rp250 Miliar, Revitalisasi Pasar Ciputat Gunakan Skema KPBU Kredit Foto: Sufri Yuliardi
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Badan? Koordinasi? Penanaman? Modal (BKPM)? bekerja sama? dengan? Pemerintah? Kota? Tangerang? Selatan? menyelenggarakan? kegiatan? Market? Sounding? Proyek Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU): Pembangunan/Revitalisasi Pasar Ciputat di Jakarta, Kamis (29/11/2018)

        Dalam acara ini, hadir lebih kurang 75 peserta yang meliputi investor yang bergerak di bidang operator? pasar,? kontraktor,? perbankan? dan? lembaga? keuangan,? konsultan,? serta? asosiasi terkait dari dalam dan luar negeri.

        Deputi? Bidang? Perencanaan? Penanaman? Modal,?? Ikmal? Lukman,? mengatakan? bahwa? pengembangan atau revitalisasi? Pasar? Ciputat? melalui skema KPBU ini bertujuan bukan semata-mata untuk membangun sebuah pasar tradisional tetapi? juga? menyediakan? fasilitas? dan? kualitas? layanan? yang? layak? bagi? pedagang? dan pengunjung? Pasar? Ciputat? selama? masa? konsesi.?

        Ikmal menjelaskan bahwa proyek ini merupakan proyek perdana pembangunan pasar melalui skema KPBU yang? diharapkan kedepannya menjadi pilot project bagi proyek-proyek serupa.

        ?Pemilihan skema KPBU tidak hanya atas pertimbangan keterbatasan anggaran semata, namun hal yang lebih penting? adalah? pemanfaatan? partisipasi? swasta? yang? memiliki? pengetahuan,? keahlian? dan? pengalaman untuk mewujudkan operasional pasar yang lebih berkualitas dengan anggaran? yang lebih efisien,? kata Ikmal.

        Proyek ini lanjut dia? merupakan pengembangan bangunan pasar serta penataan prasarana penunjang lainnya dengan kebutuhan total investasi sebesar sekitar Rp. 250 miliar. Untuk pengembalian investasi berasal dari user tariff yang terdiri dari biaya sewa kios, retribusi, serta pengelolaan parkir, toko, foodcourt, dan gedung lainnya selama masa konsesi 20 tahun. Proyek ini juga direncanakan akan mendapatkan penjaminan pemerintah (Government Guarantee) melalui PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia.

        Sementara itu Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany? menambahkan bahwa? revitalisasi yang sedang digagas diharapkan dapat menjadi solusi terhadap Pasar Ciputat yang saat? ini? dirasa? kumuh? dan? kurang? layak? oleh? masyarakat.? Pihak? swasta? sebagai? pengelola diharapkan? dapat? bekerja sama? baik? dengan? Pemerintah? Kota? Tangerang? Selatan? sebagai regulator dan pemilik kawasan pasar.

        ?Saya berharap? melalui kehadiran swasta akan tercipta suatu inovasi dalam mengelola pasar tradisional yang? memiliki daya saing,? ujarnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Boyke P. Siregar
        Editor: Kumairoh

        Bagikan Artikel: