Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        4 Kebiasaan untuk Ciptakan Finansial yang Sehat, Milenial Harus Paham

        4 Kebiasaan untuk Ciptakan Finansial yang Sehat, Milenial Harus Paham Kredit Foto: Unsplash/Sharon Mccutcheo
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Kemandirian finansial dan pensiun dini adalah kata kunci baru yang menjadi pikiran di kalangan generasi milenium di seluruh dunia.?Setiap orang ingin mencapai kondisi kebebasan finansial yang lengkap.?Namun, imajinasi dan realitas dibagi oleh selat yang disebut 'eksekusi'.

        Satu hal yang harus Anda camkan, Anda tidak dapat mencapai keadaan ini dengan menghabiskan waktu. Anda dapat melakukan 4 kebiasaan yang dapat membantu Anda mencapai kemandirian finansial.?Seperti di bidang pekerjaan lainnya, kebiasaan ini harus menjadi bagian dari gaya hidup Anda.?Kesabaran dan ketekunan adalah benteng di mana fondasi Kemerdekaan Keuangan terletak pada keseimbangan yang sempurna.

        Hal itu menarik bagi Anda? Baca ulasannya berikut untuk mengetahui tentang keempat kebiasaan tersebut:

        1. Katakan tidak untuk kartu kredit

        Pinjaman tidak semuanya buruk.?Mereka sering membantu Anda untuk pasang saat defisit aliran kas.?Tapi, biaya pinjaman itu penting untuk Anda perhitungkan.

        Orang-orang mem-flash dan menggesek kartu kredit dengan percaya diri, dan lupa bahwa kartu kredit tersebut mengenakan tingkat bunga 30-42 persen per tahun.?Apakah ada investasi di mana Anda bisa mendapatkan pengembalian yang tinggi??Tidak!?Namun, perusahaan kartu kredit bisa mendapatkan hasil yang sama dengan meminjamkan uang kepada Anda.

        Jika Anda membayar bunga yang tinggi untuk pinjaman kecil dan besar, Anda tidak akan pernah dapat mencapai Kemerdekaan Keuangan.?Ini karena uang Anda bekerja untuk perusahaan kartu kredit, bukan untuk Anda.?Jadi, hindari pinjaman berbiaya tinggi seperti kartu kredit.

        2. Hemat 50 persen penghasilan

        Dengan asumsi Anda berada di pertengahan 30-an atau awal 40, Kemerdekaan Keuangan akan berarti menciptakan korpus kekayaan yang cukup besar dalam 10-15 tahun ke depan.?Jika Anda bekerja hingga usia 60, Anda akan pensiun.?Tetapi dalam dunia otomatisasi dan pemotongan biaya, seberapa yakin Anda tentang pekerjaan hingga 60??Tidak banyak yang bisa mengatakan dengan keyakinan.

        Oleh karena itu, Anda harus merencanakan semuanya pada awal 50-an.?Kebiasaan sederhana dapat membantu menghemat 50 persen dari pendapatan rumah bulanan Anda.?Jika Anda menghindari pinjaman dan pengeluaran berbiaya tinggi, menghemat separuh dari penghasilan Anda tidak akan menjadi masalah.

        Anda juga harus menghindari 'gaya hidup akuisisi' yaitu membeli barang-barang setiap beberapa tahun dalam upaya untuk meningkatkan dan mendapatkan hal-hal yang lebih besar/lebih baik.?Setelah Anda mendapatkan penghasilan bulanan Anda, segera hemat 50 persen dari itu.?Ini akan menyisakan hanya 50 persen dari penghasilan Anda untuk dibelanjakan.?Jadikan ini kebiasaan.?Anda harus berhemat sebelum membelanjakan.

        3. Meningkatkan investasi hingga 6 persen setiap tahun

        Banyak orang berinvestasi hari ini.?Mereka menggunakan rute ekuitas langsung, deposito tetap, reksadana, rencana unit-linked, membeli emas, dll. Bagian pentingnya adalah meningkatkan investasi Anda.?Semua rencana Anda hari ini didasarkan pada tingkat inflasi saat ini.?Tetapi kenaikan harga terjadi setiap tahun.

        Jika mengambil contoh dari negara berkembang seperti India, inflasi tingkat konsumen lebih tinggi pada 6-7 persen.?Jadi, investasi Anda harus sejalan dengan inflasi.?Jika inflasi naik 6 persen, Anda juga harus menabung dan berinvestasi 6 persen lebih banyak setiap tahun. Dengan cara ini, daya beli uang Anda tetap utuh karena Anda berinvestasi sebanyak tingkat inflasi.? Oleh karena itu, Anda perlu mengalahkan inflasi dengan berinvestasi lebih banyak.

        4. Simpan tanggal dengan utang minimum

        Tepat dari rekening bank Anda, investasi asuransi, dan dana provident, semua investasi semacam itu berfokus pada pendapatan tetap atau utang.?Anda mungkin tidak mengetahuinya, tetapi penghasilan tetap memiliki biaya besar: pengembalian yang disesuaikan dengan inflasi yang buruk.

        Bahkan, pendapatan tetap jarang memberikan lebih dari 7-8 persen per tahun dalam jangka panjang.?Biaya jaminan menghilangkan kemungkinan pengembalian ekstra.?Karena itu, Anda harus menjaga tanggal dengan utang minimal.?Kemandirian finansial bukan tidak mungkin, tetapi itu bisa menjadi mustahil jika pengembalian investasi Anda rendah.

        Satu-satunya aset yang dapat menghasilkan pengembalian tinggi adalah ekuitas.?Ya, ada risiko yang lebih tinggi, tetapi tingkat pengembaliannya tinggi untuk mengimbangi Anda atas risiko yang akan Anda ambil.?Reksadana memberi Anda rute yang sederhana dan bagus untuk berpartisipasi dalam penciptaan kekayaan.?Kecuali Anda berusia 50 tahun, Anda harus mengalokasikan sebagian besar uang Anda ke dalam ekuitas.

        Kemerdekaan finansial bukanlah mimpi yang mustahil.?Jika Anda mengikuti 4 kebiasaan yang diuraikan di atas, Anda tidak akan pernah gagal dalam mengejar Kemandirian Keuangan Anda.?Berikan waktu 10-15 tahun dan lihat hasilnya.?Anda akan menjadi lebih kaya, secara mental lebih bahagia dan percaya diri.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Clara Aprilia Sukandar
        Editor: Clara Aprilia Sukandar

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: