Allianz Utama Rancang Strategi Inovasi Digital dan Perkuat Bisnis Ritel
PT Allianz Utama Indonesia berkomitmen untuk bertransformasi menjadi perusahaan asuransi terpercaya dalam layanan digital.?Perseroan juga bertekad?menjadi perusahaan asuransi umum yang terdepan di segmen ritel yang masih menawarkan banyak peluang di Indonesia.
Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia,?Peter van Zyl berujar bahwa Allianz menghadirkan AzNet Portal yang bisa mendukung para agen dan mitra bisnisnya dalam melayani nasabah untuk membuat perhitungan dan penutupan asuransi untuk produk-produk kendaraan, UKM,?serta tanggung jawab hukum?dan properti.
Selain itu, transformasi digital ini juga menawarkan sistem online claim management terintegrasi, untuk kemudahan pengajuan klaim dan koordinasi dengan bengkel-bengkel di seluruh Indonesia.
"Kami menyadari tren digital menjadi peluang besar untuk berinovasi. Untuk itu, kami terus melakukan inovasi dalam produk dan layanan kami, sejalan dengan perubahan perilaku dan kebutuhan nasabah," ungkap Peter melalui keterangan resminya di Jakarta.
Pengalaman digital yang selanjutnya diberikan Allianz ialah setelah pengajuan aplikasi asuransi disetujui, maka calon nasabah dapat menggunakan Allianz eAZy Payment, portal online untuk mempermudah pembayaran premi bagi nasabah. Setelah semua proses ini selesai, nasabah hanya perlu menunggu hingga polisnya terbit dan dikirimkan oleh Allianz.
Meskipun memperluas pasar ke sektor ritel, namun Allianz tetap mempertahankan sektor komersial yang menjadi kontributor terbesar dari pendapatannya.
"Model bisnis kami berubah tahun ini. Kami serius menggarap segmen bisnis ritel agar dapat memperluas jangkauan perlindungan asuransi dan membuat semakin banyak masyarakat Indonesia merasakan manfaat asuransi. Untuk mewujudkan tujuan ini, transformasi digital terus ditingkatkan agar kami dapat melayani nasabah dengan semakin baik," tambahnya.
Dalam upaya mewujudkan visi, misi, dan proses transformasi digital ini, perusahaan membekali sumber daya manusia dengan pelatihan-pelatihan yang akan meningkatkan keahlian, baik secara teknis maupun nonteknis.?
"Saat ini adalah eranya penerapan big data. Ini juga masuk dalam agenda transformasi berkelanjutan Allianz menuju perusahaan asuransi digital terdepan, baik di Indonesia dan Asia. Permintaan tinggi di sektor ritel ini diprediksikan akan terus berlangsung dalam satu hingga dua tahun ke depan, dan bila saat itu tiba, kami telah siap melayani nasabah yang lebih luas lagi. Bagi kami yang terpenting adalah kepuasan nasabah karena itu adalah komitmen kami,"?jelas Peter.
"Selain kepuasan, kepercayaan nasabah sangat berharga. Untuk itu kami berupaya menjadi perusahaan asuransi dengan tingkat toleransi?0% terhadap fraud dan yang terunggul dalam perlindungan nasabah," tutup Peter.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Rosmayanti
Tag Terkait: