Memulai, menjalankan, dan mengembangkan bisnis di berbagai sektor membutuhkan banyak kerja keras. Hal itu juga berlaku dalam bisnis fesyen.?Seiring dengan jam kerja yang panjang, kompromi, pengorbanan, dan banyak stress yang mengganggu, setiap hari membawa hambatan baru untuk diatasi.
Meskipun tidak ada formula rahasia untuk sukses di sektor fesyen, ada sifat umum yang dimiliki oleh pengusaha sukses.?Beberapa sifat ini penting untuk dimiliki pengusaha fesyen:
Tidak terburu-buru
Sukses tidak terjadi dalam semalam.?Sebuah bisnis membutuhkan waktu untuk memulai dan tumbuh.?Seharusnya tidak ada pengusaha yang terburu-buru.?Akan ada masa-masa sulit.?Segala sesuatu akan terlihat mustahil.
Anda akan ingin menyerah, tetapi Anda tidak bisa. Anda perlu melawan dorongan itu dan terus maju.?Bertekun.?Tekad adalah perbedaan antara mereka yang berhenti pada impian mereka dan mereka yang mengubah impian mereka menjadi sukses besar.
Fokus pada minat
Dalam perjalanan menuju kesuksesan, pekerjaan akan sulit, jamnya akan terasa lama, dan bayarannya akan rendah, serta tidak ada jaminan kesuksesan.
Namun, hal-hal itu tidak akan menjadi tantangan yang serius jika Anda fokus pada minat.?Jangan mengandalkan uang sebagai faktor pendorong Anda.?Minat atau gairah Anda berasal dari tempat yang lebih dalam, lebih bermakna.?Gairah Anda adalah sesuatu yang membuat Anda berbeda dari orang lain.?Bersemangatlah dengan pekerjaan Anda dan tidak ada yang bisa menghentikan Anda untuk sukses dalam hidup.
Optimis
Mengutip dari Entrepreneur.com (29/1/2019), pengusaha fesyen yang sukses itu tidak takut gagal.?Meskipun hal-hal tidak selalu berjalan sesuai rencana, jangan merasa Anda kalah dengan itu.?Pengusaha yang sukses melihat kegagalan sebagai peluang dan kesempatan untuk belajar dari kesalahan mereka.?Jadi ketika Anda dihempaskan, Anda harus bangkit, memperbaiki diri dan terus bergerak maju.
Kepercayaan
Setiap pengusaha membutuhkan cadangan kepercayaan diri yang sehat.?Lagi pula, jika Anda tidak memiliki kepercayaan pada merek Anda sendiri, bagaimana Anda bisa mengharapkan orang lain untuk membelinya??Keyakinan adalah bagian dari kesuksesan setiap pengusaha.?Anda harus percaya pada diri sendiri bahwa Anda dapat mengelola bisnis dengan baik.
Tetapi, terlalu banyak percaya diri bisa menjadi hal yang buruk.?Anda harus percaya bahwa bisnis Anda memiliki peluang, tetapi bukan berarti itu akan menjadi kesuksesan yang pasti.
Visioner
Sebagai pencipta merek, seseorang harus memiliki visi yang jelas tentang apa yang Anda inginkan dari merek Anda.?Visi Anda menentukan siapa Anda, apa yang ingin Anda lakukan dan ke mana Anda ingin pergi.?Visi Anda harus jelas.?Perlu dikembangkan, terperinci, dan pasti.?Itu harus jelas.?Visi Anda sangat terkait dengan bagaimana perjalanan Anda di masa depan.
Fleksibilitas
Fesyen adalah industri yang bergerak cepat, terus berubah.?Sebagai seorang wirausahawan, Anda harus fleksibel dan mampu beradaptasi dengan perubahan tuntutan bisnis itu.?Belajar bertindak cepat sebelum ide-ide baru dan peluang kehilangan semangat mereka.
Komunikasi yang efektif
Kemampuan Anda untuk berkomunikasi akan memengaruhi kemampuan Anda untuk memengaruhi orang lain, kemampuan Anda untuk mengembangkan hubungan, dan pada akhirnya, kemampuan Anda itu membuktikan menghasilkan sesuatu yang baik.?Jadi kesuksesan bisnis Anda akan tergantung pada kemampuan Anda untuk mengomunikasikan ide dan visi Anda untuk membuat orang membeli ke merek Anda.
Toleransi risiko
Sebagai seorang pengusaha, Anda harus merasa nyaman dengan risiko. Pengusaha mengambil risiko, dan mereka mengambil tindakan. Pengusaha cerdas mampu mengidentifikasi dan mengurangi risiko bisnis. Tetapi ketika saatnya tiba, mereka melangkah keluar dari zona nyaman mereka dan mengambil risiko dengan mengambil tindakan.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar
Tag Terkait: