Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Pendekatan Customer Focused di Era Digital

        Pendekatan Customer Focused di Era Digital Kredit Foto: Sufri Yuliardi
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Fokus pada pelanggan atau customer menjadi perhatian khusus dikalangan pelaku bisnis, terutama bisnis digital.

        Menurut Gartner, 42% Tech CEO percaya peningkatan layanan customer experience adalah faktor terbesar keberhasilan bisnis.

        Dengan pendekatan customer-focused pada bisnis menurut Marketing Insider Group, customer yang puas akan menjadi promoter terbaik bagi sebuah bisnis. Sebab di tengah kemudahan komunikasi dan berbagi informasi, tentunya customer menceritakan pengalaman terbaiknya kepada lingkungan baik lewat beragam platform komunikasi dan informasi.

        Baca Juga: 3 CEO Ini Berbagi Trik Jitu untuk Pahami Kemauan Customer

        Lantas bagaimana menghadirkan pengalaman terbaik untuk customer. Menurut ebook, 6 Telco API Trend to Know in 2019, setidaknya ada tiga tren seputar telekomunikasi dan customer-focused yang di bahas.

        1. Customer-focused with personalized communication

        Kehadiran beragam alat komunikasi baru dan kemudahan akses informasi membuat pelaku bisnis yang menerapkan strategi komunikasi yang tepat, baik untuk pemasaran, penjualan dan customer support. Karena itu bagaimana tahun ini akan menjadi ajang untuk para pelaku bisnis untuk semakin me-manusia-kan diri dan menerapkan strategi yang efektif.

        Kehadiran chatbot dan AI adalah tanda dimana pelaku bisnis semakin fokus menjalin komunikasi yang apik dengan customer. Komunikasi dengan response time baik, mudah dijangkau dan langsung adalah catatan untuk pelaku bisnis. Memenuhi 3 hal ini adalah cara bagaimana berfokus pada customer.

        2. Digital payment

        Digital payment: "everything and everywhere payment method". Beberapa tahun belakang, metode dan alat pembayaran digital bermunculan dan diterapkan oleh pelaku bisnis yang berbasis digital maupun toko fisik. Hal ini menandakan bagaimana customer-focused mulai diterapkan di alat pembayaran. Sehingga tahun ini akan menjadi ajang digital payment untuk mengubah kebiasaan masyarakat dalam melakukan transaksi.

        Baca Juga: Indonesia Siap Menyusul dalam Revolusi Digital Payment

        Berdasarkan survei yang dilakukan dailysocial dengan jakpat di tahun 2017, 56,80% pengguna baru menggunakan uang elektronik dalam kurun waktu kurang dari setahun. Hal ini menunjukan bahwa tahun 2017 menjadi awal kesadaran akan uang elektronik meningkat dengan tingginya pengguna yang baru menggunakan kurang dari setahun.

        3.Treat your customer

        Di tahun 2018, 50% perusahaan melakukan perubahan dalam proses bisnis untuk meningkatkan customer experience. Mengapa hal ini terjadi? Transformasi digital telah mengubah customer, di mana akses informasi yang mudah dan cara komunikasi yang semakin variatif menjadi tantangan baru kepada perusahaan.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Agus Aryanto
        Editor: Kumairoh

        Bagikan Artikel: