Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Yuk Kenalan dengan Chatbot di Indonesia

        Yuk Kenalan dengan Chatbot di Indonesia Kredit Foto: Dina Kusumaningrum
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Chatbot bisa mengurangi waktu interaksi antara perusahaan dengan konsumen melalui telepon dan media sosial, sehingga biayanya lebih murah. Laporan berjudul Chatbots: Banking, E-commerce, Retail & Healtcare 2018-2023 menyebutkan konsumen dan perusahaan di ketiga industri tersebut dapat menghemat lebih dari 2,5 miliar jam untuk berinteraksi hingga 2023 mendatang.

        Tak heran jika banyak perusahaan beramai-ramai mengadopsi chatbot. Irzan Raditya, CEO Kata AI, startup yang fokus mengembangkan conversational artificial inteligence atau chatbot mengklaim saat ini telah membangun layanan chatbot untuk 40 perusahaan, mulai dari perbankan, telekonominasi, FMCG, ritel, hingga startup.

        Baca Juga: Pos Indonesia Luncurkan Layanan Chatbot

        Berikut beberapa Chatbot yang ada di Indonesia:

        1. Veronika

        Chatbot milik Telkomsel, dikembangkan oleh Kata.ai pada Agustus 2017. Melalui Veronika Telkomsel melayani pelanggan lewat chat di Facebook Messenger, LINE, dan Telegram.

        2. Maya

        Chatbot milik XL Axiata, bisa melayani konsumen lebih cepat dan mudah. Untuk mengembangkan Maya, XL Axiata menggandeng startup chatbot asal Yogyakarta bernama Botika.

        3. Vira

        BCA meluncurkan chatbot bernama Virtua Assistant Chat Banking BCA (Vira) pada Juni 2017. Vira merupakan hasil inovasi Fariz Tadjoedin, juara pertama kompetisi Financial Hackathon (Finhacks) yang diselenggarakan oleh BCA pada 2016.

        Baca Juga: BRI Luncurkan Chatbot SABRINA dan Indonesia Mall

        4. Sabrina

        BRI meluncurkan Smart BRI New Assistant atau Sabrina, dengan menggandeng Kata.ai.

        5. Cinta

        Chat with your INTelligent Advisor (Cinta) merupakan chatbot milik BNI yang dirilis 4 Maret 2018, dengan memanfaatkan platform BJtech besutan PT Jualan Online Indonesia (Bang Joni) untuk mengembangkannya.

        6. Mita

        Bank Mandiri merilis Mandiri Intelligence Assistant atau Mita. Untuk mengembangkan layanan ini Bank Mandiri menggandeng startup binaannya, yakni InMotion.

        Baca Juga: Mandiri Kenalkan Layanan Chatbot MITA

        7. Jemma

        Di sektor retail, PT Unilever Indonesia Tbk meluncurkan chatbot besutan Kata.ai sejak November 2016. Dikembangkan sebagai media promosi, saat ini Jemma sudah berteman dengan 1,7 pengguna LINE dengan sesi obrolan rata-rata empat menit per orang per hari.

        8. Shalma

        PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) juga menggandeng Kata.ai mengembangkan Sahabat Alfamart atau Shalma. Melalui Shalma, konsumen bisa bertanya mengenai promo terbaru dari Alfamart.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Agus Aryanto
        Editor: Clara Aprilia Sukandar

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: