Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Masa Depan AI dalam Bisnis Musik

        Masa Depan AI dalam Bisnis Musik Kredit Foto: Antara/Andreas Fitri Atmoko
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Perkembangan Artificial Intelligence (AI) semakin mutakhir. Banyak bidang bisnis yang telah memanfaatkannya untuk mendapatkan perkembangan. Kini, saatnya untuk berpikir, bagaimana kemajuan dalam kecerdasan buatan (AI) berdampak pada seniman, penulis lagu, produser, dan insinyur?

        Secara umum, AI mengubah cara berpikir bisnis tentang pekerjaan, operasi sehari-hari, dan model bisnis keseluruhan. Sebagai contoh, di negara bagian Deloitte tentang AI dalam The Enterprise Report, adopsi AI tumbuh secara global sebesar lima persen dari 2017 hingga 2018, menempatkan tingkat adopsi keseluruhan sekitar 63 persen.

        Laporan yang sama juga menemukan bahwa 82 persen perusahaan dengan program atau produk AI telah memperoleh pengembalian finansial dari investasi AI mereka. Alasan di balik berinvestasi dalam AI adalah sederhana, yakni mengotomatiskan tugas untuk memotong biaya dan meningkatkan pendapatan.

        Baca Juga: Masa Depan Keuangan: AI dan Pengusaha

        Dasar pemikiran ini masuk akal ketika organisasi berbicara tentang menggunakan teknologi kognitif untuk mengotomatisasi tugas-tugas yang membosankan. Untuk memahami mengapa label mengadopsi AI dalam proses kreatif, terlebih dahulu memahami dasar-dasar bagaimana label secara tradisional menghasilkan uang mereka.

        Bagi musisi, mengedarkan lagu bukanlah langkah yang mudah. Banyak proses yang harus dilalui serta uang yang digelontorkan. Dengan kehadiran AI, hal itu bisa teratasi. Perangkat lunak AI dapat menghasilkan rekor untuk setengah tenaga manusia dan jauh lebih sedikit biaya di muka dan masih menghasilkan pendapatan yang sama banyaknya.

        Namun, ide ini masih belum diambil. Hanya saja sebulan terakhir ini, Warner Music Group menandatangani startup suara Endel, yang menggunakan AI untuk membuat trek audio yang dipersonalisasi yang bertujuan meningkatkan mood dan produktivitas orang.

        Baca Juga: Insider: Platform Yang Maksimalkan AI untuk Bisnis

        Algoritma yang mendukung aplikasi ditandatangani ke 20 album yang mencakup distribusi dan penerbitan. Meskipun musiknya jelas bukan bahan Billboard Top 100, kode yang ditandatangani ini bisa menandakan masa depan di mana artis dan perangkat lunak menjadi bagian dari daftar yang sama.

        Jika perangkat lunak dapat membantu penulis lagu menulis lagu yang lebih baik atau produser mengerjakan ulang catatan, mengapa tidak melakukannya? AI harus dianut oleh seniman dan materi kreatif lainnya sebagai alat untuk membuat musik sebaik mungkin.

        Baca Juga: Investasi AI di Perusahaan Anda Belum Membuahkan Hasil? Sabar, AI Permainan Jangka Panjang!

        AI perlahan-lahan mengubah cara seniman berpikir tentang musik. Untuk industri secara keseluruhan, alat AI memberikan janji operasi yang lebih efisien, lebih produktif, kreatif dan lebih ramping, dan pengambilan keputusan yang lebih baik. Semakin banyak label yang menandatangani perangkat lunak AI untuk daftar mereka, industri akan terus berevolusi, segera menjadi lingkungan kolaboratif di mana manusia dan mesin bekerja sama untuk membuat set besar berikutnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Clara Aprilia Sukandar
        Editor: Clara Aprilia Sukandar

        Bagikan Artikel: