Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Lewat Aplikasi Ini, Donasi Rp500 Ribuan Tak Perlu Keluar Uang

        Lewat Aplikasi Ini, Donasi Rp500 Ribuan Tak Perlu Keluar Uang Kredit Foto: Umma
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Aplikasi muslim berbasis komunitas, Umma, memiliki fitur khusus untuk merekam kegiatan ibadah pengguna sepanjang bulan Ramadan; fitur Mutaba'ah Yaumiyah. Melalui fitur itu, pengguna dapat beribadah sekaligus mengumpulkan amal secara digital.?

        Pengguna akan mendapat 100 poin per satu aktivitas ibadah dan amalan harian. Poin maksimal yang dapat dihimpun pengguna mencapai 574 yang setara dengan Rp574 ribu.

        "Kalau menggunakan fitur kami secara rutin, mereka bisa berkontribusi sebesar Rp574 ribu untuk donasi," kata CEO dan Co-Founder Umma, Indra Wiralaksmana, Kamis (2/5/2019).

        Adapun, pada hari-hari tertentu, poin yang didapatkan bisa bernilai lebih dari 100 per aktivitas. Namun, syarat dan ketentuan tetap berlaku.?

        Indra menyebutkan, "Contoh hari Jumat, untuk mengingatkan orang melakukan ibadah. Lalu, hari Minggu pun ada untuk mengingatkan pelaksanaan ibadah supaya tidak santai-santai saja."

        ?Baca Juga: Jadi Investor Mayoritas di Umma, Ini Harapan Boy Thohir

        Dengan adanya fitur itu, Umma menargetkan untuk menggalang Rp1 miliar selama Ramadan. Ada dua pilihan lembaga untuk menyalurkan donasi itu, yakni Dompet Dhuafa dan Kitabisa.com.

        "Pilihan tempat donasinya ke mana itu tergantung pengguna, bisa ke Dompet Dhuafa atau Kitabisa.com," imbuhnya.

        Mengenai rencana jangka panjang, belum pasti bila fitur Mutaba'ah Yaumiyah akan menjadi fitur permanen dalam aplikasi Umma. Yang jelas, mereka akan mengawasi performa dari fitur itu untuk menentukan langkah selanjutnya.

        "Kami akan lihat tingkat penggunaan di bulan Ramadan seperti apa," pungkas Indra.

        Selain dengan Kitabisa.com dan Dompet Dhuafa, Umma juga menjalin kerja sama dengan Go-Jek. Di aplikasi ride-hailing tersebut, dimuat kartu berisi waktu salat di beberapa kota. Untuk saat ini, baru tersedia di kota-kota di DKI Jakarta.

        Aplikasi Umma diluncurkan pada minggu lalu dan mengklaim telah mendapatkan banyak pengguna baru sejak itu. Sepanjang Ramadan ini, Umma menargetkan untuk menggandakan pengguna hingga mencapai kisaran 2 juta hingga 2,5 juta.

        Baca Juga: Sambut Ramadhan, Aplikasi Umma Luncurkan Program Rummah

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Tanayastri Dini Isna
        Editor: Rosmayanti

        Bagikan Artikel: