Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Selama Ramadan, Berapa yang Dihabiskan Orang Indonesia untuk Belanja Online?

        Selama Ramadan, Berapa yang Dihabiskan Orang Indonesia untuk Belanja Online? Kredit Foto: Leli Nurhidayah
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Ramadan menjadi bulan penuh berkah termasuk bagi pelaku industri e-commerce. Di bulan suci, platform e-commerce mencatat kenaikan transaksi 3-5 kali lipat dibanding bulan sebelumnya.

        ShopBack mencatat peningkatan transaksi hingga tiga kali lipat di Ramadan 2018. Tahun ini platform cashback rewards dan agerator e-commerce ini memprediksi peningkatan jumlah order serta nilai transaksi sebesar dua kali lipat dibandingkan Ramadan tahun lalu.

        Yolanda Margaretha, Head of Business Development ShopBack, mengatakan, Ramadan memang menjadi salah satu momentum yang dimanfaatkan pelaku e-commerce untuk meningkatkan nilai transaksi.

        Baca Juga: Shopee Jadi E-Commerce Favorit Milenial Belanjakan THR

        "Daya beli masyarakat pada Ramadan selalu meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini pun ditujukan dengan rata-rata belanja masyarakat pada Ramadan tahun lalu yang mencapai Rp1,2 juta, meningkat 74% dibanding tahun sebelumnya," ungkapnya melalui siaran pers.

        Tahun ini, lanjut Yolanda, ShopBack memprediksi nilai rata-rata belanja masyarakat pada Ramadan tidak terlalu mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.

        Dia berkata, "Namun, kami optimis, tahun ini jumlah pemesanan serta nilai transaksi di ShopBack bisa naik hingga dua kali dibandingkan Ramadan sebelumnya."

        Berdasarkan data Criteo baru-baru ini, penjualan di platform e-commerce mulai menanjak 10 hari menjelang Ramadan dan berlanjut hingga penghujung Ramadan. Hal yang sama pun juga tercatat pada data historis ShopBack, di mana transaksi tercatat mulai naik pada 10-11 hari menjelang Ramadan dan puncaknya pada minggu ketiga Ramadan saat masyarakat mulai menerima bonus THR. Untuk waktu belanja, pengguna lebih sering berbelanja pada pukul 11.00-15.00.

        Baca Juga: 91% Orang Indonesia Belanjakan THR ke E-Commerce, Kamu Termasuk?

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Rosmayanti

        Bagikan Artikel: