Dahsyat!! Airbnb Menghilangkan Potensi Pendapatan Hotel Konvensional (II)
Dalam bagian ini kita akan melihat dampak terukur dari kehadiran Airbnb terhadap industri hotel konvensional. Juga dibahas segmen mana yang kebal dari serangan Airbnb. Pada akhirnya, bagaimana prospeknya ke depan. Bahan-bahan tulisan disadur bebas dari laman CNA.
Dampak Signifikan ke Industri Perhotelan
Studi ini menunjukkan keuntungan ini diartikan sebagai dampak yang signifikan pada industri perhotelan dalam hal pendapatan, harga, dan tingkat hunian. Secara khusus, ditemukan bahwa setiap peningkatan 1 persen dalam jumlah properti Airbnb menurunkan pendapatan rata-rata sebesar 0,02 persen per kamar.
Meskipun dampak ini tampaknya kecil, tapi perhatikan perbandingan laju pertumbuhan Airbnb yang fenomenal dari tahun ke tahun ketika mengukur dampak perusahaan terhadap pendapatan kamar hotel. Karenanya, setiap kali pasokan Airbnb meningkat dua kali lipat (yang merupakan laju rata-rata tahunan sejak awal), pendapatan hotel turun 2 persen.
Baca Juga:?Kisah "Kotak Sereal" Penyelamat Bisnis Airbnb
Meskipun sulit untuk mengubahnya ke dalam nilai dolar mengingat sifat statistik analisis kami, kami mengelompokkan data di New York City dan menemukan total potensi pendapatan hotel yang hilang ke Airbnb mungkin berjumlah US$365 juta pada tahun 2016 saja.
Hal ini berdampak pada harga kamar rata-rata dan tingkat hunian serupa tetapi lebih kecil. Harga kamar turun 0,003 persen menjadi 0,03 persen untuk setiap kenaikan 1 persen pasokan Airbnb, sementara hunian hotel menurun 0,008 persen menjadi 0,1 persen.
Barang Mewah dan Independent Hotel
Meskipun Airbnb awalnya dianggap berpotensi menjadi ancaman terhadap tingkat ekonomi hotel, yang didefinisikan sebagai 20 persen terbawah dalam hal harga rata-rata, kami menemukan Airbnb juga memiliki dampak yang signifikan pada segmen mewah atau termasuk 15 persen teratas.
Itu menunjukkan perusahaan telah berhasil mendorong untuk memberikan pengalaman yang lebih unik di seluruh ruang lingkup, dan sekarang ada inventaris besar yang memiliki lebih banyak pengalaman "mewah" pada kebijakan di mana orang dapat menyewa rumah desainer serta akomodasi unik seperti kabin, perahu, dan bahkan rumah pohon, atau semua yang cenderung berada dalam kisaran harga yang lebih tinggi.
Temuan kami juga menunjukkan hotel menengah dan independen adalah yang paling tidak terganggu oleh meningkatnya pasokan Airbnb. Mungkin karena keduanya memiliki harga yang sangat mendekati.
Alasan lain yang mungkin adalah bahwa orang-orang yang memilih independent hotels karena menganggap properti-properti itu lebih otentik dibandingkan dengan chain hotels?sehingga konsumen tersebut kurang termotivasi untuk beralih dari independent hotels ke Airbnb.
Airbnb Terus Mengancam
Hasil ini secara kolektif menunjukkan Airbnb seperti telah mengambil sepotong kue dari industri hotel. Pertanyaannya sekarang adalah apakah pertumbuhan yang fenomenal itu akan terus berlanjut?
Airbnb terus meningkatkan pasokan properti di seluruh dunia, dan jelas bagi saya bahwa perusahaan tersebut merupakan tantangan permanen bagi jaringan hotel.
Meskipun ada upaya untuk mengatur penyewaan rumah yang membentuk properti Airbnb dan kebijakan berbagi lainnya yang dapat mengekang pertumbuhannya, keputusan tentang bagaimana mengatur kebijakan ini belum dilakukan secara langsung. Dengan kata lain, pelaku bisnis perhotelan harus terus menghormati Airbnb. (Baca Juga: Bagian Pertama Tulisan Ini)
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Cahyo Prayogo
Tag Terkait: