Belanja iklan pada semester I tahun 2019 belum menunjukkan perbaikan, bahkan cenderung melambat dibandingkan semester yang sama tahun 2018. Ditengah trend perlambatan itu, PT Visi Media Asia Tbk (VIVA) tetap berinovasi menyuguhkan konten-konten berkualitas, menarik dan relevan yang dapat dinikmati diberbagai platform yang dimiliki oleh VIVA, sehingga menambah jangkauan pemirsa.?
?Penyajian konten-konten menarik dari yang dapat dinikmati diberbagai platform, diharapkan dapat menjangkau khalayak secara luas dan kedepannya akan terus dikembangkan. Sejumlah program yang baru diluncurkan ANTV seperti drama series Fitri, Aisyah, Rahasia Hidup, Ishq Subhan Allah dan Ishq Mein Marjawan, semakin mendapatkan tempat dihati pemirsa setianya,? ujar Anindya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (1/8/2019).
Baca Juga: Sinar Mas Group vs Pieter Tanuri, Siapakah yang Akan Jadi Penguasa VIVA?
Berdasarkan data Nielsen selama bulan Juli 2019, beberapa program ANTV menembus 10 besar program series seluruh stasiun TV FTA di tanah air. Sebut saja program drama series Fitri dari pertama kali diluncurkan memperoleh TVR/TVS 2,9%/13,3%, Aisyah dengan TVR/TVS 3,0%/11,5%, dan beberapa program drama series lainnya. Keberhasilan ini membuat ANTV hingga saat ini kokoh Tier-1 FTA dengan TVS 11.5% untuk periode 1-31 Juli.?
Keberhasilan VIVA dalam menjalankan strategi dengan memadukan TV FTA dan digital, terlihat seperti pada stasiun televisi ANTV yang dapat dinikmati melalui website www.antvklik.com. Dimana ANTV mengembangkan multi channel serupa melalui YouTube seperti Best Pesbuker, Klik Bocah, Klik Misteri. Selain juga web series seperti web series Cek Kontrakan Sebelah, web series Maya dan web series 29 Maret.
tvOne terus kokoh menjadi stasiun TV FTA berita dan olahraga #1 di Indonesia juga memperkuat lini programnya dengan menawarkan konten-konten baru, khususnya di bidang olahraga. Sehingga diharapkan tvOne akan tetap menjadi stasiun TV FTA berita dan olahraga pilihan pemirsa.
Baca Juga: Fokus Revolusi Digital, VIVA Padukan Platform Televisi FTA dan Digital
Saat ini tvOne memiliki program ILC yang tetap menjadi program talkshow #1 di Indonesia dengan TVS 7,5 YTD, untuk memenuhi segmen olahraga sejak 2016 kami telah menayangkan One Pride MMA yang berhasil mencatat TVS 5,7 pada pertandingan Live 27 Juli lalu sementara TVS YTD adalah 4,8. Saat ini 245 ?fighters? telah bergabung dengan One Pride MMA. Guna memperkuat lini konten olahraga tvOne, perseroan telah meluncurkan konten baru yaitu One Prix yang bekerjasama dengan PT One Prix Motor Management. One Prix telah mengelar putaran pertama pada bulan Juli ini, program ini mencatat TVS sebesar 7,3. Dari sisi digital media, tvOne telah mengembangkan kehadirannya melalui tvOne Connect, berbagai channel di youtube dan juga bekerjasama dengan maxstream, video.com dan iflix, yang semuanya itu akan memanjakan pemirsanya.
?Program-progam tvOne seperti ILC masih menjadi primadona, selain itu juga One Pride MMA menyedot perhatian terbukti pada Sabtu (27/07) lalu ribuan penonton memadati Tennis Indoor Senayan, sementara One Prix yang telah menyelesikan putaran pertamanya di Tasikmalaya Jawa Barat dan mencatatkan TVS 7.3,?imbuh Anindya.
Guna melengkapi bisnis TV FTA, VIVA senantiasa mengembangkan bisnis digitalnya melalui PT Visi Media Baru (?VMB?). VMB saat ini telah memiliki portal berita viva.co.id, dan telah meluncurkan dua portal baru yaitu www.jagodangdut.com dan www.100kpj.com. www.jagodangdut.com adalah portal berita yang mengulas informasi terkait dengan perkembangan dunia musik dangdut, para seniman dangdut. Sejak diluncurkan portal tersebut telah mencatat 18jt sessions. Sementara www.100kpj.com adalah portal berita otomotif, khususnya motor dan sejak diluncurkan telah mencatat 14,4jt sessions. Kedepannya VMB akan terus berinovasi dengan meluncurkan beberapa portal baru serta layanan video on demand.
?Portal-portal baru ini tentunya akan memperkuat VIVA Group dalam ranah digital media dimana ANTV dan tvOne masing-masing juga sudah memiliki platform digital? pungkas Anindya.
Baca Juga: Saham VIVA Babak Belur karena Ditinggal Putra Mahkota Aburizal Bakrie?
Terkait dengan kinerja keuangan semester 1 2019, VIVA membukukan perbaikan kinerja pada kuartal 2 2019 ini dimana pendapatan kuartal 2 2019 mencapai IDR594,6 miliar dibandingkan dengan pendapatan kuartal 1 2019 yang sebesar IDR522,9 miliar atau tumbuh 14%. Pertumbuhan pendapatan tersebut meningkatkan EBITDA yang tumbuh 20% dari IDR25,6 miliar pada kuartal 1 2019 menjadi IDR30,7 miliar pada kuartal 2 2019.
Langkah-langkah VIVA Group dalam memperkuat kehadirannya diranah digital akan menambah daya tarik dari VIVA Group untuk menarik para pengiklan untuk beriklan di media platform VIVA Group karena VIVA Group dapat memberikan pelayanan iklan 360 derajat, yaitu pengiklanan melalui platform TV FTA, digital serta off-air dari acara-acara Meet & Greet yang rutin diadakan oleh ANTV serta acara-acara off-air dari One Pride MMA dan One Prix.
?Kedepannya, kami juga akan mengembangkan konten-konten secara in-house dan joint production yang hak kepemilikan intelektualnya dimiliki perusahaan sehingga konten-konten tersebut dapat dimonetisasi diberbagai platform yang kami miliki,? tambah Anin.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri
Tag Terkait: