PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II berhasil meraih penghargaan bergengsi dari Airport Council International (ACI). Dalam acara penghargaan tersebut perseroan berhasil membawa pulang 22 penghargaan Airport Service Quality Award 2018 ke 6 bandara yang dikelolanya.
Penghargaan tersebut diberikan dalam acara Customer Experience Global Summit 2019 yang digelar di Nusa Dua, Bali, dan dihadiri oleh para pemimpin operator bandara di dunia termasuk Direktur Operasi dan Pelayanan Angkasa Pura II Ituk Herarindri.
Adapun 6 bandara? AP II berhasil meraih penghargaan setelah melalui proses survei Airport Service Quality yang digelar oleh ACI. Survei tersebut dilakukan terhadap penumpang pesawat di 380 bandara yang ada di 90 negara.
Baca Juga: Hari Pelanggan Nasional, AP II Undang Difabel Jadi Karyawan Bandara Soetta
Bandara-bandara Angkasa Pura II yang berhasil meraih penghargaan Airport Service Quality Award 2018 itu adalah:
1. Bandara Sultan Syarif Kasim II ? Pekanbaru
- Best Airport by Size and Region (2-5 million passengers in Asia-Pacific)
- Best Environment and Ambience by Size (2-5 million passengers)
- Best Customer Service by Size (2-5 million passengers)
- Best Infrastructure and Facility by Size (2-5 million passengers)
2. Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II ? Palembang
- Best Airport by Size and Region (2-5 million passengers in Asia-Pacific)
- Best Environment and Ambience by Size (2-5 million passengers)
- Best Customer Service by Size (2-5 million passengers)
- Best Infrastructure and Facility by Size (2-5 million passengers)
3. Bandara Sultan Thaha ? Jambi
- Best Airport by Size and Region (Under 2 million passengers in Asia-Pacific)
- Best Environment and Ambience by Size (Under 2 million passengers)
- Best Customer Service by Size (Under 2 million passengers)
- Best Infrastructure and Facility by Size (Under 2 million passengers)
Baca Juga: Avsec di Bandara AP II Sterilkan Kargo Pesawat dari Macbook Pro Model Tertentu
4. Bandara Depati Amir ? Pangkalpinang
- Best Airport by Size and Region (Under 2 million passengers in Asia-Pacific)
- Best Environment and Ambience by Size (Under 2 million passengers)
- Best Customer Service by Size (Under 2 million passengers)
- Best Infrastructure and Facility by Size (Under 2 million passengers)
5. Bandara Silangit ? Siborong-borong
- Most Improved Airport in Asia-Pacific
- Best Environment and Ambience by Size (Under 2 million passengers)
- Best Customer Service by Size (Under 2 million passengers)
- Best Infrastructure and Facility by Size (Under 2 million passengers)
6. Bandara Raja Haji Fisabilillah ? Tanjung Pinang
- Best Environment and Ambience by Size (Under 2 million passengers)
- Best Infrastructure and Facility by Size (Under 2 million passengers)
Baca Juga: Tingkatkan Aksesbilitas, AP II Bangun Jembatan Baru di Bandara Soetta
President Director Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan penghargaan tertinggi Airport Service Quality 2018 dari ACI ini merupakan hasil dari transformasi pelayanan yang sudah dilakukan perseroan sejak 3 tahun lalu.
Muhammad Awaluddin mengatakan transformasi pelayanan antara lain didukung pengembangan infrastruktur fisik dan penerapan teknologi informasi disertai dengan peningkatan sumber daya manusia.
?Kombinasi antara pengembangan infrastruktur, pemanfaatan IT, dan peningkatan human resources, membuat bandara-bandara AP II beroperasi dengan efisien, efektif serta memiliki standar pelayanan tinggi yang kemudian diakui penumpang pesawat sehingga kami berhasil meraih penghargaan dari ACI," terang Muhammad Awaluddin ketika menerima penghargaan, Nusa Dua, Rabu (4/9/2019).
Ia menlanjutkan, dengan menerima penghargaan ini, perseroan semakin memperkuat posisi sebagai salah satu operator bandara terbaik di Asia Pasifik.
Baca Juga: Kembali Gelar Program SMN, AP II Ajak Pelajar Mengenal Kekayaan Indonesia
?Kami selalu berupaya agar bandara-bandara yang dikelola Angkasa Pura II dapat membawa harum nama Indonesia di industri penerbangan global. Penghargaan dari ACI ini juga semakin membuat kami optimistis bahwa Angkasa Pura II dapat mewujudkan road map Go Global,? ujar Muhammad Awaluddin.
Diketahui, satu bandara yang berhasil meraih penghargaan dari ACI ini adalah Bandara Silangit yang meraih gelar Most Improved Airport in Asia-Pasific.
Dikutip dari keterangan persnya, penghargaan yang diraih Silangit ini tidak lepas juga dari dukungan pemerintah yang tengah mengembangkan pariwisata di kawasan Danau Toba. Adapun Silangit adalah bandara yang paling dekat dengan kawasan Danau Toba.
Sebelumnya, Presiden Joko Widodo pun beberapa kali menyempatkan untuk meninjau Bandara Silangit. Kepala Negara juga meresmikan terminal baru Bandara Silangit pada November 2017.
?Bandara Silangit saat ini juga masih terus dikembangkan untuk mendukung Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata utama di Indonesia,? tutup Muhammad Awaluddin.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Kumairoh
Tag Terkait: