Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Abu Bapak Bangsa India Mahatma Gandhi Dicuri, Pelaku Diduga Kelompok. . .

        Abu Bapak Bangsa India Mahatma Gandhi Dicuri, Pelaku Diduga Kelompok. . . Kredit Foto: Foto: AP.
        Warta Ekonomi, Bhubaneswar, India -

        Para pencuri telah membawa abu dari tokoh kemerdekaan India, Mahatma Gandhi di hari ulang tahun ke-150-nya pada Rabu, 2 Oktober. Abu Gandhi dicuri dari tugu peringatan di India tengah, tempatnya disimpan sejak 1948, tahun di mana Gandhi dibunuh oleh seorang ekstremis Hindu.

        Para pencuri juga menuliskan kata pengkhianat dengan cat hijau di beberapa foto sang pemimpin kemerdekaan. Beberapa kalangan dari penganut Hindu garis keras memandang Gandhi sebagai pengkhianat karena menyuarakan dukungan untuk persatuan Hindu-Muslim, walaupun Gandhi sendiri merupakan seorang Hindu yang taat.

        Pihak keamanan di Kota Rewa, di Negara Bagian Madhya Pradesh, seperti diwartakan kepada BBC bahwa mereka sedang menyelidiki pencurian tersebut dengan alasan tindakan merugikan integrasi nasional dan potensi merusak perdamaian.

        Baca Juga: Video: Perahu Anggota Dewan India Terbalik Saat Kunjungi Wilayaj Banjir

        Mangaldeep Tiwari, yang merupakan juru kunci memorial Bapu Bhawan, tempat abunya Gandhi disimpan, mengatakan pencurian itu memalukan.

        "Saya membuka gerbang Bhawan dini hari karena itu adalah hari ulang tahun Gandhi," terangnya kepada situs berita India The Wire. "Ketika saya kembali sekitar pukul 23.00 [waktu setempat], saya menemukan abu Gandhi hilang dan posternya dirusak.?

        Polisi mengambil tindakan setelah Gurmeet Singh, pemimpin partai politik Kongres lokal - mengajukan pengaduan.

        "Kegilaan ini harus dihentikan," kata Singh kepada The Wire.?

        "Saya mendesak polisi Rewa untuk memeriksa kamera CCTV yang dipasang di dalam Bapu Bhawan."

        Baca Juga: AS Desak India Jangan Lakukan Transaksi Pengadaan Alat Militer S-400 Rusia

        Gandhi diketahui memimpin gerakan perlawanan tanpa kekerasan terhadap pemerintahan kolonial Inggris di India, menginspirasi banyak orang di seluruh dunia. Sebagian besar orang India masih memujanya sebagai "bapak bangsa".

        Namun kelompok garis keras Hindu di India menuduh Gandhi mengkhianati umat Hindu karena terlalu pro-Muslim, dan bahkan menyalahkannya atas pemisahan India dan pertumpahan darah yang menandai Pemisahan, yang memunculkan dua negara, India dan Pakistan, setelah kemerdekaan dari Inggris pada 1947.?

        Gandhi dibunuh oleh seorang ekstrimis Hindu pada Januari 1948. Usai kematiannya, ia dikremasi, tetapi abunya tidak disebar di sungai, sesuai dengan kepercayaan Hindu. Karena ketenarannya, sebagian abu Gandhi disimpan dan dikirim ke seluruh negeri ke berbagai monumen peringatan, termasuk yang ada di Bapu Bhawan.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Abdul Halim Trian Fikri

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: