Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Agar Kuota Gak Cepet Habis, Ini Cara Ampuh dari Telkomsel

        Agar Kuota Gak Cepet Habis, Ini Cara Ampuh dari Telkomsel Kredit Foto: Telkomsel
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Uniknya, internet saat ini menjadi kebutuhan pokok masyarakat di era modern. Bahkan, berbagai aktivitas dapat dilakukan secara online melalui smartphone, seperti menikmati hiburan seperti nonton video streaming serta online di media sosial. Namun, segala transaksi pembayaran kini juga bisa dilakukan melalui smartphone Anda.??

        Salah satu pilihan paket internet terbaik tersedia dari Telkomsel. Paket internet Telkomsel hadir untuk memenuhi kebutuhan semua penggunanya di seluruh Indonesia. Jadi, apapun smartphone yang Anda pakai, ada pilihan paket buat Android, iPhone, atau Blackberry. Untuk lebih memahami tentang paket internet, mari simak ulasannya berikut ini.

        Pengertian Paket Internet Telkomsel

        Paket internet merupakan layanan internet dengan basis volume yang bisa Anda akses lewat jaringan Telkomsel. Paket ini tersedia dalam berbagai macam pilihan kuota dengan produk yang bervariasi, seperti simPATI, KARTU As, kartuHalo dan Loop. Kuota untuk setiap produk juga berbeda.

        Untuk menggunakan paket internet dari Telkomsel. Anda bisa mengaktifkan paket internet dari Telkomsel apapun layanan yang Anda gunakan, baik itu prabayar ataupun pascabayar, mulai dari simPATI, KARTU As, kartuHALO serta Loop. Cara mengaktifkannya juga sangat mudah, Anda bisa melakukan aktivasi dengan cara dial nomor UMB *363# atau mengaktivasinya dengan cara mengakses aplikasi MyTelkomsel.

        Baca Juga: Telkomsel Rilis by.U, Bebas Pilih Sendiri Kuota Aplikasi

        Baca Juga: Dorong Daya Saing Milenial Papua, Telkom Indonesia Hadirkan Ini ...

        Sistem Akumulasi Kuota Paket Internet

        Untuk paket internet Telkomsel sendiri, akumulasi kuota tidak berlaku meski paket yang Anda gunakan sama. Jadi, setiap paket internet memiliki kuota secara terpisah berdasarkan jenisnya atau waktu pembeliannya. Paket tersebut tidak diakumulasikan dengan yang lainnya. Namun, jika Anda memiliki lebih dari satu paket internet, ada kuota yang akan digunakan terlebih dahulu, yaitu berdasarkan Prioritas ID Bonus. Selain itu, jika paket lama Anda tidak dapat Anda temukan lagi, jadi, Anda tidak bisa lagi mengaktifkan paket lama tersebut dan mengaktivasi paket yang sudah diperbaharui dengan fitur lebih baik serta menarik.

        Cara Berhenti Langganan Paket Internet

        Bila ingin berhenti berlangganan Anda bisa melakukannya dengan men-dial UMB *363# dengan cara memilih opsi ?Berhenti?. Setelah itu, Anda tinggal memastikan ada SMS notifikasi yang masuk untuk memberitahukan bahwa proses berhenti berlangganan paket Anda telah sukses dilakukan.??

        Mengecek Status Paket Serta Pemakaian Internet

        Untuk mengecek paket internet sendiri sangat mudah. Anda bisa mengecek status paket atau pemakaian melalui UMB *888# lalu pilih opsi ?Cek Kuota?, serta melalui UMB *363# lalu pilih opsi ?Cek Status?. Anda pun dapat mengeceknya melalui aplikasi MyTelkomsel. Apabila Anda tidak memiliki pulsa cukup untuk mengaktifkan ulang paket langganan Anda, maka proses aktivasinya akan gagal, Anda pun dianggap berhenti dari langganan paket internet tersebut. Anda bisa mengisi pulsa dahulu kemudian kembali membeli paket internet sesuai keinginan. Jika dalam penggunaannya Anda memakai internet melebihi kuotanya, maka ada tarif non paket yang berlaku, yakni Rp100/20KB. Tarif tersebut telah berlaku sejak 5 Juli 2019.

        Seiring penggunaan internet dengan frekuensi tinggi apalagi di Indonesia, provider seluler masih menjadi kebutuhan pokok, meskipun sinyal WI-Fi sudah ada di mana-mana. Pasalnya, seperti yang telah disebutkan, provider seluler seperti Telkomsel memiliki jaringan luas dengan sinyal yang kuat. Jadi, bahkan ketika Anda pergi ke tempat-tempat seperti pelosok, sinyal internet Anda masih tetap kuat dan lancar. Maka dari itu memakai layanan internet Telkomsel sangat penting bagi Anda.

        Apalagi, dengan beragam pilihan paket internet yang memudahkan Anda untuk memilihnya sesuai kebutuhan. Salah satunya yang kini semakin populer adalah paket internet unlimited. Meski sudah banyak pengguna paket internet unlimited ini, tidak sedikit yang belum memahami betul arti dari unlimited. Apakah unlimited benar-benar berarti ?tidak terbatas? seperti arti katanya dari Bahasa Inggris? Mari pelajari lebih lengkap mengenai paket unlimited.

        Unlimited Kuota

        Paket internet ini berarti paketnya memiliki kuota yang bisa diakumulasikan ke pengisian ulang berikutnya. Jadi, contohnya Anda menggunakan kuota 5GB pada bulan Oktober. Meskipun kuota tersebut habis, Anda pasti mendapatkannya lagi pada bulan berikutnya yaitu November, sama-sama sebesar 5GB. Tentu saja jika paket internet Anda sudah diisi ulang, maka kuota 5GB tersebut baru bisa aktif kembali.

        Unlimited Speed

        Ada paket internet unlimited dengan basis kuota, sementara yang lainnya berbasis speed atau kecepatan internet. Adapun speed yang dimaksud yakni paket internet unlimited Anda benar-benar tidak dibatasi oleh kuota, tetapi yang menjadi batasan adalah speed internetnya, contohnya hanya 3Mbps. Umumnya, batasan pemakaian paket ini berupa masa aktif yang beragam, contohnya 30 hari. Nanti, saat sudah lewat dari masa pemakaian tersebut, paket akan berhenti berlaku secara otomatis.

        Unlimited FUP

        Paket ini merupakan salah satu yang paling sering tersedia dari berbagai provider termasuk Telkomsel. FUP atau fair usage policy atau penggunaan wajar. Umumnya, sistem FUP memakai kuota. Sistem paket internet ini yaitu takkan habis paketnya, tetapi ada batas tertentu yang ketika habis maka akan mempengaruhi kecepatan internet yang Anda gunakan.

        Unlimited Masa Aktif

        Paket internet unlimited ini tersedia tanpa ada batasan berupa kuota, speed maupun FUP. Biasanya, interntnya berlaku dengan masa aktif tertentu. Paket ini memang cukup jarang ada jika dibandingkan dengan jenis internet unlimted lainnya. Umumnya, paket internet unlimited dengan batasan masa aktif ini berlaku hanya dalam periode yang singkat, seperti 1 hari, 3 hari atau 1-2 minggu. Memang masa aktifnya singkat, namun kelebihannya yakni harga paketnya lebih murah.

        Unlimited Aplikasi

        Paket terakhir ini biasanya tersedia dalam banyak pilihan, sesuai dengan aplikasi paling populer yang sering digunakan pelanggan. Contohnya yakni paket internet unlimited untuk aplikasi tertentu seperti Youtube, Instagram, Facebook dan lainnya. Adapun paket internet unlimited yang dimaksud yakni Anda bisa mengakses berbagai aplikasi sesuai dengan ketentuan paketnya, tanpa dibatasi kuota ataupun speed.??

        Penyebab Paket Internet Cepat Habis

        Apapun paket internet yang Anda gunakan ada kalanya paket tersebut lebih cepat habis, daripada yang semestinya. Tentu saja ini bisa membuat Anda tidak nyaman ketika menggunakan smartphone Anda. Bukankah tanpa paket internet smartphone Anda tidak akan berarti apa-apa? Anda tidak bisa mengakses Instagram, chatting di Whatsapp, hingga terhalang untuk nonton video Youtube. Maka dari itu, akan lebih baik jika Anda mengetahui apa saja penyebab paket internet lebih cepat habis, sebagai langkah antisipasi. Berikut hal-hal yang menyebabkan paket internet cepat habis:

        Melakukan Panggilan Video

        Apabila Anda mengobrol via panggilan video, seperti melalui Whatsapp atau Skype misalnya, aktivitas tersebut membutuhkan bandwidth besar. Meskipun demikian, memang benar besaran konsumsinya tidak sama, berbeda sesuai aplikasi dan resolusi videonya. Umumnya, dalam satu menit dibutuhkan bandwidth 3MB untuk melakukan obrolan video. Jadi, untuk berhemat paket data internet, lebih baik jika Anda mengurangi aktivitas panggilan video tersebut.

        Menonton Video Streaming

        Semakin banyak orang beralih dari TV ke video streaming sekarang ini. Sebab, berbagai aplikasi video streaming seperti Youtube, iTunes hingga Netflix sangat memudahkan Anda untuk menonton apapun, mulai dari trailer, film hingga video musik terbaru. Namun, masalahnya nonton video streaming ini sangat menyedot kuota internet Anda. Bahkan, konsumsi data internet untuk streaming video bisa sampai 50MB dalam satu menit.

        Bermain Game Online

        Game online yang simpel misalnya seperti Words With Friend atau Two Dots mungkin hanya membutuhkan konsumsi data beberapa KB per menit. Jadi, Anda tidak akan boros memakainya. Namun, game bertipe real-time action seperti Modern Combat 5: Blackout dan Asphalt 8, membutuhkan data lebih besar.??

        Penggunaan Media Sosial

        Media sosial juga menjadi penyebab data internet cepat terkuras, terutama seperti Facebook, Instagram dan Twitter. Sebab, tampilan apps tersebut harus memuat banyak foto serta video. Apalagi, dengan fitur seperti autoplay video yang membuat video terputar secara otomatis ketika Anda mengakses aplikasinya. Sebab, video streaming yang ada di dalam aplikasi apapun merupakan salah satu penyedot data internet terbesar. Biar hemat namun koneksinya tetap cepat, gunakan paket internet unlimited dari Telkomsel.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Vicky Fadil

        Bagikan Artikel: