Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Paviliun RI di Dubai Expo 2020 Gambarkan Indonesia Emas 2045

        Paviliun RI di Dubai Expo 2020 Gambarkan Indonesia Emas 2045 Kredit Foto: Agus Aryanto
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Hari ini (18/10/2019), hampir setahun lagi, tepatnya 20 Oktober 2020, Paviliun Indonesia akan beroperasi selama 173 hari di ekspo terbesar di dunia, Expo 2020 Dubai.

        Peluncuran Paviliun Indonesia ini membawa optimisme bahwa segenap pemangku kepentingan akan bekerja optimal untuk bersinergi menampilkan paviliun yang menggambarkan Indonesia masa depan, Indonesia Emas 2045.

        Demikian diungkapkan Dody Edward, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan dalam jumpa pers di Tangerang Selatan, Jumat (18/10/2019). Dalam kesempatan tersebut, mewakili pemerintah Indonesia, dia menyatakan optimis terhadap kesuksesan Paviliun Indonesia pada Expo 2020 Dubai.

        Baca Juga: Bersama YDAI, Bekraf Hadirkan Paviliun Indonesia di Venice Art Biennale 2019

        Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengunjungi stan Paviliun Indonesia seusai membuka Trade Expo Indonesia 2019. Dalam kunjungannya itu, JK sekaligus membubuhkan tanda tangan pada digital?board sebagai tanda resmi keikutsertaan Indonesia dalam ajang Expo 2020 Dubai.

        "Kami juga mengajak seluruh masyarakat baik itu perusahaan, kementerian dan, lembaga serta pemerintah daerah untuk berpartisipasi mengharumkan nama dan potensi Indonesia di tingkat dunia," tambah Dody.

        Pemerintah memperkirakan keikutsertaan Indonesia di Expo 2020 Dubai ini akan memerlukan biaya hingga Rp400 miliar. Untuk itu, selain dana berasal dari pemerintah, pihak swasta digandeng untuk berkontribusi menjadi sponsor untuk Paviliun Indonesia pada Expo 2020 Dubai.

        Saat ini tercatat sudah lima perusahaan yang menjadi sponsor, yaitu PT Astra International Tbk sebagai sponsor utama, lalu PT Gajah Tunggal Tbk, Grup April, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA), dan Citarasa Prima (CRP) Group selaku pengelola restoran di Paviliun Indonesia.

        Optimisme juga terlihat dari pernyataan Boy Kelana Soebroto, General Manager Corporate Communications PT Astra International Tbk yang mewakili pihak sponsor. Boy mengatakan, pihaknya optimis dengan keikutsertaan Astra sebagai sponsor utama akan memperkuat konsep Indonesia Emas 2045.

        "Kami berharap dapat turut mengharumkan nama Indonesia di mata dunia. Semangat ini sejalan dengan cita-cita Astra, yaitu sejahtera bersama bangsa," kata Boy.

        Sementara itu, Duta Besar Indonesia untuk Uni Emirat Arab, Husin Bagis memaparkan perkembangan pembangunan Paviliun Indonesia di Dubai. Menurutnya, setelah groundbreaking 9 September lalu, pembangunan Paviliun Indonesia terus berjalan.

        "Saya optimis Expo 2020 Dubai dapat meningkatkan perdagangan, pariwisata, dan investasi untuk Indonesia, khususnya dari negara Timur Tengah maupun negara lainnya," ujar Husin.

        Dalam press conference itu juga diungkapkan, yang unik dari Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai adalah stan Paviliun Indonesia didesain secara futuristik dan dipadukan dengan berbagai motif tradisional. Diharapkan paviliun ini akan menjadi wajah Indonesia masa depan dengan berpondasikan berbagai inovasi, beyond technology, dan tetap selaras dengan berbagai kearifan lokal bangsa Indonesia.

        Paviliun Indonesia terletak di jalur utama di distrik Opportunity yang strategis dengan luas lahan 1.860 m2. Paviliun bertema Transforming Future Civilization Through Innovations and Diversity ini akan terdiri dari tiga lantai. Setiap lantai akan memiliki cerita yang berbeda-beda, tapi saling terkait danberkelanjutan. Semua cerita yang ada di tiap lantai akan ditampilkan secara interaktif dan futuristik.

        Lantai 1 yang bertema To Build World A New akan menggambarkan Indonesia dalam kemasan Connecting Yesterday ? Today & Tomorrow dengan menampilkan sekilas sejarah Indonesia (15%), Indonesia hari ini (25%), dan Indonesia masa depan (60%).

        Baca Juga: Misi Pembelian Hari Pertama TEI Bukukan US$392,4 Juta

        Lantai 2 akan menampilkan berbagai inovasi dan konsep Indonesia Emas 2045. Tema di lantai ini adalah Celebrating You, Me Together We Transform the Future. Selain menampilkan instalasi yang canggih, lantai ini juga memiliki studio bioskop layar lebar berkualitas tinggi (high quality cinema) sebagai tempat pemutaran film pendek yang menarik tentang bagaimana Indonesia menciptakan masa depan bervisi global, namun tetap berlandaskan kearifan lokal. Area ini juga digunakan sebagai sarana presentasi untuk menarik investasi.

        Di akhir cerita, pengunjung akan disajikan suasana Night Market yang kental dengan berbagai keragaman budaya, keramahan, dan kehangatan khas masyarakat Indonesia bertema Welcome to Majestic Land of Diversity. Dengan mengunjungi Paviliun Indonesia, pengunjung akan merasakan Home of Diversity, A Feeling of Tomorrow.

        Untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Pavilun Indonesia di Expo 2020 Dubai, kunjungi expo2020indonesia.id. Situs resmi ini berisi informasi tentang persiapan Pavilion Indonesia dengan menu, antara lain Home of Diversity, Count Down; Ayo Dukung Paviliun Indonesia; Connecting: Yesterday, Today, and Tomorrow;?dan Road to Dubai. Situs ini juga dilengkapi akun media sosial resmi seperti Instagram, Facebook, Youtube, dan Twitter.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Agus Aryanto
        Editor: Rosmayanti

        Bagikan Artikel: