Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Tengok Daftar Calon Menteri Jokowi yang Sudah Sambangi Istana

        Tengok Daftar Calon Menteri Jokowi yang Sudah Sambangi Istana Kredit Foto: Antara/Galih Pradipta
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Presiden Joko Widodo sejak kemarin (21/10/2019) hingga hari ini (22/10/2019) telah memanggil sejumlah tokoh ke markasnya, Istana Negara. Para tokoh dari profesional dan partai politik bertandang bergantian ke Istana untuk bertemu sang kepala negara.

        Dirangkum redaksi Warta Ekonomi, berikut sejumlah calon menteri Kabinet Kerja Jilid II yang dipanggil Presiden Jokowi sampai hari ini.

        1. Mahfud MD

        Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini sosok pertama yang datang ke Istana sekitar pukul 09.30 WIB kemarin (21/10/2019). Meski mengaku diminta Jokowi untuk jadi menteri, Mahfud enggan membocorkan kepada awak media posisi menteri apa yang akan diembannya di Kabinet Kerja Jilid II.

        2. Chrisytianty Eugenia Paruntu

        Bupati Minahasa Selatan sekaligus kader Golkar ini datang tiba-tiba ke Istana kemarin sekitar pukul 10.00 WIB. Namun, menurut keterangan Deputi Protokol Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Triadi Machmudin, perempuan yang akrap disapa Tetty Paruntu ini hadir bukan untuk bertemu Jokowi. Bey bilang, "Di dalam dia bertemu dulu dengan Pak Airlangga."

        3.?Tito Karnavian

        Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia ini juga muncul di Kompleks Istana Presiden kemarin. Meski mengaku dipanggil Presiden, Tito tak banyak berkomentar terkait tawan menteri.

        4. Erick Thohir

        Pengusaha sekaligus bos Mahaka Group ini juga nampak di Istana Presiden kemarin. Erick disebut-sebut akan mengantikan posisi Rini Soemarno, Menteri BUMN.

        Mantan Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Maruf ini tak membantah adanya tawaran menteri untuk dirinya. "Saya melihatnya, jabatan ini bukan euforia, tapi sebuah amanah yang menurut saya sangat-sangat berat untuk dijalankan," ujarnya.

        5. Wishnutama Kusubandio

        Bos NET TV ini juga bertandang ke Istana Negara kemarin sekitar pukul 11.00 WIB. Wishnutama mengaku diminta Jokowi untuk membantu pemerintahan. Diduga kuat Wishnutama akan mengisi jabatan yang sebelumnya diduduki Arief Yahya.

        "Ya walaupun saya tak bercita-cita jadi menteri, tapi untuk sebuah kebaikan bangsa kita, saya bersedia. Begitu kurang lebih," tegasnya.

        6. Nadiem Makarim

        Pendiri sekaligus bos Go-Jek secara resmi mengaku telah mundur dari perusahaan besutannya itu untuk bergabung dalam Kabinet Kerja Jokowi Jilid II.

        "Sudah pasti dari posisi saya di Go-Jek sudah mundur dan tidak ada kewenangan sama sekali. Terhitung hari ini sudah tidak ada posisi maupun kewenangan sama sekali," katanya kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (21/10/2019).

        Selain itu, ia mengaku diajak bicara Jokowi soal reformasi birokrasi, SDM, dan investasi. Nadiem menegaskan siap jadi menteri. "Saya bersedia dan saya menerima," ucapnya.

        7. Airlangga Hartarto

        Kabinet Kerja Jilid II tak melulu dihiasi dengan wajah baru. Sejumlah wajah lama juga akan turut memperkuat pemerintahan periode kedua Jokowi, salah satunya Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian.

        Tampak di Istana Presiden pada Senin (21/10/2019) siang, Ketua Partai Golkar ini mengaku siap kembali mendukung pemerintahan Jokowi-Maruf. Dia membocorkan sedikit soal perbincangannya dengan Jokowi. Salah satunya, ia ditantang kepala negara untuk mengatasi masalah defisit neraca perdagangan.

        "Kami berbincang terkait tantangan-tantangan sektor perekonomian. Di antaranya mengatasi kondisi terkait defisit neraca perdagangan," kata Airlangga.

        8. Fadjroel Rachman

        Relawan Jokowi ini termasuk orang yang dipanggil ke Istana dan makan siang bersama Presiden Jokowi kemarin (21/10/2019) siang. Komisaris Utama PT Adhi Karya akan menjabat sebagai Staf Khusus bidang Komunikasi Presiden.

        "Sebagai juru bicara presiden," tegasnya di Istana Kepresidenan hari ini, Selasa (22/10/2019).

        Fadjroel menyebut keputusan mengenai posisi itu sudah dibuat sejak kemarin (21/10/2019). Terkait jabatannya PT Adhi Karya, ia memastikan tidak akan mundur dari jabatan komisaris karena tak melanggar hukum. "Tidak ada masalah secara hukum," pungkasnya.

        9. Prabowo Subianto

        Sore menjelang petang, Senin (21/10/2019), Ketum Partai Gerinda ini mendapat giliaran untuk merapat ke Istana. Saat keluar bersama Edhy Prabowo, dia bilang diminta membantu kabinet Jokowi untuk bidang pertahanan.

        "Saya diminta membantu beliau di bidang pertahanan. Saya sampaikan keputusan Gerindra, hari ini resmi diminta dan kami sanggupi membantu," tegasnya.

        10. Edhy Prabowo

        Berhembus kencang bahwa Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini akan menduduki posisi Amran Sulaiman, yakni Menteri Pertanian.

        Namun Prabowo meminta awak media untuk menunggu pengumuman resmi dari Jokowi. "Edhy Prabowo, pada saatnya Pak Presiden yang akan mengumumkan. Jadi mungkin ada sedikit konfirmasi, tepatnya di mana, tapi intinya beliau yang akan umumkan sendiri hari Rabu," kata Prabowo.

        11. Sri Mulyani Indrawati

        Sri Mulyani mengonfirmasi ditugakan kembali sebagai Menteri Keuangan di periode kedua pemerintahan Jokowi. Hal itu dikatakan usai melakukan pertemuan dengan Presiden di Istana Negara, Jakarta, Selasa (22/10/2019).

        "Beliau (Presiden) menugaskan saya tetap di Menteri Keuangan. Ini merupakan kehormatan bagi saya untuk bisa ikut mendukung dan membantu Bapak Presiden dalam mewujudkan cita-citanya," katanya.

        Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu mengungkapkan, di dalam pertemuan, Presiden menyampaikan arahan-arahan, terutama dari sisi ekonomi yang dicapai periode pemerintah mendatang.

        12. Basuki Hadimoeljono

        Menteri PUPR 2014-2019 memenuhi undangan Jokowi ke Istana Negara, Selasa (22/10/2019). Pak Bas, sapaan akrabnya, bilang Presiden memintanya untuk kembali melanjutkan pembangunan infrastruktur.

        "Jabatan buat saya perintah dari atasan. Jadi, kalau itu perintah saya akan laksanakan," kata Basuki.

        13. Suharso Monoarfa

        Plt Ketua Umum PPP mengaku diminta Jokowi untuk membantunya di Kabinet Kerja Jilid II. Namun, ia tak menyebut secara tegas akan menduduki pos di kementerian apa.

        Dari penuturannya,?ia akan menjadi salah satu dari tim ekonomi di Kabinet Kerja II. "Ya terkait ekonomi. Dalam waktu dekat kami akan mempresentasikannya, dalam sidang kabinet. Selebihnya, kami membicarakan tentang ekonomi secara umum, keadaan ekonomi global, ketenagakerjaan, industri, riset dan teknologi, dan inovasi," tegasnya.

        14. Bahlil Lahadalia

        Mantan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) ini memenuhi panggilan Presiden Jokowi ke Istana Negara, Selasa (22/10/2019). Ia mengaku terhormat dengan panggilan Jokowi tersebut.

        "Sebagai anak Papua, saya merasa terhormat ikut ambil bagian dalam mengabdikan diri pada bangsa dan negara," tegasnya, Selasa (22/10/2019).

        Ia juga memastikan tidak ada masalah hukum mengenai posisinya sebagai pengusaha dan jabatan menteri yang akan diembannya. "Saya bukan pegawai BUMN, saya bisnisnya sendiri," pungkasnya.

        15. Syahrul Yasin Limpo

        Politikus Nasdem ini turut menyambangi Istana Negara, Selasa (22/10/2019). Ia mengaku kedatangannya ini sudah meminta izin dari Ketua Umum Nasdem Surya Paloh.

        Kemunculan Syahrul menjadi pertanyaan besar soal partai yang menaunginya. Pasalnya, Nasdem sempat mengindikasikan akan menjadi oposisi. "Dari 2014 Nasdem kan jadi partai yang selalu bersama Pak Jokowi," tandasnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Rosmayanti

        Bagikan Artikel: