Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Inovasi KiosTix Kembangkan Industri Kreatif dan Enterpreneurship Digital

        Inovasi KiosTix Kembangkan Industri Kreatif dan Enterpreneurship Digital Kredit Foto: Agus Aryanto
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Perkembangan industri kreatif dan hiburan di Indonesia terus tumbuh pesat dari tahun ke tahun. Pertumbuhan pesat itu terutama ditopang oleh perkembangan teknologi digital dan internet mobile yang kini telah menjadi kebutuhan utama setiap orang.

        Saat ini, lebih dari 171 juta orang atau 64,8% orang Indonesia merupakan pengguna internet mobile setiap hari. Mereka sudah sangat aware dengan e-commerce dan transaksi digital lain dalam menjalankan aktivitas bisnis maupun konsumsi. Tak terkecuali di dalam industri event dan hiburan seperti pentas musik, pertandingan olahraga, pameran, festival, seminar, event budaya, dan lain-lain.

        Baca Juga: KiosTix Berbagi Kesuksesannya sebagai Digital Entrepreneur

        Andhika Soetalaksana, Vice President Sales dan Partnership KiosTix, saat menggelar Ruang Diskusi di Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran, Jakarta, 29 Oktober 2019, mengungkapkan bahwa hampir semua penyelenggaraan event saat ini telah dilakukan secara digital, seperti dalam proses pembelian tiket secara online maupun transaksi lain. Apalagi, pemerintah telah mencanangkan industri kreatif sebagai salah satu kegiatan ekonomi unggulan.

        "Ini berarti kini dunia digital membuka peluang kerja luas, termasuk di industri hiburan," ujar Andhika,

        Menurut Andhika, banyak sekali aktivasi acara-acara seni, budaya, pentas musik, dan olahraga yang digelar setiap pekan di Jakarta, yang semuanya membutuhkan sentuhan teknologi digital dalam menunjang sukses pelaksanaanya. Contohnya, ada lebih 60 SMA di Jakarta yang rutin menyelenggarakan acara pentas seni (Pensi) yang acaranya selalu sukses dihadiri ratusan hingga ribuan penonton. Pelajar SMP di Jakarta juga tak mau kalah, saat ini mereka sudah mahir membuat acara Pensi.

        "Kami membantu mereka dalam pemasaran dan manajemen tiket acaranya. Rasanya, saat ini kebanyakan anak muda ingin membuat event. Ini menarik," tambah Andhika.

        KiosTix, perusahaan digital rintisan (startup) yang tergabung dalam KiosGroup yang bergerak dalam ranah bisnis manajemen tiket hiburan dan pertunjukan berbasis online, menjadi salah satu pelaku utama kemajuan pesat industri kreatif dan digital di Indonesia. KiosTix yang berdiri pada 2012 ini menjadi salah satu pionir industri manajemen tiket event yang telah berhasil mengubah kebiasaan orang Indonesia dalam membeli tiket ke era digital yang lebih fun dan flexibel.

        Saat ini KiosTix menggelar roadshow Ruang Diskusi dari kampus ke kampus untuk berbagi pengetahuan dengan masyarakat dan komunitas kreatif, terutama para mahasiswa, tentang perkembangan industri digital dan tren dunia hiburan saat ini. Melihat respons yang bagus, tahun ini ruang diskusi sudah digelar di Universitas Indonesia, Prasetiya Mulya, Binus, Universitas Multimedia Nusantara (UMN), dan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran.

        Revvi Sudirnoputra, Chief Technology Officer KiosTix, dalam diskusi menekankan kepada para mahasiswa tentang pentingnya kemampuan menciptakan inovasi-inovasi baru dan menguasai perkembangan pengetahuan terbaru dalam dunia digital. Untuk bisa menjadi entrepreneur digital yang baik, kuncinya harus terus-menerus mau belajar karena perkembangan teknologi sangat cepat dan manusia dituntut untuk terus bisa mengikuti.

        "Saya sendiri setiap hari masih selalu meluangkan waktu mengulik hal-hal yang bagi saya juga masih baru,? ujar Revvi Sudirnoputra.

        Baca Juga: KiosTix dan Traveloka Bagikan Tren Terkini Industri kepada Mahasiswa Vokasi UI

        Sementara, pembicara Stephany Soekendar, Event Coordinator Midtrans mengatakan bahwa Midtrans merupakan startup di bidang payment gateway yang melayani perusahaan-perusahaan e-commerce dari skala kecil sampai yang besar. Mereka melayani e-commerce yang berbasiskan pada platform media sosial seperti instagram hingga perusahaan e-commerce berbasis website.

        Dia mengatakan untuk bisa menjadi entrepreneur digital yang sukses mahasiswa perlu mengembangkan jiwa yang kreatif dan penuh curiosity. Kalau sekarang punya ide bisnis, segera dieksekusi. Misalnya, jika ingin men-develop sebuah website atau membuat program, segera dieksekusi. "Ide bisa didapatkan dari mana-mana, eksekusi lebih penting,? ujar Stephany.

        Menyikapi perkembangan pesat industri digital ini, Ika Nurlaili, Kepala Program Diploma Sistem Informasi Ilmu Komputer UPN Veteran Jakarta menambahkan bahwa disrupsi teknologi digital yang berkembang pesat saat ini telah membuat industri hiburan makin berkembang pesat dan mudah diakses. Dunia pendidikan kini juga telah melakukan banyak penyesuaian sehingga para lulusannya bisa segera link and match dengan kebutuhan terkini. Fakultas Ilmu Komputer UPN Veteran Jakarta kini mempunyai 3 jurusan yakni SI Informatika, S1 Sistem Informasi, dan D3 Sistem Informasi.

        "Kami sangat berterima kasih kepada KiosTix dan Midtrans mau berbagi pengalaman dengan para mahasiswa kami. Ini memberikan kesempatan mahasiswa dan mengenal industri langsung dari para praktisinya,? ujar Ika Nurlaili.

        Berbagai tren terbaru dalam industri digital dibahas di dalam Ruang Diskusi. Di antaranya tentang pengalaman KiosTix menangani event-event besar skala internasional dan nasional, perkembangan teknologi digital terbaru dalam manajemen event dan penjualan tiket, berubahnya pola konsumsi industri hiburan ke sistem virtual transaction, peluang profesi dalam tren industri hiburan saat ini, berbagi experienced dalam pembelian tiket pertunjukan secara online, dan agenda-agenda pertunjukan dari KiosTix pada tahun ini.

        KiosTix sendiri, sebagai salah satu pionir inovasi Ticket Management System (TMS) di Indonesia, pernah menggarap beberapa event skala nasional dan internasional. Di antaranya pemegang hak tunggal penjualan tiket Asian Games 2018 Jakarta-Palembang yang dihadiri lebih dari 1,3 juta penonton, Suzuki Asean Football Championship (AFC) 2016, Soundrenaline, Popcon Asia, Soundsations, Raisa Concert Intimate, Konser Trilogi, Kenny Concert in Jakarta, dan lain-lain. Lebih 900 event telah dikerjakan oleh KiosTix dan lebih dari 10 juta tiket telah dijual oleh KiosTix sejak berdiri pada 2012.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Agus Aryanto
        Editor: Puri Mei Setyaningrum

        Bagikan Artikel: