Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Bedah Kantor Pusat Alibaba di China, Hampir 57x Lebih Luas dari Gedung DPR!

        Bedah Kantor Pusat Alibaba di China, Hampir 57x Lebih Luas dari Gedung DPR! Kredit Foto: Kadin
        Warta Ekonomi, Surakarta -

        Menyambut perayaan festival belanja tahunan pada 11 November, markas besar perusahaan teknologi raksasa China, Alibaba tampak begitu sibuk. Karyawan berlalu-lalang, instalasi kreatif ditampilkan, begitu pula dengan deretan kegiatan para tamu yang diundang; dari promosi hingga peliputan.

        Diundang sebagai salah satu peliput gelaran tahunan itu, tim Warta Ekonomi berkesempatan berkunjung ke kantor pusat Alibaba yang berlokasi di Kota Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China. Bukan hanya mengelilingi, Warta Ekonomi juga menghimpun sejumlah fakta soal kantor perusahaan besutan Jack Ma dan timnya tersebut.

        Nah, berikut ini ringkasan dari fakta-fakta yang sudah dikumpulkan:

        1.?Hampir 57x lebih luas dari gedung MPR/DPR

        Berdiri sejak 2013, kantor pusat perusahaan raksasa teknologi China itu memiliki luas 450 hektar, hampir 57 kalinya Gedung MPR/DPR dengan luas 8 hektar. Saking luasnya, para karyawan acap kali menggunakan sepeda untuk berpindah-pindah dari satu gedung ke gedung lainnya.

        Di musim gugur seperti ini, bersepeda di area kantor pusat Alibaba pada sore hari terasa baik bagi para pekerja yang butuh sedikit penyegaran.

        2.?Mampu menampung hingga 20 ribu orang

        Perusahaan besutan Jack Ma itu kedatangan rata-rata 2 ribu tamu setiap hari. Bila dijumlah dengan 16 ribu karyawannya di kantor pusat, maka total orang yang datang mencapai 18 ribu per hari. Buktinya, ketika Warta Ekonomi berkunjung ke sana bertepatan dengan Festival Belanja 11.11, areanya begitu ramai oleh karyawan dan para tamu yang berasal dari sejumlah negara.

        3.?Dilengkapi ruang tunggu keluarga dan apartemen karyawan

        Untuk menyambut para keluarga karyawan, perusahaan menyediakan ruang tunggu khusus yang didesain menyerupai ruang tunggu bandara. Di dalamnya juga disediakan makanan-makanan ringan, dispesner, dan minuman-minuman yang bisa diseduh seperti teh goji.

        Sementara itu, di dekat gedung Alimall dan FlyZoo Hotel tersedia 2 ribu unit apartemen bersubsidi yang hanya bisa ditempati melalui undian.

        4.?Berperan sebagai pusat inkubasi produk bisnis Alibaba

        Salah satu unit bisnis Alibaba, Freshippo, memiliki layanan pengantaran persediaan makanan segar berdasarkan permintaan daring. Nah, sebelum resmi meluncur pada 2017, layanan tersebut sudah diinkubasi alias diuji coba lebih dulu di kantor Alibaba sejak 2015 guna menyesuaikan kebutuhan dan permintaan para konsumen di China.

        5.?Punya ?segudang? fasilitas

        Terdapat delapan gedung perkantoran, satu gedung pameran (Museum Alibaba), satu gedung untuk para eksekutif dan tamu VIP, taman, hingga danau.?Selain itu, kompleks kantor pusat Alibaba juga dilengkapi kantin, restoran, empat kantor pos, toko roti, toko bakpao, tiga toko serba ada, salon, toko buah, toko bunga, gerai cukur, kafe, serta area parkir.

        Gedung-gedung itu saling terhubung melalui jembatan dan tangga darat. Omong-omong, Presiden Jokowi sudah pernah dijamu di kantor eksekutif Alibaba loh!

        Lebih lanjut, fasilitas-fasilitasnya pun tak lepas dari pemanfaatan teknologi, seperti pengenalan makanan yang ada di kantin Gedung 5. Teknologi itu mampu mengidentifikasi jenis makanan yang ada di meja bufet. Pembayarannya pun harus menggunakan Alipay, tak ada transaksi pakai uang tunai.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Tanayastri Dini Isna
        Editor: Tanayastri Dini Isna

        Bagikan Artikel: