Masih banyak pelaku bisnis atau orang di perusahaan yang belum betul-betul paham konsep search engine optimization (SEO) untuk mendorong pertumbuhan bisnis. Banyak orang menganggap SEO adalah bagaimana kata kunci (keyword) tertentu membuat sebuah website nangkring di posisi teratas di situs search engine seperti Google.
"Itu baru lima persen dari SEO," ungkap Reza Putra, SEO Lead Tokopedia, saat konferensi pers persiapan SEO Conference (SEOCON)?2020 di Mall Kota Kasablanka, Rabu (27/11/2019).
Menurut Reza, yang berpengalaman menangani SEO di perusahaan media online ini, ketika perusahaan fokus membuat website nangkring di peringkat pertama situs pencarian, hal itu akan membuat website tidak sehat. Pasalnya dengan hanya mengejar keyword, konten yang disajikan website justru tidak akan baik.
Baca Juga: SEO Itu Penting untuk Startup, Ini 7 Alasannya
"Membangun web dengan kaidah yang baik otomatis akan nge-range sendiri," imbuh Reza.
Seiring semakin banyaknya bisnis berbasis digital, konsep SEO pun semakin banyak dilakukan. Tidak hanya bisnis media, bisnis lain seperti e-commerce?dan travel online juga membutuhkan SEO untuk membuat website semakin banyak dikunjungi dan dilirik untuk dibeli.
Memenuhi kebutuhan tersebut, SEOCON akan kembali digelar. Sebelumnya SEOCON 2019 sukses dihadiri oleh 450 audiens. Kegiatan yang akan digelar pada Februari 2020 di Lantai 3 Mall Kota Kasablanka nanti ditargetkan diikuti 3.500 audiens yang tidak hanya berasal dari Indonesia, tapi juga dari sejumlah negara Asia Tenggara.
Ryan Kristo Muljono, Pendiri ToffeeDev sekaligus Pencetus SEOCON, mengatakan, di hari pertama nanti SEOCON mengadakan konferensi yang diisi oleh pakar-pakar digital dari dalam maupun luar negeri seperti Neil Patel, salah satu pakar SEO terbaik, Jono Alderson dari Yoast, Jon Earnshaw dari Pi Datametrics hingga Fabian Lim, pakar SEO terkenal. Pada hari kedua terdapat lebih dari 12 workshop gratis untuk diikuti.
"Kami ingin mengadakan event kelas dunia dengan narasumber dari luar agar orang-orang Indonesia juga bisa belajar mengenai SEO yang lebih baik," ujar Ryan.
Chris Adam, perwakilan AdamEve Brand Innovator, yang turut mendukung SEOCON sebagai Official Digital Partner, mengatakan, insight dari narasumber luar negeri yang berpengalaman akan sangat berguna bagi perusahaan Indonesia yang ingin membangun SEO yang lebih baik. SEOCON akan mengemas konsep SEO dengan lengkap dan holistik untuk para praktisi digital.
Baca Juga: Yuk Coba 5 Trik SEO Ini untuk Bisnis Online Anda!
Menurut Adam, selain diisi oleh pembicara berpengalaman, acara ini akan dihadiri oleh banyak pelaku bisnis dari berbagai latar belakang usaha. Tentu akan menjadi kesempatan yang bagus untuk menambah koneksi bisnis.
"Menentukan kebijakan perusahaan terutama di dalam ekosistem digital, tentunya memerlukan perencanaan sesuai dengan tren dan forecasting pasar yang up to date," ujar Adam.
Setelah mengikuti rangkaian acara selama dua hari berturut-turut, peserta akan mendapatkan sertifikat sebagai bentuk kehadiran di SEOCON 2020, yang bisa menjadi bekal untuk mendukung karier sebagai praktisi digital.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Agus Aryanto
Editor: Rosmayanti
Tag Terkait: