Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Sambut Booming Produk Halal, HEI Targetkan Transaksi Rp13 Miliar

        Sambut Booming Produk Halal, HEI Targetkan Transaksi Rp13 Miliar Kredit Foto: Agus Aryanto
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Seiring dengan meningkatnya kesadaran penduduk muslim Indonesia untuk mengikuti syariat Islam, tren penggunaan produk-produk halal pun terus meningkat dan telah menjadi gaya hidup. Dengan perkembangan itu, Indonesia sebagai penduduk muslim terbesar di dunia berpotensi menjadi pusat produk halal terbesar di dunia pula.

        Roadmap dan Strategi Ekonomi Halal Indonesia menyebut, total nilai ekonomi halal dunia sebesar US$2,1 triliun, dan Indonesia berkontribusi sekitar 10% dengan belanja sekitar US$214 miliar pada 2017.

        Sementara Ustaz Fatih Karim mengungkapkan, jika dilihat dari tren yang terjadi di kalangan masyarakat, perubahan itu dapat dilihat dengan jelas, mulai dari cara berpakaian masyarakat yang sudah menggunakan pakaian syar'i dan produk-produk makanan halal yang semakin dicari.

        Baca Juga: CIMB Niaga Syariah Bidik Potensi Bisnis Industri Halal

        "Dulu tahun 80-an, sangat sulit ditemui orang berhijab, sekarang masuk ke mal sudah seperti di masjid, semuanya pakai pakaian syar'i. Ini kan bukti kalau tren halal sudah semakin tinggi," ungkap Fatih.

        Dan bicara halal, lanjut Ustaz Fatih, bukan hanya makanan dan pakaian, tapi menyangkut hampir semua aspek kehidupan. Hingga cara masyarakat melangsungkan resepsi penikahan, juga semakin banyaknya masyarakat memilih pergi umrah sebagai pilihan berlibur. Semakin banyaknya masyarakat yang hijrah membuat nilai ekonomi halal Indonesia semakin besar.

        Memanfaatkan momen tersebut,?event organizer Skyconnection menggelar kegiatan Halal Expo Indonesia (HEI) yang akan digelar di ICE BSD pada 6-8 Desember 2019 mendatang.

        Mengusung tema Halal is Everything, kegiatan ini akan memamerkan beragam produk halal, mulai dari makanan, pakaian, kosmetik, properti, pendidikan, travel umrah dan haji hingga produk keuangan.

        Direktur Utama PT Angan Kreasi Semesta (Skyconnection) Aryo Wibisono mengatakan, dari event tersebut penyelenggara menargetkan pengunjung sebanyak 50 ribu dan 300 tenant. Angka tersebut, menurutnya, lebih besar dari event pertama HEI yang digelar tahun sebelumnya.

        "Kali ini target transaksi sekitar Rp11-13 miliar," ungkap Aryo, Kamis (28/11/2019).?

        Selain diisi oleh pameran industri halal, HEI juga menyajikan banyak konten menarik. Konten unggulannya antara lain HEISpeak, HEIshare, HEIkids, dan HEIact. HEISpeak adalah forum diskusi bagi para pengunjung untuk belajar dan mendapatkan lebih banyak pengetahuan tentang Halal dalam Islam.

        Baca Juga: 5 Jurus Majukan Industri Halal Indonesia Ala Bos BI

        Para pembicara dalam acara ini bukan hanya para ustaz, namun juga pelaku bisnis, akademisi, dan regulator. Tujuan dibentuknya HEISpeak adalah menyatukan pendapat mengenai Halal dari sudut pandang yang berbeda dan dilegitimasi oleh para ustaz sesuai kaidah agama yang tertuang dalam Alquran dan Hadis. Diharapkan semua pengunjung yang hadir, keluar dari HEI mempunyai pandangan dan pendapat yang sama akan arti Halal.

        HEI juga menyediakan area bermain bagi anak-anak, yaitu pada area HEIkids. Satu dari sekian banyak games yang disediakan adalah lomba mewarnai karakter Nussa. HEI pun menyelenggarakan lomba Azan dan Murottal untuk tingkat SD hingga universitas. HEI menyediakan hadiah umrah dan uang tunai yang akan diserahkan langung oleh qori terkenal Indonesia dan luar negeri.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Agus Aryanto
        Editor: Rosmayanti

        Bagikan Artikel: