Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Biar Gak Mati Gaya, Begini Tips Liburan ke China

        Biar Gak Mati Gaya, Begini Tips Liburan ke China Kredit Foto: Sufri Yuliardi
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Masa liburan tentu menjadi masa yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap orang. Babgi mereka yang pekerja, musim liburan paling ditunggu. Setiap orang tentu akan berbeda menikmati liburan yang mereka dapatkan. Misalnya saja dengan melakukan traveling. Umumnya kebanyakan orang akan melakukan traveling baik di dalam negeri maupun ke luar negeri.

        Berbicara tentang travel ke luar negeri, biasanya China menjadi salah satu destinasi yang cukup sering dikunjungi karena sering adanya promo murah tiket ke china. Sebab ada begitu banyak tempat wisata yang menarik sehingga membuat rasa penasaran yang begitu tinggi untuk dikunjungi. Contohnya seperti Tembok Besar China, Kota Terlarang, dan tempat wisata-wisata lainnya.

        Baca Juga: Angela Tanoesoedibjo Kunjungi Borobudur, Netizen: Promosikan Terus Pariwisata Indonesia

        Baca Juga: 5 Jurus Anak HT Dongkrak Devisa Pariwisata

        Maka dari itu, jika kamu juga ternyata berencana untuk menghabiskan liburanmu di China nanti, maka ada 5 tips yang berhasil dirangkum, Jumat (10/1/2020), dapat membuat perjalananmu di China nantinya terasa menyenangkan:

        Pertama, dokumen

        Saat akan pergi ke luar negeri, maka hal pertama yang akan kita hadapi adalah pengurusan soal dokumen-dokumen perjalanan kita ke negara tujuan. Umumnya ini berkaitan tentang paspor dan juga Visa. Namun kamu tidak harus repot lagi mengurus Visa karena China membebaskan Visa untuk para wisatawan dari Indonesia.

        Kedua, bahasa

        Biasanya Bahasa Inggris bisa menjadi andalan utama untuk kita berkomunikasi saat berada di luar negeri karena bahasa ini memang dianggap sebagai bahasa internasional. Namun tidak semua negara yang menetapkan hal serupa. China meskipun dikenal sebagai negara terbesar di dunia, namun penggunaan Bahasa Inggris disana terbilang sangat sedikit karena masyarakatnya menggunakan bahasa nasional mereka, Mandarin.

        Dengan begitu, jangan begitu berharap bisa berbicara Bahasa Inggris dengan leluasa disana untuk bertanya ataupun berkomunikasi dengan masyarakat sekitarnya. Jika kamu harus bertanya dengan masyarakat sekitar, sekiranya kamu harus memiliki kamus atau online untuk membantumu menyampaikan apa yang kamu ingin bicarakan kepada mereka. Namun jika ini ternyata membuatmu kesusahan, maka pilihan terakhir adalah dengan menggunakan bahasa tubuh dan isyarat saja itu sudah cukup.

        Ketiga, makanan

        Setiap daerah atau negara pasti memiliki cita rasa tersendiri. Jika ternyata lidahmu tidak bisa menerima cita rasa makanan China saat disana, maka itu menjadi tantangan tersendiri untukmu. Namun jangan khawatir, biasanya disetiap meja makan di China nantinya tetap disediakan seperti kecap dan cabe bubuk yang membantu kamu untuk menyesuaikannya dengan lidahmu.

        Jika ternyata tidak ada, jangan sungkan untuk memintanya secara langsung. Masyarakat China juga cukup suka mengonsumsi kecap dan dicampurkan ke dalam makanannya seperti kita. Biasanya disini juga mengonsumsi makanan menggunakan sumpit. Jika kamu tidak masalah dengan hal tersebut maka lanjutkan, namun jika tidak maka kamu juga bisa meminta sendok dan garpu. Sebagai wisatawan luar, mereka akan paham dan senang hati meminjamkan sendok dan garpunya kepadamu.

        Ketiga akomodasi penginapan

        Tidak perlu bingung memilih tempat penginapan untuk di China nantinya. Kamu bisa kok memanfaatkan layayan situs reservasi online untuk memilih tempat penginapan yang sesuai dengan selera, fasilitas, dan juga budget yang kamu inginkan. Ada begitu banyak situs pemesanan online yang bisa kamu gunakan. Manfaatkan ini untuk bisa membandingkan dan menemukan mana yang murah.

        Selain itu coba juga disesuaikan dengan kondisi di China saat kamu akan pergi berkunjung kesana. Apabila ternyata kamu pergi kesana pada saat musim dingin, maka disarankan untuk mencari tempat penginapan yang juga disertai dengan fasilitas penghangat ruangan. Percaya atau tidak, dinginnya luar negeri tidak sebanding dengan dinginnya disini.

        Kelima, internet

        Ini bisa tergantung opsimu sendiri. Jika kamu tidak ingin mengganti kartu di perangkatmu, maka cukup beli paket roaming disini sebelum berangkat. Namun jika ingin ambil simpelnya, kamu cukup beli kartu SIM disana, kemudian diaktifkan, dan bisa menikmati layanan internet disana. Jangan lupa install aplikasi VPN, sebab di China sensor jaringan internet yang dilakukan oleh pemerintah untuk para warganya cukup tinggi.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Vicky Fadil

        Bagikan Artikel: