Mapan (PT Ruma) memiliki misi untuk membukakan akses serta meningkatkan derajat dan pendapatan masyarakat Indonesia melalui teknologi. Pada 2017, Mapan telah tergabung menjadi bagian dari Grup Go-Jek.
Mapan memiliki rangkaian produk dan layanan yang dapat dirasakan manfaatnya oleh mitra usaha Mapan untuk mendapatkan penghasilan, yang terdiri dari Mapan Arisan, Mapan Voucher, Mapan Pulsa, Mapan Mart, dan layanan lainnya.
Lalu, seperti apa Mapan sekarang? Bagaimana perkembangan bisnis dan rencana ke depannya?
Berikut wawancara Warta Ekonomi dengan CEO Mapan Hendra Tjanaka pada Sabtu (13/1/2020) di Jakarta.
Sejak kapan Mapan ini didirikan?
Mapan ini diluncurkan sejak 2015 dan perusahaanya sendiri pada 2009.
Ceritakan awal berdirinya Mapan?
Awalnya Mapan berjualan pulsa jauh sebelum Mapan Arisan diluncurkan. Namun, saat ini dengan bertambahnya jumlah kebutuhan, maka diluncurkan Mapan Arisan.
Tolong jelaskan visi dari Mapan?
Misi kami adalah membuka akses untuk seluruh masyarakat Indonesia agar menjadi lebih mapan, khususnya melalui teknologi. Kami percaya teknologi bisa menjadi solusi terbaik untuk menjawab permasalahan tersebut dan mendorong masyarakat untuk menjadi mitra usaha yang berpenghasilan dengan cara efisien.
Apa produk unggulan Mapan?
Mapan dikenal dengan layanan utamanya, Mapan Arisan. Tujuan Mapan Arisan ini untuk membuka akses untuk barang-barang rumah tangga yang tadinya masyarakat Indonesia susah mengakses barang ini. Karena itu Mapan Arisan ini datang dengan sebuah premis kalau setiap keluarga bikin kelompok untuk beli barang bareng-bareng harusnya impiannya bisa terwujud.
Bagaimana penerimaan Mapan di masyarakat?
Kami bersyukur sampai saat ini penerimaannya baik. Kita sudah punya lebih dari 270 ribu mitra usaha di seluruh Jawa dan Bali. 270 ribu mitra usaha ini melayani lebih dari 3 juta masyarakat Indonesia.
Jadi, peran mitra usaha sangat penting dalam perjalanan Mapan?
Ujung tombak Mapan adalah para mitra usaha Mapan. Para mitra kita ini justru yang membuka akses untuk 3 juta keluarga Indonesia saat ini.
Lalu, bagaimana caranya bila ingin bergabung dengan Mapan?
Bergabung dengan Mapan tidak butuh modal banyak. Dengan Rp5.000 bisa mulai usaha di Mapan. Dengan modal handphone, ibu-ibu tetap bisa menjalankan perannya sebagai ibu rumah tangga.
Jadi, dengan uang Rp5.000 kita bisa mulai usaha?
Saya ingin mengajak ibu-ibu yang ingin usaha, tetapi ragu-ragu karena keterbatasan modal. Kita undang semua (elemen) ikut menjadi mitra usaha.
Apakah milenial bisa ikut bergabung dengan Mapan?
Milenial dengan layanan-layanan baru di Mapan bisa saja ikut. Mereka bisa ikut berjualan, misalnya voucer Go-Ride, kepada teman di kampus. Kan dia jadi bisa dapat uang jajan.
Lalu, apa rencana Mapan di 2020?
Kami telah meluncurkan tiga layanan baru Mapan, yakni Mapan Tagihan dan Pulsa, Mapan Mart, serta Mapan Voucher. Mapan Voucher ini akan memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap berbagai layanan lainnya. Misalnya, layanan voucer irit Go-Jek, Go-Pay Alfamart, dan voucer irit lainnya.
Apa harapan Anda terhadap ketiga layanan baru ini?
Saya berharap ketiga layanan baru ini semakin membuka akses untuk masyarakat Indonesia sehingga kebutuhannya bisa terpenuhi dengan cara lebih hemat.
Selain itu apa lagi fokus Mapan di tahun ini?
Fokus kami menambah sebanyak mungkin mitra usaha Mapan sehingga bisa membantu masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhannya. Berikutnya, menambah jumlah layanan. Dengan semakin banyak layanan, maka semakin banyak kebutuhan yang bisa dipenuhi mulai dari kebutuhan sehari-hari hingga kebutuhan yang bersifat jangka panjang.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Rosmayanti
Tag Terkait: