Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Mau Perjalanan Bisnis yang Nyaman? Begini Cara Aturnya

        Mau Perjalanan Bisnis yang Nyaman? Begini Cara Aturnya Kredit Foto: Foto/Malaymail
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Melakukan perjalanan bisnis merupakan tanggung jawab yang cukup besar. Sebab, Anda bukan sekedar jalan-jalan, melainkan menghadapi berbagai pekerjaan. Seperti, menyiapkan presentasi, menghadiri rapat, sampai menemui klien perusahaan.

        Karena itu, berikut yang Anda perlu persiapkan sebelum perjalanan dinas, seperti dirangkum, Kamis (23/1/2020).

        1. Pilih Moda Transportasi yang Efektif

        Sebelum melakukan perjalanan dinas, tentu Anda sudah mengatur durasi kegiatan. Namun, perubahan jadwal bisa terjadi kapan saja. Karena itulah, Anda harus memilih moda transportasi paling efektif. Artinya, moda transportasi tersebut memiliki fleksibilitas sehingga mudah reschedule maupun refund.

        Salah satu moda transportasi yang paling efektif adalah pesawat. Meski begitu, Anda harus memilih maskapai terbaik agar tidak menghambat perjalanan dinas.

        Baca Juga: Konglomerat Ini Undang 10 Orang Liburan di 'Surganya' Dunia, Siapa Mau?

        Baca Juga: Suka Wisata ke Lokasi yang Sejuk? Santai, Maskapai Ini Bisa Disewa buat Travelling ke Antartika Kok

        2. Pesan Kamar Hotel Lebih Awal

        Saat melakukan perjalanan liburan, kamar hotel dapat dipesan kapan saja. Namun, ketika traveling untuk tujuan bisnis, pemesanan kamar secara mendadak justru mempersulit Anda. Bagaimana tidak? Tenaga dan pikiran yang seharusnya disimpan untuk aktivitas bisnis, malah terkuras karena sulit mencari akomodasi.

        Jadi, sebaiknya, pemesanan kamar hotel dilakukan maksimal tiga hari sebelum perjalanan dinas. Untuk kriteria kamar, carilah yang memiliki jaminan kenyamanan. Mulai dari tempat tidur, kamar mandi, pendingin ruangan, sampai fasilitas WiFi.

        Selain itu, perhatikan pula lokasi hotel yang Anda pilih. Pastikan, hotel tersebut dekat dengan tempat makan atau mempunyai fasilitas restoran. Anda juga harus mengecek moda transportasi di sekitar hotel supaya perjalanan lebih mudah.

        3. Pelajari Kondisi Kota yang Anda Tuju

        Apakah Anda ditugaskan ke daerah yang kondisi budayanya berbeda? Supaya mudah beradaptasi, sebaiknya lakukan riset untuk mempelajari daerah tersebut. Carilah informasi tentang kebiasaan masyarakatnya, keamanan wilayah, bahasa, serta tempat-tempat penting di sana.

        Tidak hanya itu, Anda juga harus mengetahui waktu yang digunakan di daerah tujuan. Pastikan Anda sudah mengatur jam tangan sesuai perubahan waktu dan tanggal secara real time. Dengan demikian, perubahan jadwal bisa diantisipasi lebih awal.

        Baca Juga: Inovasi UOB Indonesia: Luncurkan Travel Marketplace Perbankan Pertama

        Baca Juga: Jokowi Resmikan Destinasi Pariwisata Super Prioritas Kawasan Marina Labuan Bajo Milik PTPP dan ASDP

        4. Kemas Dokumen Penting dalam Satu Wadah

        Dokumen perusahaan merupakan barang penting yang harus Anda jaga kerahasiaannya. Untuk memastikan dokumen tetap aman, simpanlah ke dalam wadah terpisah. Jangan lupa, berikan label di setiap wadah agar tidak tertukar dengan dokumen pribadi.

        Sebagai cadangan, Anda bisa memindahkan dokumen ke memori ponsel atau cloud. Supaya aman, kunci dokumen menggunakan sandi khusus yang mudah diingat. Dengan demikian, Anda tak perlu khawatir ketika kehilangan dokumen fisik.

        5. Pastikan Terhubung Internet

        Internet menjadikan komunikasi dan pencarian informasi lebih mudah. Sebagai contoh, Anda membutuhkan dokumen cloud untuk dicetak. Berarti, Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu. Supaya bisa mengunduh, tentu perlu koneksi internet yang stabil.

        Demikian ulasan tentang cara mempersiapkan perjalanan bisnis yang nyaman dan aman. Untuk mendukung aktivitas perjalanan Anda, manfaatkan layanan Corporate Travel Management dari Airy Business.

        Melalui platform tersebut, Anda bisa mengontrol bujet, melihat track record perjalanan, serta memesan kamar hotel. Selain itu, pembayaran juga lebih mudah dilakukan lewat platform Airy Business. Untuk memudahkan kegiatan administrasi, terdapat fitur dashboard yang user-friendly.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Vicky Fadil

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: