Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Toilet Sarang Bakteri, Produk Ini Diklaim Lebih Higienis

        Toilet Sarang Bakteri, Produk Ini Diklaim Lebih Higienis Kredit Foto: Toto
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Bencana banjir yang kinitengah melanda berbagai wilayah di Indonesia, berpotensi menimbulkan sejumlah penyakit berbahaya seperti diare, penyakit kulit, tifus, dan lainnya. Untuk menghindari penyakit tersebut, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga sanitasi lingkungan.

        Menurut Ketua Umum Perhimpunan Dokter Emergensi Indonesia (PDEI), dr Adib Khumaidi, sanitasi adalah perilaku disengaja dalam pembudayaan hidup bersih dengan maksud mencegah manusia bersentuhan langsung dengan kotoran dan bahan buangan berbahaya lainnya dengan harapan usaha ini akan menjaga dan meningkatkan kesehatan manusia.

        Pada saat dan pascabanjir, setiap orang harus tetap menjaga sanitasi dan melakukan upaya-upaya pencegahan penyakit semaksimal mungkin dengan cara, antara lain menjauhkan anak-anak bermain air banjir agar terhindar dari berbagai jenis penyakit yang mungkin timbul sesudahnya, tidak merendam kaki dalam air banjir kecuali untuk upaya penyelamatan, segera mengganti pakaian basah dengan pakaian kering untuk mencegah hipotermia.

        Baca Juga: Ngeri, Tiap Tahun Muncul Lima Penyakit Baru

        Serta melindungi anggota tubuh dengan mengenakan sarung tangan dan boots bila harus terjun ke dalam air banjir dan mengenakan masker sewaktu membersihkan rumah dari kotoran air banjir.

        Pascabanjir, lingkungan sekitar dan rumah akan menjadi sangat kotor dan berantakan akibat hantaman air yang sangat kuat, yang masuk ke dalam rumah. Pada tahap itu masyarakat harus tetap memperhatikan kebersihan lingkungan rumah dan yang paling utama tentunya kamar mandi dan toilet.

        "Hal ini sangat penting dilakukan agar terhindar dari bahaya dan penyakit pascabanjir yang berbahaya bagi tubuh," ujar Adib.

        Adib menambahkan, setiap tempat yang lembab merupakan favorit kuman, terutama di kamar mandi.Karena itu, sistem pencahayaan dan sistem udara harus selalu dijaga agar tidak terlalu lembab.

        Banyak penyakit yang timbul bersumber dari kuman dan bakteri yang hidup di kamar mandi, salah satunya virus pencernaan seperti norovirus atau gastroenteritis, yang bisa menyebar melalui feses dan cairan muntah.

        Kontaminasi bisa bersumber dari tangan, dudukan toilet (kloset) atau di permukaan yang disentuh oleh orang yang terinfeksi virusnya. Jadi bisa dibayangkan, pascahujan ini, apabila kamar mandi?tidak dibersihkan, terutama toilet, bisa jadi sarang bakteri.

        "Dalam kondisi normal saja, cara terbaik untuk menghilangkan bakteri tersebut adalah dengan rutin membersihkan semua permukaan di kamar mandi seminggu sekali dan pembersihan secara lebih saksama sebulan sekali," jelas Adib.

        Mengingat kondisi tersebut, Toto, salah satu produsen toilet, mengklaim memiliki produk yang higienis dan antibakteri. Berbeda dengan kloset duduk pada umumnya, produk-produk kloset duduk keluaran Toto memiliki kelebihan dan teknologi mutakhir yang dapat membuat toilet selalu bersih dan higienis.

        Baca Juga: Duh! Makan di Restoran Ini Dapat Air Minum dari Toilet

        Bukan hanya dilengkapi sensor otomatis dengan buka tutup saja, kloset Toto juga memiliki sensor lain yang bisa membuat permukaan tempat duduknya terasa hangat, dan yang jelas, kuman pun bakal enggan bersarang.

        Selain itu, kloset duduk Toto memiliki keunggulan lain, di antaranya air pembilasnya diaturlangsung untuk disemprotkan ke mangkuk kloset sehingga kotoran akan sulit menempel, memiliki teknologi eWater+ yang otomatis menyalurkan air dan menjaga mangkuk dan nozzle toilet tetap bersih, serta adanya filter udara yang berguna untuk membersihkan udara di sekitar dudukan kloset, jadi kebersihan kulit akan tetap terjaga. Keren banget kan!

        Tidak cuma higienis, kloset duduk Toto ini juga ternyata ramah lingkungan. Dengan teknologi eWater+ yang canggih, washlet kloset duduk Totodapat mengubah air biasa menjadi eWater+ yang memiliki kandungan asam pH yang ramah lingkungan.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Agus Aryanto
        Editor: Rosmayanti

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: