Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Belasan Emiten Pasar Modal Terapkan Work From Home, Siapa Saja Ya?

        Belasan Emiten Pasar Modal Terapkan Work From Home, Siapa Saja Ya? Kredit Foto: Tanayastri Dini Isna
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Jumlah kasus terinfeksi virus corona di Indonesia terus mengalami peningkatan setiap harinya. Sampai dengan Selasa (17/03/2020), jumlah kasus infeksi corona di Indonesia mencapai 127 kasus. Sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona lebih luas lagi, perusahaan menerapkan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

        Berikut adalah daftar emiten atau perusahaan tercatat di pasar modal yang ikut menerakan WFH.

        Baca Juga: Ada Work From Home, ASN Jangan Malah Pergi Liburan Corona

        1. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI)

        Corporate Secretary BRI, Amam Sukriyanto, mengungkapkan bahwa BRI siap mematuhi arahan regulator dan pemerintah dalam mencegah penyebaran virus corona. Untuk itu, BRI menerapkan WFH bagi karyawan perusahaan untuk beberapa fungsi di wilayah-wilayah terdampak.

        "Bank BRI tetap mengedepankan kesehatan dan keselamatan para pekerja BRI sesuai dengan arahan yang telah disampaikan oleh pemerintah dan regulator," ujar Amam, Senin (16/03/2020).

        2. PT Bank Mandiri Tbk (BMRI)

        Bank Mandiri ikut merespons imbauan pemerintah perihal kebijakan WFH. Corporate Secretary Bank Mandiri, Rully Setiawan, mengungkapkan bahwa WFH tersebut diberlakukan di sebagian besar unit kerja Bnak Mandiri. Kendati ada WFH, operasional di cabang-cabang Bank Mandiri tetap beroperasi normal dengan jam operasional mulai dari 08.00 WIB hingga 15.00 WIB.

        Baca Juga: Dalam 3 Jam Saham PTBA, Bank Mandiri, Unilever Sudah Anjlok Hampir 7%

        "Dalam kondisi seperti ini, prioritas kami tentu adalah kesehatan serta keselamatan nasabah dan karyawan. Di sebagian besar unit kerja, Bank Mandiri juga mengimplementasikan split team dan work from home," jelas Rully, Senin (16/03/2020).

        3. PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI)

        Corporate Secretary BNI, Meiliana, mengungkapkan bahwa BNI menerapkan penyesuaian sistem kerja yang bertujuan untuk menekan penyebaran virus corona. Tiga penyesuaian sistem kerja itu meliputi split operation, shift operations, dan work from home (WFH). Split dan shift operation diberlakukan untuk fungsi yang terkait dengan operasional utama dan layanan perbankan, sedangkan sistem WFH untuk posisi lainnya.

        "Sistem ini hanya diterapkan pada daerah yang telah ditetapkan sebagai daerah dengan kondisi risiko tinggi," ucapnya di Jakarta, Senin (16/3/2020).

        4. PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN)

        Corporate Secretary BTN, Ari Kurniaman, mengungkapkan bahwa Bank BTN memberlakukan pelayanan terbatas kepada nasabah untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. Selain pelayanan terbatas, Bank BTN juga menerapkan WFH di sejumlah kantor cabang Bank BTN.

        "WFH akan dilakukan seperti pada divisi kritikal minimal 20% dari total SDM pada divisi tersebut dan 40% untuk divisi yang tidak kritikal. Demikian juga dengan kantor cabang yang berada di wilayah sesuai dengan mapping kritikal untuk dilakukan WFH," tegas Ari, Jakarta, Minggu (15/03/2020).

        5. PT Xl Axiata Tbk (EXCL)

        Sekretaris XL Axiata, Tri Wahyuningsih, mengonfirmasi bahwa pihaknya telah menerapkan kebjiakan WFH kepada karyawan perusahaan. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona di lingkungan kerja perusahaan sebagaimana yang sudah diinstruksikan oleh pemerintah dan regulator.

        "Iya, sudah kami berlakukan (WFH)," jelasnya singkat, Jakarta, Selasa (17/03/2020).

        6. PT Indosat Ooredoo Tbk (ISAT)

        President Director & CEO Indosat Ooredoo, Ahmad Al-Neama, mengungkapkan bahwa pihaknya telah memberlakukan kebijakan WFH sejak Senin (16/03/2020) hingga waktu yang belum dapat ditentukan. Hal itu dilakukan untuk memastikan kesehatan setiap karyawan di tengah wabah virus corona.?

        "Indosat Ooredoo menempatkan kesehatan karyawan menjadi yang utama dan terpenting untuk saat ini dan seterusnya. Memastikan karyawan kami tetap aman, kami melaksanakan working from home mulai Senin, 16 Maret 2020," tegas Ahmad.

        7. PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN)

        Direktur Sumber Daya dan Umum PGN, Desima E. Siahaan, mengungkapkan bahwa perusahaan telah mengeluarkan surat imbauan untuk WFH. Namun, dengan mempertimbangkan berjalannya bisnis dan operasional perusahaan, kebijakan WFH tersebut tidak diberlakukan bagi seluruh karyawan. Yang pasti, perusahaan senantiasa meningkatkan edukasi pencegahan dan penanggulangan virus corona kepada setiap karyawan.

        Baca Juga: Demi Keberlangsungan Bisnis, Anak Usaha Bakrie Group Ikut Terapkan Work From Home

        "Kami telah mengeluarkan surat terkait imbauan work from home bagi pekerja PGN meski tidak untuk semua pekerja," imbuh Desima, Jakarta, Senin (16/03/2020).

        8. PT Bukit Asam Tbk (PTBA)

        Sekretaris Bukit Asam, Hadis Surya Palapa, mengungkapkan bahwa pihaknya telah memberlakukan WFH bagi karyawan yang berusia di atas 50 tahun dan berlokasi di Jakarta serta setiap harinya menggunakan transportasi umum. Selain kriteria tersebut, karyawan perusahaan lainnya masih tetap wajib untuk bekerja di kantor seperti biasa.

        "Sampai saat ini work from home telah diberlakukan kepada pegawai di Jakarta yang berusia 50 tahun atau lebih dan menggunakan kendaraan umum ke dan dari kantor," jelas Hadis, Jakarta, Selasa (17/03/2020).

        9. PT Bumi Resources Tbk (BUMI)

        Direktur dan Sekretaris BUMI, Dileep Srivastava, mengungkapkan bahwa perusahaan menetapkan kebijakan WFH selama dua pekan ke depan, mulai dari Selasa (17/03/2020) hingga Senin (30/03/2020). Hal itu dilakukan untuk meminimalkan risiko penularan virus corona di lingkungan kerja.

        "Kebijakan ini dibuat oleh perusahaan untuk memastikan operasional perusahaan tetap berjalan lancar di tengah wabah Covid-19. Perusahaan juga memastikan semua layanan karyawan seperti gaji, layanan medis, dapat tetap berjalan meski ada krisis Covid-19," jelasnya.

        10. PT Sentra Food Indonesia Tbk (FOOD)

        Direktur Utama FOOD, Agustus Sani Nugroho, mengungkapkan bahwa perusahaan menerapkan kebijakan WFH dan akan diberlakukan sampai dengan akhir Maret 2002 mendatang. Selama memberlakukan WFH, rapat-rapat perusahaan akan dilakukan melalui Whatsapp grup.

        "Seluruh direksi dan staf diwajibkan mengerjakan dan mengurus pekerjaannya masing-masing dan tidak ke kantor hingga akhir Maret 2020," tegas Agustus, Jakarta, Selasa (17/03/2020).

        11. PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR)

        Corporate Secretary Unilever, Sancoyo Antarikso, mengungkapkan bahwa Unilever secara global menerapkan langkah preventif pencegahan virus corona, salah satu caranya melalui mekanisme WFH). Lebih dari 1.200 karyawan perusahaan dipastikan akan bekerja dari rumah.?

        "Unilever secara global (diseluruh dunia) melakukan langkah-langkah preventif yang lebih tegas untuk melindungi kesehatan karyawan dan keluarganya. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan sistem work from home atau bekerja dari rumah, untuk para karyawan yang bekerja di kantor (kantor pusat, kantor penjualan di area dan kantor di pabrik)," tegas Sancoyo.

        12. PT Jasa Marga Tbk (JSMR)

        Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru, mengatakan bahwa perusahaan memberlakukan kebijakan WFH sejak Selasa (17/03/2020) sampai dengan Selasa (31/03/2020) untuk meminimalkan penyebaran virus corona di lingkungan kerja. Kendati begitu, kebijakan itu tidak berlaku bagi seluruh karyawan dengan alasan kepastian proses bisnis perusahaan.

        "Untuk memastikan proses bisnis perusahaan tetap berjalan, tidak semua karyawan back office kami WFH. Sekitar 20% dari jumlah karyawan di masing-masing unit kerja tetap masuk dengan skema piket. Ini komitmen kami untuk meminimalisasi potensi penularan Covid-19 di lingkungan karyawan Jasa Marga Group serta selaras dengan imbauan Presiden RI, Joko Widodo, untuk menerapkan social distancing," ujar Heru

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Lestari Ningsih
        Editor: Lestari Ningsih

        Bagikan Artikel: