Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Salut! Lawan Corona, Grab Lakukan Hal Ini untuk Para Mitranya

        Salut! Lawan Corona, Grab Lakukan Hal Ini untuk Para Mitranya Kredit Foto: Grab
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Grab hari ini mengumumkan beberapa inisiatif tambahan untuk mendukung mitra pengemudi, mitra pengantaran, dan mitra merchant dalam menghadapi pandemi Covid-19.

        Sejak Covid-19 mulai merebak di Asia Tenggara, Grab terus bekerja sama dengan pihak pemerintah dan berbagai institusi pendanaan untuk berdiskusi mengenai dukungan finansial yang paling dibutuhkan oleh mitra pengemudi dan mitra pengantaran yang paling terkena dampak krisis ini.

        Namun, saat pemerintah pusat dan pemerintah lokal telah melarang pergerakan dan menerapkan physical distancing, muncul kebutuhan untuk mendukung seluruh mitra Grab. Oleh karena itu, Grab telah mempersiapkan skema bantuan tambahan untuk mengurangi kendala keuangan yang dihadapi para mitra.

        Baca Juga: Jasindo Ikut Sebar Bantuan Cegah Covid-19 di Jakarta

        "Prioritas utama kami adalah memastikan keselamatan dan keberlangsungan hidup setiap individu yang tergabung dalam platform kami. Kami berterima kasih pada para mitra yang terus menyediakan layanan harian penting bagi masyarakat pada waktu yang sulit ini. Kami ingin mendukung mitra kami. Karena itu, kami memperluas program Bantuan Mitra, untuk yang terkena imbas secara langsung oleh krisis ini," jelas Anthony Tan, CEO and Co-Founder Grab dalam keterangan tertulisnya, Senin (30/3/2020).?

        Upaya pencegahan dan pelandaian kurva penyebaran Covid-19 telah berimbas secara signifikan pada berbagai industri di seluruh dunia. Untuk menanggapi hal ini, manajemen senior Grab secara sukarela akan mendonasikan 20% dari gaji mereka untuk membantu kegiatan bisnis dan keberlangsungan pendapatan mitra yang terkena dampak pandemi ini.

        Selain itu, sebagai bagian dari solidaritas bagi para mitra yang mengalami kendala finansial di tengah krisis ini, program Bantuan Mitra juga akan didanai secara sukarela oleh seluruh karyawan Grab melalui donasi dari tunjangan mereka.

        Sejak Januari, Grab telah bekerja sama dengan pemerintah dan meluncurkan program bagi mitra pengemudi dan mitra pengantaran untuk mengurangi dampak dari pandemi Covid-19. Sejumlah langkah dan dukungan telah dilakukan Grab di berbagai kawasan di Indonesia.

        Langkah-langkah yang tengah dijalankan ialah bantuan keuangan dan keringanan biaya sewa untuk mitra pengemudi yang positif Covid-19 dan dirawat di rumah sakit, perlindungan asuransi terhadap penyakit, dan dukungan pendapatan bagi mitra pengemudi yang memenuhi syarat.

        Selain itu, Grab mendistribusikan lebih dari 1 juta masker dan hand sanitizer ke berbagai wilayah untuk melindungi komunitas mitra dan keselamatan pelanggan.

        Grab juga meluncurkan dua inisiatif untuk menghadirkan lebih banyak bantuan finansial dan kewirausahaan untuk komunitas mitra Grab.

        Hal itu dilakukan dengan memperluas cakupan skema bantuan keuangan Grab untuk Covid-19 ke sebagian besar negara di mana Grab beroperasi. Selama dua minggu terakhir, Grab memperluas skema bantuan keuangan Covid-19 dari Singapura, Thailand, dan Vietnam, ke Indonesia, Malaysia, Myanmar, dan Filipina.

        Skema ini akan menyediakan bantuan dana bagi mitra pengemudi atau mitra pengantaran yang dirawat di rumah sakit atau dikarantina? setelah didiagnosa Covid-19, sehingga mereka merasa tenang selama masa pemulihan.

        Kemudian, menyediakan berbagai langkah bantuan bagi merchant GrabFood untuk membantu bisnis mereka selama masa sulit ini. Grab juga akan mendanai secara langsung, serta bermitra dengan pihak ketiga terkait program pemasaran GrabFood untuk merchant-merchant terpilih untuk membantu mereka menjangkau lebih banyak pelanggan dan menerima pendapatan tambahan.

        "Program Bantuan Mitra bertujuan untuk mengurangi dampak dari pandemi ini terhadap mata pencaharian mitra pengemudi, pengantaran, dan merchant kami. Pada merchant, kami berharap program bantuan ini akan mengurangi tekanan keuangan mereka dan membantu mereka tetap fokus melayani pelanggan," ungkap Russel Cohen, Regional Head of Operations Grab.

        Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang tidak dapat melakukan mobilitas dengan mudah selama periode ini, Grab akan memperluas layanan GrabMart dan GrabAssistant ke lebih banyak negara dalam beberapa minggu mendatang.

        Di Indonesia, pelanggan juga dapat memanfaatkan GrabFresh yang bekerja sama dengan HappyFresh untuk membeli produk segar, seperti sayuran dan buah, daging, dan kebutuhan lainnya dari berbagai supermarket yang bekerja sama.

        Baca Juga: Masyarakat Tak Lakukan Ini, Indonesia Bakal Terjadi Tsunami Corona!

        Layanan GrabAssistant berbeda dari GrabMart. Pelanggan dapat meminta bantuan mitra pengantaran untuk menangani kebutuhan mendesak atau membeli produk-produk di toko-toko yang tidak terdaftar di GrabMart. Hal ini akan membantu pelanggan yang sedang #dirumahaja lebih banyak pilihan pengiriman untuk memenuhi kebutuhan harian mereka.

        "Ketika bisnis kami dan masyarakat luas dihadapkan pada dampak sosio-ekonomi yang negatif dari Covid-19, kita harus bahu-membahu sebagai satu kesatuan, kalangan bisnis, pemimpin, masyarakat, untuk memerangi dampak terburuk dari pandemi ini," pungkas Anthony.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Bernadinus Adi Pramudita
        Editor: Rosmayanti

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: