Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Wadaw, Tingkat Pengangguran Anak Muda Paling Tinggi Setahun Terakhir

        Wadaw, Tingkat Pengangguran Anak Muda Paling Tinggi Setahun Terakhir Kredit Foto: Antara/R Rekotomo
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan tingkat pengangguran terbuka (TPT) pada Februari 2020 turun 0,02% menjadi 4,99% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. TPT merupakan indikator untuk mengukur tenaga kerja yang tidak terserap oleh pasar kerja.

        Kepala BPS Suhariyanto mengatakan penurunan itu terjadi diperkotaan sebesar 0,15%. Sementara di pedesaan terjadi kenaikan 0,10% dalam setahun terakhir.

        "Hal ini berarti dari 100 orang angkatan kerja, terdapat sekitar lima orang penganggur," kata Suhariyanto dalam konferensi pers secara virtual di Jakarta, Selasa (5/5/2020).

        Baca Juga: Ekonomi Anjlok, Menteri-menteri Bidang Ekonomi Kena Amarah Jokowi

        Sampai Februari 2020, tutur Suhariyanto, tingkat pengangguran terbuka di perkotaan 6,15%, sedangkan pedesaan 3,55%. Berdasarkan usia, TPT penduduk umur muda (15-24 tahun) tertinggi dibanding kelompok umur lain, yaitu sebesar 16,28%. Sedangkan TPT penduduk lansia (60 tahun ke atas) paling kecil di antara semua kelompok umur, yaitu sebesar 1,08%.

        "Dibanding tahun sebelumnya, terjadi peningkatan TPT usia muda yaitu sebesar 0,90% poin," tambahnya.

        Sementara dari sisi pendidikan, TPT Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) masih yang paling tinggi di antara tingkat pendidikan lain (8,49%), sedangkan TPT terendah adalah pada jenjang pendidikan SD ke bawah (2,64%).

        Adapun jumlah angkatan kerja sampai Februari lalu naik 1,73 juta orang menjadi 137,91 juta orang atau meningkat dibanding Februari 2019 yang sebesar 136,18 juta orang.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Boyke P. Siregar
        Editor: Rosmayanti

        Bagikan Artikel: