Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Cuma Sultan yang Mampu, Sepatu Nike Jadul Dilelang hingga Rp2,1 Miliar!

        Cuma Sultan yang Mampu, Sepatu Nike Jadul Dilelang hingga Rp2,1 Miliar! Kredit Foto: Twitter/CNBCi
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Sepasang sepatu Nike jadul buatan tangan pada tahun 1970-an dengan model wafel putih bakal dilelang dengan harga USD150 ribu atau Rp2,1 miliar. Hal ini lantaran sepatu tersebut bukanlah sepatu biasa.

        Sepatu kets tersebut adalah sepatu pertama yang dibuat oleh Bill Bowerman, salah satu pendiri Nike dan pelatih lintasan legendaris di University of Oregon. Sepatu tersebut dibuat untuk John Mays, pelari di tim trek Bowerman.

        Baca Juga: Hebat Banget! Milenial Ini Sukses Jual Sepatu Lokal ke Luar Negeri

        Dilansir dari CNBC di Jakarta, Kamis (18/6/2020) adapun karya kedua sepasang sepatu yang dibuat oleh Bowerman disimpan di Arsip Universitas Perpustakaan Knight di Universitas Oregon.

        Perusahaan pelelangan di New York, Sotheby mengatakan bahwa sepatu tersebut merupakan salah satu sepatu paling berharga yang pernah ditawarkan di pelelangan. Penawaran untuk lelang lot online khusus tunggal dimulai Rabu kemarin dan berlangsung hingga 26 Juni. 

        Selain sebagai sepatu karya pertama Bowerman, pada 1971 saat Nike baru mengudara sepatu ini menjadi karya asli dan inovasi pertama perusahaan dalam mendulang merek miliaran dolar.

        Sebelumnya, Bowerman bermitra dengan Phil Knight pada tahun 1964 untuk memulai Blue Ribbon Sports. Namun, mereka ganti nama menjadi Nike pada tahun 1971.

        Bulan lalu, rumah lelang Sotheby telah menjual sepasang Air Jordan 1 karya Michael Jordan dari musim rookie-nya seharga USD560 ribu (Rp7,9 miliar).

        "Kami merasa satu-satunya cara yang tepat meningkatkan penjualan sepatu dengan harga yang istimewa adalah dengan menawarkan sesuatu yang istimewa juga. Seperti berbicara sejarah dan warisan Nike," ujar Brahm Wachter, Direktur Pengembangan eCommerce Sotheby.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Fajria Anindya Utami
        Editor: Fajria Anindya Utami

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: