Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Alert! Dua Hari Berturut-Turut, Harga Minyak Dunia Amblas Semakin Dalam!

        Alert! Dua Hari Berturut-Turut, Harga Minyak Dunia Amblas Semakin Dalam! Kredit Foto: Reuters/Christian Hartmann
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Harga minyak dunia kembali tergelincir hingga lebih dari 5% pada Kamis (25/06/2020). Semakin amblasnya harga minyak dunia dipengaruhi oleh rekor persediaan minyak mentah AS yang tinggi. Selain itu, kekhawatiran atas peningkatan kasus Covid-19 yang semakin tinggi turut menghambat permintaan bahan bakar.

        Baca Juga: Takjub! Rupiah Perkasa Walau Ekonomi Global Terancam Bakal Makin Nestapa!

        Dilansir dari Reuters, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS turun 26 sen atau 0,7%, menjadi U$37,75 per barel pada hari ini, di mana  pada Rabu kemarin sudah turun U$2,36. Minyak mentah berjangka Brent juga ikut turun sebesar 30 sen atau 0,7% menjadi U$40,01 per barel setelah jatuh U$2,32 pada hari Rabu. 

        Baca Juga: Ekonomi Global Diprediksi Makin Anjlok, Emas Global dan Emas Antam Langsung Tekor!

        Sehari sebelumnya, kontrak patokan mencapai harga tertinggi sejak awal Maret, tepat sebelum pandemi lockdown dan perang harga Saudi-Rusia menghantam pasar. Aksi jual Rabu terjadi setelah data pemerintah AS menunjukkan stok minyak mentah naik 1,4 juta barel, mendorong persediaan ke rekor tertinggi untuk minggu ketiga berturut-turut minggu lalu.

        Meskipun begitu, para analis menilai bahwa penurunan ini sebagian besar disebabkan oleh armada kargo Saudi yang dipesan oleh penyuling AS ketika harga merosot di bulan Maret. Pengiriman tersebut diklaim akan segera mereda. 

        Kekhawatiran tentang gelombang kedua kasus Covid-19 di beberapa negara bagian AS, di mana penguncian telah mereda, dan penyebaran infeksi yang cepat di Amerika Selatan dan Asia Selatan diperkirakan akan menutup permintaan bahan bakar, kata pengamat pasar.

        Baca Juga: Mesir Temukan Ladang Minyak Mentah Baru di Teluk Suez, 2.000 Barel per Hari

        "Tren terbaru di sana tidak menggembirakan," kata kepala riset komoditas National Australia Bank, Lachlan Shaw.

        Kekhawatirannya adalah bahwa bahkan jika penguncian dikurangi, orang akan tetap di rumah karena risiko kesehatan yang dirasakan. Sementara itu, Stephen Innes yang berprofesi sebagai ahli strategi pasar di AxiCorp mengatakan bahwa data mobilitas dari Google menunjukkan mengemudi di Texas, Florida dan sampai batas tertentu California datar.

        Dalam pengingat lain dari masalah permintaan bahan bakar, maskapai utama Australia, Qantas Airways, mengatakan pada hari Kamis bahwa pihaknya memperkirakan sedikit kebangkitan dalam perjalanan internasional sampai setidaknya Juli 2021, karena memangkas seperlima dari tenaga kerjanya dan menerbangkan 100 pesawat.

        "Ini menyoroti kenyataan bahwa kita berbicara bertahun-tahun sebelum penerbangan internasional pulih, mungkin tiga hingga empat tahun," kata Shaw.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Lestari Ningsih
        Editor: Lestari Ningsih

        Bagikan Artikel: