Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Berkah Covid-19, Pelanggan Baru First Media Bertambah 40%

        Berkah Covid-19, Pelanggan Baru First Media Bertambah 40% Kredit Foto: Unsplash
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Selama masa pandemi Covid-19, potensi industri fixed broadband internet di Indonesia masih besar. Secara bisnis, PT Link Net Tbk dengan brand First Media mengalami peningkatan. Perusahaan pun optimis bakal bertumbuh meski ekonomi dan bisnis di tengah ketidakpastian.

        Penerapan social atau physhical distancing serta work from home (WFH) menuntut masyarakat akan kebutuhan konten digital dan akses layanan internet. Hal ini memengaruhi layanan First Media yang mengalami kenaikan trafik internet sekitar 47%, dan peningkatan jumlah pelanggan sebesar 40% pada pertengahan Maret hingga Mei 2020, dibandingkan dengan periode sebelum WFH.

        Berdasarkan pencatatan kuartal I-2020, First Media telah menambahkan 73.629 home passed dan total menjadi 2,54 juta home passed. Di periode yang sama, peningkatan juga terjadi pada jumlah pelanggan baru yang naik 31.757. Sehingga total menjadi 699.962 pelanggan; 32% pelanggan baru berasal dari Batam, Semarang, Medan, Solo, Bali, dan kota lainnya.

        Baca Juga: Telkom Group Bangun Data Center Standar Internasional

        Hingga akhir Mei 2020, total penambahan pelanggan tercatat sebanyak 75.274, melampui penambahan pelanggan sepanjang 2019 (73.498), dan total pelanggan menjadi 743.479.

        Covid-19 menjadi game changer di 2020 dan mendorong percepatan tranformasi digital dari perubahan perilaku masyarakat yang kini semakin dituntun untuk beradaptasi dengan aktivitas berbasis teknologi digital.

        Menghadapi ini, First Media memiliki empat fokus utama, yakni Service Quality, Business Continuity Plan, Corporate Social Responsibility (CSR), dan dukungan untuk tetap produktif selama WFH dan online learning.

        Victor Indajang, Deputy CEO dan Chief Operations Officer PT Link Net Tbk di acara Virtual Media Update pada Rabu (8/7), mengatakan bahwa First Media berkomitmen untuk menjaga service quality. Saat ini sangat dibutuhkan koneksi yang stabil untuk mendukung aktivitas bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah.

        "Kami juga menyadari First Media adalah bagian dari komunitas. Kami juga bertanggung jawab untuk membantu melawan Covid-19 melalui kegiatan yang memberikan dampak sosial. Kami juga melakukan terobosan baru yang diharapkan dapat menambah kenyamanan pelanggan selama berada di rumah," ujar Victor dalam siaran pers yang diterima Warta Ekonomi, Jumat (10/7/2020).

        Agung Satya Wiguna, Enterprise Sales Director PT Link Net Tbk menambahkan, dari sisi layanan segmen korporasi–First Media Business, kebijakan WFH berdampak terhadap berkurangnya aktivitas di perkantoran yang mempengaruhi bandwidth consumption.

        Pada pertengahan Maret permintaan menurun. Namun, setelah memasuki masa transisi PSBB di Juni, permintaan kembali naik. Saat ini First Media Business berfokus pada penyediaan layanan internet bagi korporasi seperti sektor pemerintahan dan keuangan.

        "Kami menghadirkan tiga produk, yaitu First Klaz yang merupakan online learning platform, Thermal Screening System, dan Cisco Webex untuk video conferencing solution. Kami juga menghadirkan program Corporate Individual Scheme (CIS) dengan memberikan gratis layanan First Media selama tiga bulan, untuk mendukung klien kami memastikan karyawannya tetap produktif selama di rumah," jelas Agung.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Agus Aryanto
        Editor: Rosmayanti

        Bagikan Artikel: