Merebaknya pandemi Covid-19 melambatkan perekonomian hampir semua negara di dunia, tak terkecuali Indonesia. Dari sejumlah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga imbauan physical distancing turut menyurutkan pertumbuhan bisnis di sektor industri yang terdampak, termasuk perusahaan pembiayaan.
Para pemilik bisnis dituntut untuk dapat beradaptasi dengan perubahan ini, salah satunya dengan mengoptimalkan teknologi digital. Di tengah kondisi saat ini, teknologi digital diharapkan menunjang kelangsungan kegiatan operasional usaha, serta mengantisipasi perubahan yang dibutuhkan bisnis, serta mampu meningkatkan komunikasi perusahaan dengan masyarakat.
Hal inilah yang juga dilakukan BAF sejak 2017. Digitalisasi yang dilakukan melalui pengembangan omni channel untuk merespons tantangan dan menjaga keberlangsungan bisnis BAF, terlebih pada masa pandemi seperti ini.
Baca Juga: Hingga Kini BAF Sudah Setujui Keringanan Angsuran 200 Ribu Konsumennya
BAF memperluas customer touchpoints, salah satunya dengan memberikan solusi pelayanan secara digital melalui aplikasi BAF Mobile yang dapat diunduh melalui Google Play Store dan App Store. Aplikasi ini mempermudah konsumen setia BAF maupun calon konsumen mendapatkan informasi serta melakukan aktivitas terkait kebutuhan finansial mereka kapan pun dan di mana pun.
Hanya dengan melakukan registrasi menggunakan nomor telepon yang aktif, konsumen dapat melihat status pengajuan pembiayaan mereka di BAF, di antaranya nomor kontrak kredit, nominal angsuran, tanggal jatuh tempo, status pembayaran, serta dapat mengajukan pengambilan BPKB.
Tak hanya itu, konsumen juga bisa melakukan pengajuan secara online dari BAF Mobile untuk mendapatkan produk atau barang impian konsumen, yakni pembiayaan motor baru Yamaha, mobil, elektronik, gawai, dan perlengkapan rumah tangga, serta dana syariah.
Keunggulan lain BAF Mobile, yaitu adanya simulasi pembiayaan untuk memudahkan konsumen dalam menentukan down payment (DP) serta besaran angsuran. Di kondisi yang mengharuskan kita tetap menjaga jarak dengan orang lain seperti saat ini, pembayaran angsuran semakin prakstis karena BAF Mobile memungkinkan konsumen untuk melakukan pembayaran secara online melalui e-commerce seperti Tokopedia dan Bukalapak, dan merchant-merchant lainnya yang sudah bekerja sama dengan BAF.
BAF juga mengembangkan platform website (www.baf.id) dengan beragam fitur yang tersedia, serta media sosial resmi (Instagram, Facebook, dan YouTube), dan layanan pesan seperti Official BAF WhatsApp Business di nomor 08118018873, Official Account LINE @baf.indonesia dan Facebook Messenger untuk mempermudah konsumen mendapatkan segala kebutuhannya dalam satu platform melalui media digital, seperti informasi produk dan program promosi yang ada di BAF. Dengan kata lain, kemajuan teknologi dimanfaatkan agar tidak ada pembatas antara konsumen dan perusahaan.
BAF juga melakukan ekspansi digital dengan menghadirkan chatbot modern. Santi, sebagai personal virtual assistance yang diusung BAF, akan menyapa konsumen melalui Official Account LINE @baf.indonesia, Official BAF WhatsApp Business Account (08118018873), Facebook Messenger, dan Website BAF.
Santi akan bertugas untuk melayani pelanggan mengenai informasi tentang BAF dari alamat kantor cabang terdekat, detail kontrak konsumen, informasi perpanjangan STNK/BPKB hingga membantu konsumen melakukan pengajuan online secara real time.
Inisiatif transformasi digital juga dilakukan dengan perluasan strategic partnership dengan perusahaan digital yang bermain di leads generator dan major marketplace. Berbagai terobosan dan inovasi terbaik yang dilakukan membuahkan apresiasi dari pihak ketiga di antaranya Indonesia Digital Popular Brand Award (Infobrand), Top Digital Innovation Award (Warta Ekonomi), Infobank Digital Brand Awards (Majalah Infobank), Social Media Award (Majalah Marketing), dan Marketeers Editor’s Choice Award Service of The Year "BAF Mobile" (Marketeers).
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Rosmayanti
Tag Terkait: