Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Pekan Pertama Agustus 2020, Inflasi Diperkirakan 0,01%

        Pekan Pertama Agustus 2020, Inflasi Diperkirakan 0,01% Kredit Foto: Antara/Aprillio Akbar
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Survei Pemantauan Harga yang dilakukan Bank Indonesia (BI) pada minggu I Agustus 2020, menunjukkan inflasi diperkirakan sebesar 0,01% (mtm).

        "Dengan perkembangan tersebut, perkiraan inflasi Agustus 2020 secara tahun kalender sebesar 0,99% (ytd), dan secara tahunan sebesar 1,39% (yoy)," kata Kepala Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko di Jakarta, Jumat (7/8/2020).

        Lebih jauh, Onny mengatakan, penyumbang utama inflasi pada periode laporan, antara lain berasal dari komoditas emas perhiasan sebesar 0,09% (mtm), cabai merah sebesar 0,03% (mtm), minyak goreng, ikan kembung, dan cabai rawit masing-masing sebesar 0,01% (mtm).

        Baca Juga: Sia-sia, Pemulihan Ekonomi Sia-sia Tanpa Adanya...

        Baca Juga: Depresi Besar Bisa Terulang, Indikatornya Sudah Terlihat

        "Sementara itu, komoditas yang menyumbang deflasi yaitu daging ayam ras sebesar -0,11% (mtm), bawang merah sebesar -0,06% (mtm), telur ayam ras dan jeruk masing-masing sebesar -0,02% (mtm), dan tomat sebesar -0,01% (mtm)," tambahnya.

        Ke depan BI akan terus memperkuat koordinasi dengan pemerintah dan otoritas terkait untuk memantau secara cermat dinamika penyebaran Covid-19 dan dampaknya terhadap perekonomian dan inflasi Indonesia dari waktu ke waktu, serta langkah-langkah koordinasi kebijakan lanjutan yang perlu ditempuh untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap baik dan berdaya tahan.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Fajar Sulaiman
        Editor: Rosmayanti

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: