Pengguna smartphone di Indonesia tiap tahunnya terus meningkat, bahkan Indonesia sendiri masuk 5 besar negara pengguna smartphone saat ini. Untuk merebut pasar ini, beberapa produsen gawai terus berlomba mengeluarkan beberapa varian baru dan fitur lengkap plus harga terkangkau.
Walaupun demikian, pangsa pasar ponsel di beberapa negara termasuk Indonesia mengalami naik-turun sejak wabah Covid -19 mendunia.
Regional Manager Surabaya City, Rudi Tao mengakui bahwa selama pandemi Covid-19 pangsa pasar smartphone kelas middle up atau menengah ke atas mengalami penurunan sekitar 20 persen hingga 26 persen.
Baca Juga: Baru Rilis 3 Menit, 100 Unit Oppo Reno 4 Langsung Ludes
Namun, sejak Juli 2020 lalu pasar di kelas tersebut sedikit demi sedikit mulai bangkit dari keterpurukan setelah terimbas pemberlakuan kebijakan terkait pencegahan Covid-19.
"Pasar smartphone di harga Rp 4-5 jutaan peluangnya memang belum terlalu besar sekarang dan masih didominasi brand tertentu, tapi sekitar 30 persen market yang bisa kita ambil dengan produk Oppo Reno 4 ini," terang Rudi di sela kegiatan First Sale Event Oppo Reno 4 di Pakuwon Mall Surabaya, Sabtu (15/8/2020) sore.
Dikatakan Rudi, pihaknya (Oppo) tak menyia-nyiakan peluang dan segera memanfaatkan momen kebangkitan kembali pasar smartphone di segmen menengah dengan menggenjot pemasaran produk terbarunya selama pemeraran berlangsung dan menargetkan 30 persen pangsa pasar kelas middle up di Surabaya hingga akhir tahun ini.
"Untuk pasar Surabaya kita sediakan sekitar 3.000 unit, belum open selling sudah habis. Targetnya adalah mereka yang berusia 25-35 tahun. Anak muda yang suka explore," papar Rudi.
Terkait bangkitnya pasar smartphone di saat pandemi Covid-19, Pemilik Apollo, Irwan Harianto mengungkapkan bahwa pasar gadget di kelas menengah ke atas di harga Rp5 juta-an belakangan mengalami kenaikan signifikan, yakni antara 60 persen hingga 70 persen.
Kenaikan permintaan pasar itu di antaranya disumbang oleh konsumsi pendidikan, terutama terkait dengan pola pengajaran sistem daring untuk anak sekolah berbasis online.
"Jadi momen yang pas juga buat Oppo meluncurkan produk baru saat pandemi ini. Ada optimisme bila penjualan Reno 4 bisa mengungguli pendahulunya, naik dua kali lipat dari Reno 3. Dan, kontribusi Surabaya pun ditarget menyumbang sekitar 12 persen secara nasional atau di bawah Jakarta sekitar 30 persen," ujar Irwan di Surabaya, Minggu (16/8/2020).
Disinggung strategi bisnis saat pandemi Covid-19, secara tegas Irawan mengatakan, pihaknya terus melakakukan upaya penjualan gadget secara online dan offline saat ini. Penjualan offline misalkan, Irwan mengatakan Apollo mengikuti dan memanfaatkan pameran gadget yang digelar berbagai wilayah Jatim, termasuk Surabaya yang digelar Oppo saat ini.
"Selama pameran yang digelar sejak hari ini sampai 10 hari ke depan, dalam sehari kita targetkan ada penjualan 10 unit," pungkas Irwan.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Rosmayanti
Tag Terkait: