Platform e-commerce Tokopedia kebanjiran mitra UMKM selama masa pandemi Covid-19. Perusahaan mengaku mengalami penambahan mitra hingga 2 juta.
"Sejak awal tahun, ada kenaikan 1,8 sampai 2 juta penjual," kata VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak, Selasa (8/9/2020).
Baca Juga: Tokopedia, CCFI, dan ASPPUK Dorong Perempuan Terjun ke UMKM
Menurut Nuraini, sudah ada hampir 9 juta penjual di Tokopedia yang hampir 100% UMKM, bahkan 94%-nya berskala ultra mikro.
Di saat pandemi, Nuraini menyebut fashion mengalami penurunan dan juga kenaikan. Pada fashion pesta terdapat penurunan, sedangkan pada fashion rumahan terjadi kenaikan.
"Paling baju dipakai di rumah, baju sehari-hari, ini yang banyak terjual," katanya.
Adapun produk lainnya yang turut naik yakni produk dekorasi rumah dan snack. Menurutnya, ini juga akibat dari PSBB yang berkelanjutan sehingga tren produk snack dan dekorasi rumah ikut naik.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Bernadinus Adi Pramudita
Editor: Puri Mei Setyaningrum