Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Vaksin Covid-19 Gratis Siap Menunggu Semua Warga Amerika

        Vaksin Covid-19 Gratis Siap Menunggu Semua Warga Amerika Kredit Foto: IStockPhoto/Manjurul
        Warta Ekonomi, Washington -

        Beberapa waktu lalu telah viral ungkapan dari Pendiri Microsoft Bill Gates tentang vaksin Covid-19 yang ada di Amerika Serikat.

        Pria berusia 64 tahun tersebut yakin vaksin Covid-19 yang tersedia pada tahun 2021 nanti belum tentu bisa digunakan oleh semua orang.

        Baca Juga: Bill Gates Ungkap Kemungkinan Terbaik dari Perkembangan Vaksin Corona, Apa Katanya?

        Ini karena vaksin Covid-19 hanya akan tersedia bagi mereka yang memiliki penghasilan besar saja.

        Tapi nampaknya hal itu akan terbantahkan oleh kebijakan pemerintah federal Amerika Serikat yang baru saja dibuat belakangan waktu ini.

        Dikutip dari Al-Jazeera, Amerika Serikat saat ini sedang membuat garis besar rencana untuk menggratiskan vaksin Covid-19 pada semua warga.

        Nantinya vaksin-vaksin tersebut akan tersedia bagi seluruh warga Amerika Serikat dan mereka tidak harus dipunggut biaya untuk menggunakan obat tersebut.

        Rencana ini dibuat oleh Badan Kesehatan Federal Amerika Serikat dan juga Departemen Pertahanan AS.

        Meskipun rumit, ada 4 poin utama dari hal yang didiskusikan oleh kedua pihak tersebut terkait penyediaan vaksin Covid-19 gratis di sana.

        Poin tersebut antara lain:

        1. Untuk kebanyakan vaksin, masyarakat membutuhkan dua dosis dengan jarak 21 sampai 28 hari. Vaksin ini harus berasal dari pembuat obat yang sama. Meskipun begitu vaksin akan tersedia dari beberapa produsen berbeda yang telah disetujui.

        2. Vaksinasi di Amerika Serikat tidak akan dilakukan secara cepat melainkan secara maraton. Karena hanya tersedia vaksin dalam jumlah terbatas, fokus dari vaksin akan melindungi kelompok rentan seperti pekerja kesehatan, karyawan penting, ataupun grup yang sudah rentan (lansia misalnya).

        3. Vaksin tidak akan dikenakan biaya dan pasien tidak akan dimintai uang untuk proses administrasi dari penggunaannya. Terima kasih pada miliaran dolar pendanaan yang berasal dari pembayaran pajak negara.

        4. Negara bagian dan juga komunitas lokal perlu menyusun rencana yang tepat untuk menerima dan mendistribusikan vaksin secara lokal yang mana beberapa diantaranya perlu perlakuan khusus (seperti pendinginan, atau pembekuan).

        Meskipun masih harus dibahas lebih lanjut, rencana dari Amerika Serikat ini bisa dibilang sangat mungkin terselenggara di masa depan.

        Segala usaha ini dipayungi oleh satu payung bernama Operation Warp Speed dimana pemerintah sebisa mungkin berusaha untuk menyediakan vaksin Covid-19 pada warga Amerika Serikat disaat genting seperti ini.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: