Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        KAI Gandeng BlueBird Fasilitasi Angkutan Lanjutan

        KAI Gandeng BlueBird Fasilitasi Angkutan Lanjutan Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo, menyampaikan bahwa PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menggandeng PT Blue Bird Tbk untuk memfasilitasi layanan Last Mile atau transportasi lanjutan bagi penumpang kereta api jarak jauh dan barang.

        "Inovasi ini kami tujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan KAI. Integrasi layanan pada aplikasi KAI Access dan Rail Express ini sebagai upaya KAI untuk membentuk suatu ekosistem transportasi secara menyeluruh," ujar Didiek dalam keterangannya, Rabu (16/9/2020).

        Baca Juga: Wih Keren! Bali Bakalan Punya Kereta Api Tanpa Rel

        Sebagai tahap awal, jangkauan dari kolaborasi di kedua layanan ini akan diimplementasikan di Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya sebelum ke seluruh kota layanan operasional KAI dan Bluebird.

        Didiek menjelaskan, pengembangan aplikasi dan layanan ini untuk mendukung bisnis KAI yang ke depannya fokus pada transformasi digital. Dengan integrasi layanan antara kedua belah pihak, KAI menawarkan aksesibilitas ekstra bagi para pelanggan yang menggunakan aplikasi KAI Access.

        Pelanggan akan mendapatkan pilihan untuk memesan layanan taksi Blue Bird pada aplikasi tersebut. Dengan demikian, fitur ini memberikan kepastian dan kenyamanan lebih bagi penumpang untuk melakukan perjalanan hingga tujuan akhirnya.

        Ke depannya, layanan ini akan dikembangkan juga untuk melayani kebutuhan layanan taksi penumpang untuk melakukan perjalanan dari lokasi penjemputan awal menuju ke stasiun keberangkatan.

        Multi channel booking Blue Bird di KAI Access mencakup wilayah Jakarta (Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen), Bandung (Stasiun Bandung), Semarang (Stasiun Semarang Tawang) dan Surabaya (Stasiun Surabaya Pasar Turi dan Stasiun Surabaya Gubeng).

        Ia juga mengatakan bahwa kerja sama dengan Blue Bird akan menawarkan kemudahan ekstra kepada pelanggan yang menggunakan layanan Rail Express untuk mengirim barang. Saat mengantarkan barang ke loket Rail Express stasiun keberangkatan, pelanggan akan mendapatkan pilihan layanan pengantaran barang dari stasiun tujuan langsung ke alamat akhir pengiriman dengan armada Blue Bird.

        "Hal ini memudahkan karena penerima barang tidak perlu repot-repot datang ke stasiun untuk mengambil barang. Cukup tunggu di rumah dan barang akan diantarkan oleh armada Blue Bird sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga," kata Didiek.

        Pada tahap awal, layanan logistik dari KAI dan Blue Bird melayani untuk pengiriman dari Jakarta (Stasiun Jakarta Gudang dan Stasiun Pasar Senen) menuju wilayah Bandung (Stasiun Bandung dan Stasiun Kiaracondong), Semarang (Stasiun Semarang Tawang), dan Surabaya (Stasiun Surabaya Pasar Turi) dengan pembayaran dilakukan oleh pelanggan di loket Rail Express stasiun keberangkatan.

        "Dengan peningkatan integrasi antarmoda di stasiun, diharapkan dapat makin meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan transportasi umum dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat," ujar Didiek.

        Dalam kesempatan sama, Direktur Utama PT Blue Bird Tbk Noni Purnomo mengatakan bahwa kerja sama tersebut sejalan dengan visi perusahaan untuk mengedepankan integrasi antarmoda. "Kami melihat bahwa kerja sama ini merupakan sinergi sangat baik antara BUMN dan perusahaan swasta Indonesia dalam menghadirkan jaringan antarmoda yang saling terintegrasi guna turut serta memajukan industri transportasi Tanah Air," ujar Noni.

        Noni sembari berharap dalam waktu dekat kerja sama ini dapat dilanjutkan hingga layanan First Mile atau transportasi penjemputan awal.

        "Dengan posisi KAI sebagai layanan transportasi yang diandalkan oleh jutaan masyarakat yang tersebar di seluruh Indonesia, kami percaya akan potensi dari layanan Blue Bird yang tersebar di berbagai kota di Tanah Air. Kualitas dari armada dan pelayanan para pengemudi akan menjadikan Blue Bird sebagai penghubung tanpa kendala dari setiap perjalanan dengan KAI, serta memberikan pengalaman perjalanan yang nyaman, aman, dan terpercaya kepada setiap penumpang," ucap Noni.

        Untuk mendapatkan layanan multichannel booking Bluebird di KAI Access, pelanggan dapat mengunduh versi terbaru dari aplikasi KAI Access. Ketika melakukan pemesanan, pelanggan dapat langsung memesan taksi Blue Bird dari stasiun tujuan ke lokasi tujuan akhir di aplikasi KAI Access. Setelah perjalanan berakhir, pelanggan dapat melakukan pembayaran langsung kepada pengemudi sesuai argo yang terpampang di taksi.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Mochamad Rizky Fauzan
        Editor: Puri Mei Setyaningrum

        Bagikan Artikel: