Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Startup Ini Bikin Aplikasi Permudah Masyarakat Belanja Online dan Konten Islami

        Startup Ini Bikin Aplikasi Permudah Masyarakat Belanja Online dan Konten Islami Kredit Foto: Dok. Smart Speaker
        Warta Ekonomi, Bandung -

        Tingginya angka penyebaran Covid-19 di Indonesia membuat masyarakat kembali terbatas untuk beraktivitas di luar rumah. Di tengah pemberlakuan kembali PSBB dan new normal, UMG Idealab, bengkel teknologi 4.0 besutan Kiwi Aliwarga terus berinovasi dengan menghadirkan ragam inovasi teknologi terbaru agar masyarakat betah beraktivitas #DiRumahAja. Lewat dua startupnya, Widya Wicara dan Svara, fitur yang ditonjolkan mulai dari konten hiburan hingga reliji.

        Saat ini, Widya Wicara memudahkan pengguna dengan kemudahan mengakses berbagai gerai Alfamart di seluruh Indonesia. Melalui keunggulan smart speaker berbahasa Indonesia berbasis Artificial Intelligence (AI) dan dan Neutral Language Processing (NLP), Widya Wicara dapat diaktifkan dan mengakomodasi keperluan barang yang ingin dibeli pengguna. Baca Juga: Lewat Workshop, CTI Group Bahas Kiat dan Bekal Digital Hadapi New Normal

        "Jika pengguna membutuhkan sabun, cukup dengan memberikan komando suara, “Hai Widya, belikan saya sabun mandi,” disertai spesifik merek sabun. Maka, gerai Alfamart terdekat akan merespon dan mengantar keperluan belanja ke lokasi pengguna," ujar CEO Widya Wicara Benjamin Arianto Abimanyu, kepada wartawan di Bandung, Senin (28/9/2020).

        Tidak hanya itu, Widya Wicara juga menyediakan konten reliji bagi umat Islam, antara lain informasi penanggalan Hijriah, pengingat puasa, imsak, dan berbuka, rangkaian kisah nabi, hingga membaca Alquran dan terjemahan. Pengguna cukup menyebut nama surat atau nomor surat Alquran yang ingin didengar, Widya Wicara akan langsung memutar surat yang dimaksud.

        “Keunggulan Widya Wicara adalah konten dan lokalisasi sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia. Saat ini misalnya, dengan kondisi pandemi kami hadirkan konten Islami. Kami yakini di masa pandemi, masyarakat lebih ingin mendekatkan diri ke Tuhan dan keluarga. Sementara, tingginya angka belanja masyarakat via online kami respon melalui kerja sama dengan Alfamart, yang kemudian kami kawinkan dengan teknologi komando suara. Tentunya hal ini semakin memudahkan masyarakat dalam berbelanja kebutuhannya,” jelasnya

        Sementara itu, fitur di Svara, platform broadcaster, media, dan komunitas juga tidak kalah menariknya. Svara bekerja sama dengan lebih dari 100 radio di Indonesia dalam menyajikan digital radio streaming. Selain memiliki layanan streaming, Svara juga menyediakan fitur broadcast. Fitur ini telah dimanfaatkan oleh beberapa kampus dan sekolah di Bandung sebagai media broadcast materi pelajaran dari guru atau dosen ke siswa.

        “Kami juga menjangkau desa - desa, karang taruna, dan pos warga. Kami sediakan tool penyiaran sehingga masyarakat yang minim jangkauan teknologi dapat merasakan sensasi asyiknya siaran menggunakan platform Svara,” kata CEO Svara Farid Fadhil Habibi.

        Selain di smart speaker Widya Wicara, Svara juga bisa diintegrasikan di smart TV dan connected car, sehingga pengguna punya banyak pilihan menikmasi ragam konten yang disediakan Svara.

        Adapun, Founder UMG Idealab Kiwi Aliwarga, UMG Idealab akan terus berinovasi mendukung pemerintah agar pandemi lekas berakhir.

        “Penting bagi semua pihak untuk berkontribusi. UMG Idealab sebagai pusat inovasi teknologi 4.0 turut berkontribusi melalui berbagai teknologi agar masyarakat semakin nyaman selama di rumah saja,” pungkasnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Rahmat Saepulloh
        Editor: Vicky Fadil

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: