Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Apa Itu Link Building?

        Apa Itu Link Building? Kredit Foto: Unsplash/Marvin Meyer
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Link building adalah aspek penting dari penerapan strategi SEO. Anda dapat membuat konten yang sempurna, tetapi jika mesin pencarian tidak mendapatkan akses link ke sana, kemungkinan besar mesin pencarian akan menghabiskan waktunya dengan sia-sia sehingga akan menunda pengguna untuk mengunjungi situs Anda. 

        Agar Google dapat menemukan posting-an Anda, diperlukan link dari situs lain. Semakin banyak link, semakin baik. Namun perlu diingat, kualitas dari sebuah link itu penting. Tidak setiap link bernilai sama. Anda perlu memahami seputar link building untuk keberhasilan penggunaan strategi SEO Anda. Untuk itu, simak artikel berikut ini.

        Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Praktik Black Hat SEO

        Pengertian dari Link Building

        Sebelum mempelajari lebih dalam mengenai apa itu link building, Anda perlu memahami arti dari kata 'link'. Sederhananya, link, tautan, atau hyperlink, adalah sebuah koneksi antara dua halaman di internet.

        Dengan link, Anda dapat mengarahkan pengguna ke halaman, posting-an, gambar, atau objek lain di internet. Dengan adanya link, Anda dapat dengan mudah 'bepergian' dari satu lokasi web ke lokasi lain.

        Link juga dapat membantu mesin pencari bekerja dengan baik. Robot mesin pencari akan mengikuti link yang telah dibuat untuk menemukan halaman situs di internet. Ini disebut sebagai crawling. Agar robot mesin pencari dapat menemukan situs web, Anda memerlukan setidaknya satu hyperlink dari situs web yang sudah di-crawling. Saat Anda meluncurkan situs web, pastikan untuk mendapatkan link.

        Pengertian dari link building adalah sebuah upaya pemasaran untuk mendapatkan link atau tautan dari situs lain ke situs Anda. Ini dipandang sebagai salah satu cara yang paling ampuh untuk mencapai peringkat yang lebih tinggi di halaman mesin telusur.

        Jika banyak link berkualitas tinggi mengarah ke laman tertentu, mesin telusur akan menganggapnya sebagai artikel yang populer atau bernilai, oleh karena itu, peringkatnya akan lebih tinggi.

        Ada banyak teknik untuk melakukan link building yang memiliki tingkat kesulitan yang bervariasi. Banyak pemasar yang setuju bahwa melakukan link building adalah salah satu bagian tersulit dari pekerjaan mereka. Oleh karena itu, jika Anda dapat menguasai seni dalam melakukan link building, hal itu dapat membuat Anda selangkah lebih maju dari pesaing bisnis Anda.

        Tujuan dari melakukan kampanye link building adalah untuk meningkatkan trafik pencarian di mesin pencari, meskipun link tersebut diperoleh dari situs populer (seperti surat kabar) yang dapat menjadi sumber rujukan trafik yang sangat baik. Terdapat penelitian yang menemukan bahwa popularitas penggunaan link (jumlah link masuk ke situs atau halaman) memiliki korelasi tinggi dengan peringkat di Google.

        Manfaat Menggunakan Link Building

        Link building adalah strategi jangka panjang yang dirancang untuk meningkatkan trafik kunjungan ke situs web sekaligus meningkatkan reputasi bisnis Anda, semuanya melalui penggunaan link eksternal yang mengarah kembali ke domain Anda.

        Semua pendekatan dan taktik yang akan dibahas dalam panduan ini memiliki tujuan dasar yang sama, yaitu mendapatkan lebih banyak link yang kuat di situs lain yang akan mengarah ke laman situs Anda. Berikut adalah sejumlah manfaat menggunakan strategi link building bagi bisnis online Anda:

        1. Mendapatkan visibilitas pada situs dan konten bisnis

        Jika Anda membuat lebih banyak link pada sumber yang produktif akan berdampak pada meningkatnya visibilitas situs bisnis di kalangan pengguna internet. Hal itu mungkin tidak akan menjadi masalah yang besar, tetapi itu bisa berdampak bagi bisnis Anda dikemudian hari.

        Jika Anda meningkatkan visibilitas konten di internet dengan menerbitkan karya Anda di berbagai sumber, Anda dapat memeroleh akses pemasaran yang lebih luas dan lebih beragam sehingga bisa meningkatkan jangkauan pasar brand Anda. Bahkan pembaca yang sedang mengonsumsi sebuah konten sesegera mungkin akan mulai terbiasa dengan brand Anda secara sepintas, yang nantinya akan menghasilkan lebih banyak trafik dan konversi.

        2. Mendapatkan rujukan trafik

        Salah satu manfaat terbesar dari link building adalah menghasilkan rujukan trafik yang mengacu pada setiap pembaca saat mengklik dan masuk ke situs Anda. Situs web Anda adalah tempat terjadinya konversi, jadi semakin banyak pengguna yang datang ke situs, semakin banyak pendapatan yang akan Anda terima.

        Pemilihan dan penempatan kata yang berbeda dapat memengaruhi rasio klik-tayang Anda, tetapi faktor terbesar di sini adalah seberapa populer konten Anda di internet. Jika situs Anda bisa ditayangkan dengan perolehan jutaan klik per hari dapat menghasilkan ratusan atau bahkan ribuan pengguna baru ke situs Anda.

        Seiring berjalannya waktu, Anda akan mempelajari faktor apa saja yang menghasilkan rujukan trafik yang paling banyak, dan platform mana yang menghasilkan laba tertinggi atas upaya pemasarn Anda sehingga memberikan Anda kesempatan untuk meningkatkan hasil dari waktu ke waktu.

        3. Search Engine Optimization (SEO)

        Strategi link building muncul sebagai sarana untuk meningkatkan peringkat dan visibilitas situs Anda di mesin pencari. Sederhananya, Google akan mempertimbangkan dua hal utama saat menarik sebuah situs untuk ditampilkan di halaman mesin pencari (SERP), yaitu relevansi halaman dengan kueri dan otoritas halaman tersebut.

        Hal ini akan menjadi tolak ukur berdasarkan jenis situs yang menautkan ke halaman tersebut, serta ke seluruh domain. Jadi sebagai aturan umum, semakin banyak link yang Anda hubungkan, semakin tinggi halaman situs Anda untuk mendapatkan peringkat teratas.

        Peringkat yang lebih tinggi berarti lebih banyak mendapatkan trafik dari mesin telusur, yang berarti lebih banyak peluang untuk melakukan konversi—dan Anda bahkan dapat mengontrol laman mana yang ingin Anda utamakan lebih berdasarkan jenis link yang Anda buat. Kampanye link building yang baik dapat dengan mudah melipatgandakan trafik penelusuran organik secara masif.

        4. Manfaat jangka panjang

        Keuntungan dalam menggunakan strategi link building yaitu memiliki manfaat jangka panjang bagi bisnis Anda. Ini tidak seperti teknik pemasaran tradisional lainnya, dimana Anda harus berinvestasi terus menerus dalam setiap kampanye bisnis.

        Memeroleh backlink membantu Anda untuk mendapatkan trafik yang konstan. Anda harus mengetahui arti dari link building dan prosesnya, serta setiap link yang dibangun untuk dikirimkan ke situs web yang lebih terkenal di masa mendatang.

        Beberapa Pedoman dalam Melakukan Link Building

        I. Cara Agar Situs Lain Dihubungkan ke Situs Anda

        Ada sejumlah strategi dalam link building yang digunakan untuk membuat situs web eksternal untuk dihubungkan ke situs Anda:

        • Pembuatan & Promosi Konten

        Buat konten yang menarik, unik, dan berkualitas tinggi secara alami untuk dirujuk dan ditautkan. Anda harus giat dalam promosi media sosial agar pengguna bisa menemukan konten Anda dan menautkannya.

        • Ulasan & Mention

        Tempatkan produk, layanan, atau situs Anda di antara influencer media sosial, seperti vlogger populer atau orang dengan banyak pengikut di media sosial.

        • Link dari Teman & Mitra

        Minta orang yang Anda kenal untuk segera menghubungkannya ke situs Anda. Ingatlah bahwa relevansi itu penting sehingga link yang berasal dari situs bisnis umum atau berkaitan dengan bisnis Anda akan memiliki nilai lebih daripada link dari situs acak dan tidak berkaitan sama sekali.

        Butuh waktu yang tidak sedikit untuk membangun banyak link, tetapi bersabarlah, dan ingat bahwa dengan mengambil jalan pintas seperti membeli link (black hat SEO) akan melanggar pedoman Google yang dapat merusak SEO Anda. Jadi, jangan ambil risiko.

        II. Buat Link Gratis dengan Menggunakan Internal Link Building

        Ada cara yang mudah untuk membangun link ke laman yang akan ditingkatkan peringkatnya di halaman mesin telusur, yaitu internal link building. Dalam upaya untuk membuat halaman situs menduduki peringkat teratas, ada beberapa faktor utama yang perlu diperhatikaan, antara lain:

        • Anchor Text

        Salah satu hal terpenting yang dipertimbangkan mesin pencari dalam menentukan peringkat halaman adalah teks otentik sebuah halaman penghubung situs yang berbicara mengenai konten Anda. 

        • Kualitas Halaman Link

        Faktor lain yang diperhitungkan adalah kualitas halaman yang mengirimkan link. Mesin pencari akan mengijinkan link dari halaman yang berkualitas tinggi dan tepercaya untuk menghitung lebih banyak dalam meningkatkan peringkat pencarian.

        • Tujuan Halaman Link

        Sering kali, ketika orang membicarakan situs Anda, mereka akan menautkan ke halaman beranda (home page). Hal ini akan menyulitkan halaman individu untuk mencapai peringkat teratas.

        Ini semua adalah elemen yang tidak dapat dikendalikan dalam upaya membuat situs lain dapat terhubung ke situs bisnis Anda. Namun, Anda dapat mengontrol semua elemen ini dengan menghubungkan konten ke halaman Anda sendiri. Kita dapat:

        • Menentukan teks link yang akan digunakan.

        • Menentukan halaman mana yang akan mengarahkan teks link tersebut.

        • Memastikan kualitas dan konten halaman yang akan dihubungkan bernilai tinggi. 

        Membangun link eksternal ke situs Anda itu penting, tetapi untuk lebih fokus pada pengoptimalan link internal ini, Anda dapat membangun inbound link yang memiliki anchor text ke halaman yang tepat sehingga akan memberi Anda peringkat teratas pada halaman mesin pencarian.

        III. Tips untuk Melakukan Link Building

        Jadi, apa yang Anda butuhkan untuk melakukan link bulding? Nah, Anda dapat menyiapkan beberapa alat untuk menghubungkan halaman Anda dengan cara berikut ini:

        • Melakukan Penelitian Kata Kunci untuk Link Building

        Pertama, Anda perlu menggunakan alat penelitian kata kunci untuk memiliki banyak kata kunci yang relevan dan populer.

        • Menetapkan Kata Kunci Tersebut ke Konten Anda  

        Selanjutnya, Anda harus mengelompokkan kata kunci Anda secara strategis dengan menciptakan arsitektur informasi yang ramah pencarian.

        • Hubungkan Halaman dengan Menggunakan Anchor Text Bertarget 

         Langkah terakhir adalah Anda perlu menggunakan kata kunci yang telah ditemukan menghubungkan ke konten tersebut.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
        Editor: Rosmayanti

        Bagikan Artikel: