Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Jaga Kepercayaan, Via.com Beri Respons Profesional Para Mitra dan Customer

        Jaga Kepercayaan, Via.com Beri Respons Profesional Para Mitra dan Customer Kredit Foto: Dok. Via.com
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Ketika PSBB bahkan lockdown suatu negara diberlakukan saat menyeruak pandemi COVID-19, sektor ekonomi menjadi yang paling terdampak. Bisnis pun merugi. Hal ini juga dialami oleh Via.com yang telah menghimpun dana dari para Mitra dan Customer. Tentu saja menjadi dilema. Di satu sisi, pengusaha ingin bisnisnya lancar tanpa merugi, sisi lain, Mitra dan Customer menginginkan refund

        Salah satu akibat pandemi yang cukup terlihat yakni pada penurunan volume penjualan tiket pesawat. Hal ini tentunya menjadi perhatian serius bagi Via.com Indonesia yang selama lebih dari 8 tahun telah bekerja sama dengan para Agen Perjalanan yang disebut dengan Mitra Via. Baca Juga: Angkasa Pura II Buka Pintu Penerbangan Indonesia-Singapura di Bandara Soetta

        Ticketing Manager Via.com Indonesia, Lina Tan menyampaikan, dalam menjalankan bisnis, Via berpegang kepada filosofi akan menghilangkan segala bentuk kerumitan dan mengutamakan kualitas serta keterjangkauan. Menurutnya dalam membangun bisnis tentunya membutuhkan mitra yang dapat dipercaya, dapat diandalkan, serta dapat memenuhi seluruh keinginan.  Baca Juga: Airport Tax Dihapus, Penumpang Pesawat di Bandara Angkasa Pura I Naik 29%

        Di masa-masa penuh tantangan ini, Tim Operasional Via.com, walau harus WFH, tetap berupaya memberikan layanan terbaik selama 24 jam setiap hari. Hasilnya, sebanyak lebih dari 70.000 (tujuh puluh ribu) permintaan domestic refund. Lebih dari 24.000 (dua puluh empat ribu) permintaan international refund. Lebih dari 14.000 (empat belas ribu) permintaan domestic reschedule. Lebih dari 9.500 (sembilan ribu lima ratus) permintaan international reschedule

        “Dan, lebih dari 22.000 (dua puluh dua ribu) pengembalian deposit, semuanya sukses diproses dengan baik,” ujar Lina, Rabu (28/10/2020).

        Direktur Via.com Indonesia Srinivas Murthy menambahkan, selain refund dan reschedule, kami pun sukses menyelenggarakan Webinar gratis bersama Maskapai, Virtual Tour ke Jepang serta Live Streaming dari Turki untuk para Mitra Via. Jepang dan Turki dipilih sebagai destinasi karena kedua negara ini terbukti sukses menjadikan budaya dan pariwisata sebagai identitas mereka. Kecintaan terhadap budaya dan pariwisata, direfleksikan dengan upaya nyata, kerja keras dan kreativitas. 

        “Hal ini diharapkan dapat menginspirasi seluruh Mitra Via dalam kegiatan serupa, dan yang terpenting dalam menjalankan kehidupan yang penuh tantangan seperti pada saat ini," ujar Direktur Via.com Indonesia Srinivas Murthy.

        Filosofi tersebut sangat disyukuri oleh para Mitra Via dan para pelanggan yang telah membuktikan filosofi dari layanan Via.com. Muhyidin, Mitra Via dari Risna Tour and Travel, Depok, Jawa Barat mengungkapkan, ketika pemberlakuan PSBB di Indonesia serta lockdown di banyak negara, kekhawatiran muncul karena sudah terlanjur deposit dalam jumlah besar ke via.com. 

        "Waktu itu, saya sempat dag...dig...dug, namun berbekal kepercayaan bahwa selama bermitra dengan Via, telah banyak terbantu dengan beragam kemudahan. Jika terkendala dengan masalah sulit sekalipun, hal tersebut menjadi sangat terbantu oleh adanya PIC serta Customer Care Via."

        Menurut Muhyidin, waktu mengajukan refund,  Tim Via.com meresponnya secara profesional. Proses refund berlangsung sangat mudah. Bisa dari rumah dengan mengandalkan gadget. Ketika ada reservasi refund yang pending, dari pihak PIC Via.com selalu membantu menindak lanjutinya. 

        "Saya terharu, dan mengucapkan terima kasih ke seluruh Management Via.com, sehingga kami pun juga jadi dapat memberikan pelayanan terbaik untuk para pelanggan,” kata Muhyidin bahagia. 

        Ke depannya, Muhyidin berharap kemitraannya bersama Via.com akan terus berkembang. “Saran saya, ketika melakukan pembayaran dengan credit card, hendaknya  dapat dinegosiasi kembali dengan pihak terkait, agar tidak ada tambahan persentasi biaya." 

        Sementara, Noni, Mitra Via dari Alaba Tour Travel, Gowa, Sulawesi Selatan mengungkapkan, sedih dan kecewa  manakala ada larangan berpergian, khususnya pada masa mudik Lebaran lalu. Padahal ada banyak jadwal perjalanan lainnya yang telah disusun terencana. 

        “Sempat khawatir jika uang yang sudah disetor ke Via.com akan sulit di-refund. Karena pengalaman saya, ketika dulu mengajukan permohonan refund ke perusahaan lain ternyata prosesnya berbelit-belit, dan harus terus di follow-up," kata Noni. 

        Namun permasalahannya tersebut dijawab oleh Tim Via.com dengan layanan paripurna yang mengutamakan kenyamanan dan kepraktisan. Selain memberikan informasi yang akurat dan terperinci terkait pengajuan refund, Tim Via.com juga bekerja secara profesional dan ramah layaknya seorang sahabat. 

        “Ini membuat saya selaku Mitra Via merasa senang dan terbantu," kata Noni. 

        Selain refund dan reschedule, event Webinar menambah wawasan saya dan para Mitra. Inspiratif dan bisa dijadikan acuan dalam berbisnis dan menjalani kehidupan di masa yang penuh tantangan pandemi ini.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Vicky Fadil

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: