Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Jadi Penghuni Baru Gedung Putih, Berapa Harta Kekayaan Asli Joe Biden?

        Jadi Penghuni Baru Gedung Putih, Berapa Harta Kekayaan Asli Joe Biden? Kredit Foto: Antara/REUTERS/Kevin Lamarque
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Joe Biden terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat (AS) berdasarkan hitung cepat. Di balik itu, dirinya mempunyai kekayaan yang cukup besar.

        Ketika Joe Biden masih menjadi mahasiswa di University of Delaware pada awal 1960-an, dia menghabiskan banyak waktu mengobrol dengan teman-teman di asramanya.

        Suatu hari dia mengajukan pertanyaan yakni kalian bisa dijamin setelah lulus pekerjaan di perusahaan DuPont, dengan gaji awal yang bagus dan pekerjaan seumur hidup, tetapi Anda tidak akan pernah menghasilkan lebih dari US$40.000 setahun (sekitar US$340.000 hari ini). Atau Anda dapat mengambil pekerjaan dengan setengah gaji, tanpa jaminan, tetapi tidak ada batasan untuk uang yang dapat Anda hasilkan. Yang mana yang akan kamu ambil?

        Baca Juga: Joe Biden, Si Anak Penjual Mobil Bekas yang Jadi Presiden

        Bagi Biden, jawabannya jelas. Dia memberi tahu teman-temannya bahwa dia lebih suka mengambil kesempatan. Lebih dari 50 tahun setelah percakapan di ruang asrama tersebut, Biden akhirnya melihat manfaat dari penghasilan tanpa batas.

        Melansir Forbes, Minggu (8/11/2020), pada catatan Forbes 2019, Biden (76) dan istrinya Jill memiliki kekayaan US$9 juta atau Rp127,89 miliar (kurs Rp14.210 per dolar). Kekayaan mereka termasuk dua rumah Delaware senilai US$4 juta gabungan, uang tunai dan investasi senilai US$4 juta atau lebih, dan pensiun federal senilai lebih dari US$1 juta.

        Ayah Biden, Joe Sr, dibesarkan dalam kehidupan yang istimewa, lengkap dengan pertandingan polo dan perjalanan berburu di Adirondacks, berkat karier yang menguntungkan dari ayahnya sendiri, Joseph, yang menjalankan sebuah divisi American Oil.

        Namun, ayah Biden gagal dalam usaha awal bisnisnya sendiri, yang mencakup kesepakatan real estat Boston dan usaha membersihkan hasil panen, membuat keluarganya 'bangkrut', menurut memoar Joe Biden tahun 2007, Promises to Keep: On Life and Politics. Keluarganya pindah ke sebuah apartemen di Wilmington, Delaware, ketika Joe Biden berusia 10 tahun. Ayahnya akhirnya mendapatkan pekerjaan menjual mobil.

        Biden masih berhasil menghadiri sekolah menengah swasta terdekat, menyelesaikan program studi kerja untuk membantu menutupi uang sekolah US$300 per tahun. Kemudian Biden mendapatkan gelar sarjana dari Universitas Delaware, diikuti dengan gelar sarjana hukum dari Universitas Syracuse.

        Setelah tahun pertama sekolah hukum, dia menikah, dan setelah lulus pada 1968 dia pindah kembali ke Wilmington bersama istrinya Neilia. Pasangan itu dengan cepat mengumpulkan dana untuk membeli tiga properti sewaan di daerah itu, dengan bantuan dari kedua pasangan orang tua. Biden bekerja sebagai pengacara di sebuah perusahaan lokal.

        Pada 1972, saat berusia 29 tahun, dia menjadi salah satu kandidat termuda yang pernah terpilih menjadi anggota Senat. Perayaan itu tidak berlangsung lama. Hanya beberapa minggu setelah pemilihan, istri dan bayi perempuan Biden meninggal dalam kecelakaan mobil.

        Putra Beau dan Hunter selamat dengan luka parah. Kakak perempuan Biden pindah untuk membantu merawat anak laki-laki, sementara Biden memulai kariernya selama lebih dari tiga dekade di Senat. Dia mulai dengan gaji US$42.500 setahun (sama dengan sekitar US$250.000 hari ini).

        Biden menikah lagi pada 1977 dengan istrinya saat ini, Jill. Setidaknya sejak 1998, tahun paling awal Biden merilis laporan pajaknya, sebagian besar pendapatan Bidens berasal dari gaji Senat dan gaji Jill sebagai profesor bahasa Inggris di perguruan tinggi.

        Mereka mendapatkan US$71.000 dalam royalti dan US$9.500 lainnya untuk "hak buku audio", tak lama setelah Random House menerbitkan memoar pertamanya, Promises to Keep. Ketika Biden meninggalkan kursi Senatnya pada 2009, gajinya adalah US$169.300 setahun. Pertunjukan barunya sebagai wakil presiden datang dengan kenaikan 30%.

        Pada 2014, Biden berbicara di acara Gedung Putih yang berpusat pada masalah yang dihadapi keluarga pekerja. Dia mencatat bahwa dia telah terdaftar sebagai "orang termiskin di Kongres". Mengenakan apa yang dia sebut sebagai "setelan yang agak mahal", dia menyatakan dengan jelas.

        "Jangan anggap saya bahwa saya tidak memiliki satu pun saham atau obligasi. Saya tidak punya rekening tabungan. Tapi saya mendapat pensiun yang besar, dan saya mendapat gaji yang bagus," kata dia.

        Itu tidak sepenuhnya benar. Pengungkapan keuangan Biden tahun itu menunjukkan bahwa dia memang memiliki rekening tabungan dengan setidaknya US$1.000, dan Jill memiliki dua sertifikat rekening deposito setidaknya US$50.000 masing-masing, serta beberapa ekuitas dan dana obligasi yang merupakan bagian dari rekening pensiunnya.

        Meski begitu, keuangan pribadi Biden tidak dalam kondisi yang baik. Pengungkapan yang sama juga mencantumkan kewajiban senilai setidaknya US$780.000. Sejak 1998, ketika Biden membangun rumahnya di Wilmington, dia sering membiayai kembali propertinya selama bertahun-tahun.

        Sebelum putra Biden, Beau, meninggal karena kanker otak pada 2015, wakil presiden mengatakan bahwa dia khawatir putranya harus mengundurkan diri dari pekerjaannya sebagai jaksa agung Delaware saat dia sakit, dan dia mempertimbangkan untuk menjual rumah Wilmington-nya untuk membantu putranya. Presiden Barack Obama melarang dia untuk menjual tempat itu, mengatakan dia secara pribadi akan meminjamkan uang kepadanya jika dia membutuhkannya.

        Ketika Biden mengakhiri masa jabatannya sebagai wakil presiden pada Januari 2017, dia mengajukan formulir pengungkapan keuangan lain, mencantumkan aset dan kewajiban bernilai antara negatif US$897.000 dan positif US$489.000. Namun selama 23 bulan berikutnya, keluarga Biden memperoleh lebih dari US$15 juta, menurut pengajuan pajak.

        Joe Biden mendapat US$1,8 juta dari acara tur buku dan US$2,4 juta untuk biaya berbicara, menurut pengungkapan keuangan terbarunya. Dia juga memperoleh US$775.000 dari University of Pennsylvania untuk memimpin Pusat Diplomasi dan Keterlibatan Global Penn Biden sebagai profesor praktik kepresidenan Benjamin Franklin. Jill menambahkan US$700.000 dalam biaya berbicara.

        Penghasilan itu memungkinkan pasangan itu untuk membeli rumah seluas 4.800 kaki persegi di tepi air di Pantai Rehoboth, Delaware, pada 2017, dan melunasi setidaknya satu hipotek di rumah Wilmington mereka. Mereka juga menyumbangkan lebih dari US$1 juta untuk amal, termasuk dua yang dikendalikan oleh keluarga mereka sendiri. Mereka memberikan US$150.000 kepada Yayasan Beau Biden untuk Perlindungan Anak-anak dan US$100.000 kepada Yayasan Joseph Biden.

        Baca Juga: Joe Biden Jadi Presiden AS, Apa Untungnya buat Indonesia?

        Keluarga Bidan masih memiliki beberapa hutang. Catatan County menunjukkan bahwa hipotek US$540.000 di rumah Wilmington, yang dicatat pada 2013, belum dilunasi. Ada juga dua kewajiban lain yang tercantum dalam pengungkapannya. Salah satunya adalah jalur kredit, sebesar US$15.000 hingga US$50.000, yang ditandatangani Biden bersama salah satu putranya.

        Meskipun Biden tidak berhasil kembali ke Gedung Putih, dia mungkin masih memiliki pekerjaan di Penn. Pengungkapan keuangannya menggambarkan kepergiannya sebagai "cuti". Buku Jill Biden, Where the Light Enters: Building a Family, Discovering Myself, keluar pada Mei. Mempertimbangkan semua itu, tampak jelas bahwa "Joe Kelas Menengah" ditetapkan untuk menjadi anggota kelas atas untuk selamanya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Rosmayanti

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: