Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Apa Itu Page Title Optimization?

        Apa Itu Page Title Optimization? Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Menulis sebuah judul halaman yang baik adalah keterampilan penting bagi siapa pun yang akan melakukan strategi SEO. Mengapa demikian? Karena tag judul adalah hal pertama yang dilihat pengguna di hasil penelusuran Google, dan itu juga merupakan salah satu faktor terpenting yang digunakan Google untuk menentukan topik laman.

        Hal ini membuat penggunaan judul yang baik penting bagi performa SEO, dan artikel ini akan membahas mengapa Anda membutuhkan judul halaman yang bagus serta cara dalam mengoptimalkannya.

        Pengertian dari Page Title Optimization

        Jika Anda melihat sumber halaman (klik kanan pada halaman, lalu pilih View Page Source), Anda akan menemukan judul di bagian awal, dan akan terlihat seperti ini:

        contoh judul halaman - SituswebAnda.com

        Baca Juga: Mengenal Dasar-Dasar On-Page SEO

        Ini adalah tag judul HTML, yang juga disebut sebagai judul SEO atau page title SEO. Saat Anda mencari sesuatu di mesin pencarian, Anda akan mendapatkan daftar hasil yang muncul sebagai cuplikan atau snippets. Page title adalah bagian dari snippets yang bersamaan dengan URL dan meta description.

        Oleh karena itu, hal pertama yang dilihat pengguna, bahkan sebelum pengguna masuk ke situs Anda, adalah judul SEO. Untuk memperjelas hal ini, Anda harus bisa membedakan antara judul SEO dengan judul utama halaman. Judul utama halaman adalah apa yang dilihat pengguna setelah mereka mengklik judul SEO dan masuk ke halaman tersebut.

        Judul halaman atau page title mungkin adalah aspek dari SEO yang paling sering diabaikan. Membuat judul halaman yang bagus adalah keterampilan yang harus dimiliki oleh siapa pun. Tujuannya adalah untuk mendapatkan konversi SERP yang lebih tinggi. Tag judul adalah faktor utama dalam membantu mesin pencarian dalam memahami tentang apa halaman Anda, dan mereka juga menentukan kesan pertama pengunjung terhadap halaman Anda.

        Penting untuk selalu mengoptimalkan judul halaman Anda karena sebagian besar mesin pencari seperti Google selalu mengandalkannya saat memberi peringkat pencarian karena judul tersebut dapat memberikan garis besar tentang isi dari konten tersebut. Untuk dapat unggul dalam menerapkan SEO serta membuat bisnis online yang baik, penting untuk mengikuti aturan yang diberikan Google.

        Pada 2017, Google menyumbang lebih dari 79% dari semua trafik pencarian desktop global, diikuti oleh Bing pada 7,27%, Baidu pada 6,55%, dan Yahoo pada 5,06% sehingga membuat Anda perlu untuk melakukan segelintir upaya untuk meningkatkan performa SEO Google.

        Manfaat Mengoptimalkan Page Title

        Menggunakan judul SEO yang baik bertujuan untuk membuat pengguna mengklik judul tersebut, kemudian mengunjungi situs web Anda, dan membaca posting-an Anda atau membeli produk Anda

        Jika judul SEO Anda tidak cukup bagus, orang akan mengabaikannya dan beralih ke hasil pencarian lainnya. Jadi, ada dua tujuan yang bisa dicapai dengan menggunakan judul SEO yang baik, antara lain:

        • Membantu Anda untuk memberi peringkat penggunaan kata kunci;

        • Membuat pengguna ingin mengklik ke halaman situs Anda.

        Google menggunakan CTR (rasio klik-tayang) saat memutuskan seberapa relevan halaman Anda dengan penggunaan kata kunci tertentu. Meskipun pada awalnya Anda mendapatkan peringkat pencarian halaman yang baik, tetapi jika tidak ada yang meng-klik hasil pencarian Anda, maka peringkat pencarian tersebut akan menurun seiring berjalannya waktu. 

        Begitupun sebaliknya. Mungkin halaman situs Anda berada di posisi yang lebih rendah dalam hasil pencarian. Akan tetapi jika judul Anda dapat meyakinkan pengguna untuk mengkliknya, Google dapat mengetahuinya. Seiring berjalannya waktu, peringkat pencarian Anda dapat meningkat. Untuk penggunaan jangka panjang, judul halaman memiliki pengaruh langsung pada peringkat pencarian Anda.

        Cara Melakukan Page Title Optimization

        Bagaimana cara mengoptimalkan judul halaman untuk mesin pencarian? Judul Anda tidak hanya memengaruhi peringkat hasil pencarian, tetapi juga dapat memengaruhi pengalaman pengguna.

        Menulis judul yang efektif tidaklah sulit jika Anda tahu mana yang berhasil dan yang tidak. Mari kita lihat beberapa praktik terbaik untuk pengoptimalan judul SEO.

        1. Gunakan karakter huruf yang tepat

        Umumnya, mesin pencarian hanya menampilkan 60-70 karakter pertama dari judul laman dalam hasil penelusurannya. Panjang judul halaman Anda memainkan peran penting dalam pengoptimalan judul SEO.

        Berdasarkan layout terbaru pada 2020, Anda perlu menulis tag judul yang panjangnya sekitar 55 hingga 60 karakter. Google menggunakan garis ganda dalam hasil pencarian seluler, dan tampilan baris tunggal dalam hasil pencarian desktop.

        Beberapa brand juga suka mencantumkan nama merek mereka di setiap tag judul. Jika Anda berencana mengikuti strategi itu, pastikan Anda menambahkannya di akhir tag judul. Meskipun nama merek Anda akan terpotong di hasil pencarian, pengguna masih dapat mengetahui tujuan konten Anda.

        Terkadang Anda akan memperhatikan bahwa mesin pencari juga menampilkan judul yang menggunakan lebih dari 70 karakter. Ini karena beberapa karakter huruf menggunakan lebih banyak ruang daripada karakter huruf yang lain. Misalnya, huruf besar "M" cenderung menempati lebih banyak ruang di tag judul daripada huruf kecil "l" atau "f".

        2. Penamaan judul yang unik

        Sesuaikan semua tag judul Anda agar mencerminkan inti dari konten halaman tertentu. Deskripsi yang akurat serta judul yang jelas akan membantu mesin pencarian untuk memahami informasi yang ada di konten Anda. Pada saat yang bersamaan, keduanya dapat membantu pengguna untuk mencari jawaban yang disediakan konten Anda.

        Untuk menemukan judul terbaik di halaman web, Anda perlu menempatkan diri Anda di posisi sebagai pengunjung pencarian.

        Menggunakan judul umum seperti "New Post" atau "Beranda" dapat menyebabkan mesin pencarian untuk mendeteksi situs web Anda memiliki konten duplikat. Selain itu, judul semacam itu gagal menarik perhatian pembaca.

        Judul yang otentik dan unik sangat penting dalam melakukan pengoptimalan judul SEO.

        3. Gunakan kata kunci yang tepat

        Pertama, temukan kata kunci yang paling relevan untuk brand dan nice Anda. Anda juga harus memeriksa kata kunci yang digunakan pesaing Anda. Untuk melakukan hal ini, Anda dapat menggunakan alat bantu seperti SpyFu.

        Tag judul dapat membantu Anda untuk mendapatkan peringkat pencarian yang lebih baik jika Anda mengoptimalkannya dengan kata kunci yang tepat. Cara terbaik untuk menggunakan kata kunci yang tepat dalam pengoptimalan judul SEO adalah dengan menambahkannya di awal judul halaman Anda.

        Selain itu, jika Anda ingin mengoptimalkan konten yang sudah ada, salah satu triknya adalah dengan melihat kata kunci berkualitas yang sudah menduduki peringkat teratas.

        Jika Anda merasa sudah menggunakan kata kunci berkualitas yang relevan, tetapi situs Anda masih berada di posisi terbawah, Anda perlu memastikan kembali apakah kata kunci yang relevan sudah digunakan dijudul tersebut atau belum. 

        Saat Anda menambahkan kata kunci, jangan sampai gegabah melakukannya. Ada perbedaan antara "menambahkan" dan "mengisi". Google tidak mengizinkan seorang webmaster mengisi judul mereka dengan isian kata kunci. Google akan mengenali hasil pencarian seperti itu sebagai spam. Ini menciptakan pengalaman pengguna yang buruk sehingga mesin pencari tidak melihatnya sebagai strategi yang positif.

        Jangan menggunakan daftar kata kunci yang berkaitan satu sama lain atau berasal dari variasi frase yang sama beberapa kali dalam tag judul. 

        Memasukkan terlalu banyak kata kunci dapat berdampak negatif dalam pengoptimalan judul SEO Anda.

        4. Gunakan nama brand Anda

        Menggunakan nama brand Anda di tag judul dapat menambahkan elemen keterkaitan dan kredibilitas ke konten Anda, terutama untuk brand yang sudah mapan.

        Jika pengguna sudah mengenali brand Anda, mereka cenderung akan mengklik judul halaman yang menampilkan brand Anda. Itu karena mereka sudah menganggap Anda sebagai sumber informasi yang lebih tepercaya dan andal.

        Namun, agar tidak merusak keterbacaan, Anda perlu menambahkan nama brand di akhir judul halaman. Untuk bisa membuat tag judul Anda terlihat lebih rapi, gunakan pembatas seperti titik dua, atau tanda hubung.

        Menambahkan nama brand Anda juga dapat membantu untuk meningkatkan pengoptimalan judul SEO.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
        Editor: Rosmayanti

        Bagikan Artikel: