Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Oh, Ternyata Ini Cara Cegah Mabuk Perjalanan saat Naik Bus

        Oh, Ternyata Ini Cara Cegah Mabuk Perjalanan saat Naik Bus Kredit Foto: WE
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Naik bus menjadi pilihan banyak orang untuk pulang kampung maupun liburan. Selain bisa beli tiket bus online dan harganya lebih terjangkau, kini pergi ke berbagai destinasi jadi lebih mudah dengan adanya bus lanjutan di Traveloka. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika harus pergi ke daerah yang belum memiliki rute bus langsung karena dengan fitur terbaru ini, Traveloka akan memberi rekomendasi rute bus terbaik untuk kamu. Baca Juga: Gandeng Traveloka, FWD Life Pastikan Akses ke Perlindungan Jadi Lebih Mudah

        Nah, salah satu kendala yang sering dihadapi saat naik bus adalah mabuk perjalanan. Apa kamu juga sering mengalaminya? Umumnya kondisi ini bisa terjadi saat kamu naik bus dengan waktu tempuh yang relatif lama. Namun ada juga yang bisa mabuk perjalanan meski hanya rute pendek.Baca Juga: Gerakkan Sektor Pariwisata Daerah, Pemerintah Guyur Dana Hibah Rp3,3 Triliun

        Ada banyak yang bisa menyebabkan mabuk perjalanan; mulai dari posisi duduk, aroma bus hingga kondisi tubuh. Agar perjalanan kamu tidak terganggu, berikut cara cegah mabuk perjalanan saat naik bus, seperti dirangkum, Rabu (18/11/2020).

        1. Tidur yang cukup

        Pastikan kamu tidur dengan cukup sebelum melakukan perjalanan agar kondisi tubuh bugar dan fit untuk melakukan perjalanan. Selain itu, hal ini juga bisa mencegah pusing dan mual selama di perjalanan lho!

        2. Jangan pergi dalam kondisi perut kosong atau kekenyangan

        Sebelum naik bus, usahakan makan terlebih dahulu tapi jangan sampai kekenyangan ya. Hal ini agar mencegah mual saat terkena guncangan selama bus berjalan. Jika kekenyangan, bisa jadi kamu malah lebih mudah merasa mual dan mulas.

        3. Pilih tempat duduk yang nyaman

        Jika kamu termasuk mudah mual naik bus, ada baiknya pilih tempat duduk di bagian di  bagian tengah, jangan di bagian dekat roda. Hal ini karena guncangan di tempat duduk sekitar roda lebih kencang yang bisa picu mual.

        Sedangkan tempat duduk di bagian tengah cenderung lebih minim guncangan. Lebih baik lagi jika kamu pilih tempat duduk di samping jendela. Kamu bisa melihat pemandangan di sepanjang perjalanan agar tidak bosan dan juga mencegah pusing.

        4. Bawa minyak angin atau aromaterapi

        Bagi banyak orang, minyak angin atau aromaterapi jadi salah satu cara ampuh usir mabuk perjalanan. Menghirup aroma minyak angin atau aromaterapi bisa bantu atasi pusing dan juga mual jika kamu sudah mulai merasa mabuk selama di bus.

        5. Bawa camilan yang lezat

        Jika kamu melakukan perjalanan bus yang lumayan lama, camilan favorit yang lezat bisa jadi teman perjalanan. Misalnya permen mint, buah potong, keripik dan jangan lupa air minum.

        Hindari makanan berat seperti nasi untuk dimakan di atas bus karena bisa picu rasa mual yang bisa ganggu perjalanan kamu.

        6. Hindari bermain game terlalu lama

        Bermain game tentu sah-sah saja untuk menghibur diri selama perjalanan, namun jangan sampai terlalu lama ya.

        Hal ini karena terlalu lama menatap layar smartphone selama naik kendaraan bisa menyebabkan pusing yang kemudian bisa picu mual. Jauh lebih baik jika kamu mendengar musik pakai headset lalu tidur.

        7. Minum obat anti mabuk perjalanan

        Jika kamu termasuk yang sering mengalami mabuk perjalanan, sangat disarankan untuk minum obat anti mabuk terlebih dahulu sebelum berangkat. Dengan begini kamu bisa lebih nyaman selama berada di bus.

        Sedangkan bagi kamu yang jarang mabuk darat, ada baiknya menyiapkan obat anti mabuk perjalanan di tas untuk jaga-jaga. Siapa tahu tiba-tiba mual di tengah perjalanan.

        8. Tidur

        Tidur memang salah satu cara ampuh cegah mual dan pusing selama perjalanan. Banyak yang memilih langsung tidur begitu duduk di bus, apalagi perjalanannya lumayan lama.

        Jika kamu mual atau pusing di tengah perjalanan, usahakan untuk tidur sejenak. Cari posisi yang nyaman untuk tidur agar meredakan mual dan pusing yang dirasakan. 

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Vicky Fadil

        Bagikan Artikel: