Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kisah Perusahaan Raksasa: Di Tangan Mahasiswa Putus Kuliah, Dell Tumbuh Jadi Konglomerat Global

        Kisah Perusahaan Raksasa: Di Tangan Mahasiswa Putus Kuliah, Dell Tumbuh Jadi Konglomerat Global Kredit Foto: Reuters
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Dell Technologies adalah perusahaan teknologi terkemuka dunia yang merancang, mengembangkan, memproduksi, dan menjual berbagai produk komputer dan layanan terkait. Perusahaan multinasional asal Amerika Serikat ini dianggap sebagai salah satu perusahaan pemasok personal computer (PC) terbesar di dunia. 

        Dell --sapaannya-- berkantor pusat di Round Rock, Texas, AS. Sebagai salah satu yang terbesar di bidangnya, jika dihitung-hitung, perusahaan teknologi ini mempekerjakan lebih dari 165.000 orang yang tersebar di AS dan seluruh dunia.

        Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Taipan China Resource Makmur Dimulai Kala Jadi Penggalang Dana Perang

        Orang di belakang nama besar Dell adalah sang pendirinya sendiri yakni Michael Dell. Ia mendirikan perusahaannya pada 1984, dengan konsep awal yaitu menjual sistem komputer kepada para pelanggan. Dell melakukan hal itu sebab mereka ingin memahami dengan baik kebutuhan pelanggan sehingga bisa secara efisien memberi solusi yang paling efektif ke pembeli sesuai kebutuhan.

        Dengan begitu bisa dibilang Dell mengawali langkah bisnisnya dengan cukup sederhana. Lantas hingga di abad ke-21 ini, mengapa ia bisa menjadi salah satu perusahaan raksasa dunia yang dimuat dalam Fortune Global 500? 

        Yang jelas jawaban yang bisa memuaskan para pembaca pasti sangat kompleks. Tapi jangan berkecil hati, pada Rabu (2/12/2020) kali ini, Warta Ekonomi bakal menguraikan secara ringkas perjalanan Dell Technologies dalam artikel sebagai berikut.

        Menyambung langkah penting Michael, Dell tumbuh sebagai pebisnis muda di awal dan pertengahan dekade 1980-an. Model bisnisnya, yang menghilangkan pengecer, ternyata  dapat mengurangi biaya dan waktu sehingga di waktu luang yang ada, Dell bisa lebih dekat pada pelanggan. 

        Bukan cuma masalah strategi, Dell cukup punya pijakan kuat dalam berkompetisi dengan pebisnis lain. Perusahaan memperkenalkan teknologi terbaru yang relevan dan jauh lebih cepat daripada perusahaan lain, khususnya yang menjual produknya dengan pengecer.

        Sebelum beranjak lebih jauh, jadi siapa Michael Dell ini? Pada saat Dell dibentuk, Michael masih berstatus mahasiswa di University of Texas. Dia pada saat itu mulai menjual komputer rakitan pribadi dari kamar asramanya. Suku cadangnya ia beli secara grosir, merakit komputer menjadi klon IBM, dan terakhir menjualnya lewat pos.

        Skema penjualan Michael sukses. Dia segera memperoleh penghasilan kotor 80.000 dolar AS sebulan. Hingga akhirnya di akhir 1984, dia putus sekolah atau keluar dari kampusnya di University of Texas untuk fokus pada bisnisnya.

        Pada saat itu, industri PC didominasi oleh perusahaan besar seperti IBM. Dell menggunakan pemasaran langsung berbiaya rendah untuk menjual lebih rendah dari komputer yang lebih dikenal yang dijual melalui jaringan dealer dengan biaya tinggi. 

        Dell memasang iklan di majalah komputer, mengarahkan barang dagangannya kepada pembeli yang cukup canggih untuk mengenali barang dagangan berkualitas tinggi dengan harga murah. Pelanggan memesan ke Dell dengan menghubungi nomor bebas pulsa.

        Sebagai hasil dari metode ini, komputer Dell menjadi nama merek teratas di pasar surat langsung. Dell mencapai penjualan 6 juta dolar dalam setahun penuh pertamanya dalam bisnis, mendekati 40 juta dolar pada tahun berikutnya.

        Pada tahun 1987 Dell memegang posisi dominan di pasar pesanan lewat pos, tetapi jelas bahwa perusahaan tersebut harus melampaui pesanan lewat pos jika ingin terus berkembang. Untuk mencapai tujuan ini, perusahaan membutuhkan staf manajemen profesional yang lebih besar.

        Dan, Dell mempekerjakan sekelompok eksekutif pemasaran dari Tandy Corporation, pembuat PC berbiaya rendah lainnya. Grup tersebut membangun tenaga penjualan yang mampu memasarkan ke perusahaan besar dan mengumpulkan jaringan pengecer bernilai tambah, yang merakit paket komponen komputer untuk dijual di pasar khusus.

        Hasilnya, Tim Tandy segera membantu meningkatkan margin kotor menjadi 31 persen, naik dari 23 persen tahun sebelumnya. Tandy menuduh bahwa Dell kurang sabar menunggu tenaga penjualan tersebut membayar. Pada awal 1988, sebagian besar kelompok Tandy telah mengundurkan diri atau dipaksa keluar.

        Terlepas dari itu, perusahaan terus berkembang pesat, membuka kantor di London yang menjual komputer senilai 4 juta dolar selama satu bulan pada tahun 1988.

        Awal tahun 1988, firma ini membentuk berbagai divisi untuk meningkatkan profilnya di antara pembeli korporat, pemerintah, dan pendidikan. Dengan penjualan yang dilaporkan sebesar 159 juta dolar pada tahun 1987, perusahaan tersebut go public pada bulan Juni 1988, menjual 3,5 juta saham dengan harga 8,50 dolar per saham.

        Sementara memasuki awal 1990-an, komputer notebook menjadi segmen pasar yang tumbuh paling cepat. Dell, di masa-masa ini, mencurahkan seluruh sumber dayanya untuk memproduksi model notebook pertamanya. Hasilnya produk pertama Dell versi notebook rilis pada 1991. 

        Tahun berikutnya ia memperkenalkan model notebook berwarna. Ia sekaligus juga memasarkannya PC yang menggunakan microchip cepat 486 dari Intel.

        Saat perang PC berlanjut, Compaq, yang merupakan produsen dengan harga lebih tinggi yang menekankan teknik kualitasnya. Persaingan baru mempengaruhi margin Dell, memaksanya untuk memotong harga komputernya hingga 1.400 dolar untuk mempertahankan pangsa pasarnya.

        Dell mampu melakukan pemotongan harga yang begitu tinggi karena biaya operasinya hanya 18 persen dari pendapatan, dibandingkan dengan 36 persen Compaq. Persaingan tersebut juga memaksa Dell menjauh dari upaya untuk menekankan tekniknya. Para eksekutif Dell mulai berbicara tentang komputer sebagai produk konsumen yang mirip dengan peralatan, meremehkan pentingnya teknologi.

        Pada tahun 1993 masalah kualitas memaksa perusahaan tersebut untuk membatalkan serangkaian komputer notebook bahkan sebelum mereka diperkenalkan, menyebabkan biaya 20 juta dolar terhadap pendapatan. Perusahaan itu diproyeksikan menguasai 3,5 persen pangsa pasar PC pada 1993, tetapi Digital Equipment Corporation, yang fokusnya adalah minikomputer, tetap mengungguli Dell sebagai perusahaan pesanan lewat pos komputer terbesar.

        Untuk melawan lini PC murah Compaq, Dell memperkenalkan lini PC berbiaya rendah Dimensions by Dell. Penjualan untuk tahun ini mencapai 2 miliar dolar, dan Dell melakukan penawaran saham kedua senilai 148 juta dolar.

        Selama awal 1990-an Dell juga mencoba terjun ke pemasaran ritel. Sayangnya, nilai komputer yang ada di rak-rak toko anjlok setiap kali Dell menawarkan komputer baru melalui penjualan langsungnya. Dell harus memberi kompensasi kepada pengecer atas kerugian itu.

        Atas dasar itu, Dell meninggalkan pasar ritel pada akhir 1993.

        Setelah kehilangan 36 juta dolar pada tahun 1994, Dell pulih secara spektakuler, melaporkan keuntungan sebesar 149 juta dolar pada tahun 1995. Tahun itu, perusahaan tersebut memperkenalkan komputer notebook berbasis Pentium dan PC prosesor ganda yang populer.

        Perusahaan tumbuh hampir 50 persen pada tahun itu dan tahun berikutnya, meningkatkan pangsa pasarnya menjadi sekitar 4 persen dan memasukkan perusahaan ke dalam jajaran lima besar penjual komputer di dunia.

        Ekspansi berlanjut di banyak bidang pada tahun 1996. Dell memperkenalkan jajaran server jaringan dan segera menjadi perusahaan dengan pertumbuhan tercepat di sektor itu.

        Perusahaan juga membuka fasilitas manufaktur di Penang, Malaysia. Perkembangan terpenting tahun itu adalah ekspansi Dell ke penjualan langsung ke konsumen melalui Internet.

        Dalam tiga tahun, Dell menjual 30 juta dolar per hari melalui internet, yang merupakan 40 persen dari pendapatan keseluruhan perusahaan. Dell mencapai efisiensi yang patut ditiru dengan menggunakan internet untuk mengoordinasikan pesanan konsumen dengan pesanan suku cadangnya sendiri dari pemasok. Situs web perusahaan juga menyediakan dukungan teknis dan memungkinkan konsumen untuk melacak pesanan mereka dari produksi hingga pengiriman.

        Dell melanjutkan pertumbuhan eksponensial pada tahun 1997 dan 1998, mencapai keuntungan sebesar 944 juta dolar pada tahun 1998. Perusahaan tersebut memperkenalkan produk dan layanan baru, termasuk jajaran workstation, program leasing untuk konsumen individu, dan lini produk penyimpanan di bawah merek PowerVault.

        Dell juga memperluas fasilitas manufakturnya di Amerika Serikat dan Eropa. Pada tahun 1998, ia mendirikan pusat produksi dan pelanggan di Xiamen, Cina, meningkatkan jumlah pabriknya di luar negeri menjadi tiga.

        Pada saat Dell menjual sepuluh juta komputernya pada tahun 1997, Dell berada di urutan keempat di belakang IBM, Hewlett-Packard, dan Compaq di industri komputer. Pada pertengahan 1998, ia telah menguasai 9 persen pasar dan tempat nomor dua.

        Tahun 2001 Dell berhasil memperoleh untuk pertama kalinya posisi teratas secara global dalam penjualan PC, dengan pangsa 13 persen di seluruh dunia. 

        Dell juga menargetkan sektor dengan margin lebih tinggi lainnya. Ini melanjutkan dorongannya ke pasar penyimpanan pada akhir 2001 dengan menjalin aliansi dengan EMC Corporation untuk mengembangkan lini baru sistem penyimpanan data, dan memasuki pasar untuk peralatan jaringan kelas bawah yang digunakan oleh bisnis kecil, meluncurkan jalur PowerConnect.

        Perusahaan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) signifikan pertama dalam sejarahnya, memangkas 5.700 pekerjaan dari daftar gaji selama 2001 dan mengambil hampir 600 juta dolar dalam biaya terkait dengan tindakan restrukturisasi. Tuduhan tersebut mengurangi keuntungan, tetapi Dell masih berhasil membukukan laba bersih sebesar 1,78 miliar dolar dari pendapatan sebesar 31,17 miliar dolar untuk tahun 2002.

        Awal tahun 2003 Dell meluncurkan lini printernya sendiri yang ditujukan untuk bisnis dan konsumen. Belakangan tahun itu Dell mendapatkan pijakan di industri elektronik konsumen yang kejam dengan memperkenalkan televisi layar datar LCD, pemutar musik digital, dan layanan musik daring.

        Awal tahun 2003, dalam uji coba, perusahaan mendirikan toko Dell pertamanya di dalam outlet Sears, Roebuck & Company.

        Kepentingan perusahaan yang semakin meluas mengambil bentuk yang cukup konkret pada pertengahan tahun 2003 melalui pemendekan nama perusahaan menjadi hanya Dell Inc. 

        Diversifikasi Dell, ditambah dengan peningkatan besar dalam pengiriman produk dengan margin laba tinggi seperti server, komputer notebook, dan penyimpanan. peralatan, mendorong perusahaan ke ketinggian baru di tahun 2004. Laba bersih melonjak 25 persen tahun itu, mencapai 2,65 miliar dolar, sementara pendapatan melonjak 17 persen menjadi 41,44 miliar dolar.

        Segera setelah hasil luar biasa ini dirilis, Michael Dell, orang dengan masa jabatan terlama sebagai CEO sebuah perusahaan komputer besar AS, mengumumkan bahwa ia akan melepaskan gelar CEO-nya kepada Kevin B. Rollins pada Juli 2004. Tetapi akan tetap aktif terlibat dalam perusahaan tersebut sebagai ketua.

        Pada tanggal 1 Maret 2007, perusahaan mengeluarkan laporan pendapatan kuartalan awal yang menunjukkan penjualan kotor sebesar 14,4 miliar dolar, turun 5 persen tahun-ke-tahun, dan laba bersih sebesar 687 juta dolar (30 sen per saham), turun 33 persen. Laba bersih akan semakin menurun jika bukan karena efek dari bonus karyawan yang dihilangkan, yang mencapai enam sen per saham. NASDAQ memperpanjang tenggat waktu perusahaan untuk mengajukan laporan keuangan hingga 4 Mei.

        Setelah beberapa minggu rumor, yang dimulai sekitar 11 Januari 2013, Dell mengumumkan pada 5 Februari 2013, bahwa mereka telah mencapai kesepakatan leveraged buyout senilai 24,4 miliar dolar, yang akan menghapus sahamnya dari NASDAQ dan Bursa Efek Hong Kong dan mengambilnya.

        Reuters melaporkan bahwa Michael Dell dan Silver Lake Partners, dibantu dengan pinjaman 2 miliar dolar dari Microsoft, akan memperoleh saham publik dengan harga masing-masing 13,65 dolar. Pembelian 24,4 miliar dolar diproyeksikan menjadi pembelian dengan leverage terbesar yang didukung oleh ekuitas swasta sejak krisis keuangan 2007.

        Pada 2016, langkah-langkah Dell dipercepat dan kian berani. Ia ingin menjadi perusahaan infrasutruktur IT terkemuka di dunia. Pada 22 April, SecureWorks, pilar utama bisnis keamanan Dell, menjadi perusahaan publik dan anak perusahaan yang mayoritas dimiliki Dell. Dell bergabung dengan EMC untuk membentuk Dell Technologies, menandai penyelesaian kesepakatan teknologi terbesar dalam sejarah.

        Di 2020, dalam catatan Global 500 milik Fortune, Dell menempati peringkat 81 dunia. Sempat anjlok dan kembali sebagai perusahaan publik, pendapatan perusahaan naik 2 persen menjadi 92,20 miliar dolar. 

        Meski membaik, konglomerat teknologi AS ini masih menghadapi tantangan besar dalam menjual perangkat keras, seperti server dan penyimpanan data. Alasannya semakin banyak pelanggan yang membeli penyimpanan awan (cloud) dari raksasa teknologi pesaing. 

        Untuk itu, keuntungan dan aset perusahaan masing-masing di angka 4,61 miliar dan 118,86 miliar dolar. Membaik dari tahun keuangan sebelumnya yang di angka 2,31 miliar dan 90,62 miliar dolar.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Muhammad Syahrianto
        Editor: Muhammad Syahrianto

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: