Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Apa Itu Nofollow Links?

        Apa Itu Nofollow Links? Kredit Foto: Unsplash/William Iven
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Profile link situs web Anda adalah salah satu elemen terpenting dari ekologi pengoptimalan mesin pencari (SEO). Penting untuk mengetahui agar situs Anda dapat ditautkan dan bagaimana tautannya ke dan dari situs eksternal lainnya. Salah satu aspek terpenting dari profile link situs web yang paling sering diabaikan adalah nofollow links.

        Profile link Anda menjadi hal yang sangat berharga bagi bisnis online. Profile link yang solid dapat meningkatkan kualitas tampilan halaman Anda, meningkatkan peringkat pencarian situs Anda, dan pada akhirnya menumbuhkan lebih banyak otoritas domain pada situs web Anda. Nofollow links memainkan peran penting dalam membangun profile link yang kuat untuk situs web perusahaan Anda.

        Google memperkenalkan opsi rel = "nofollow" pada 2005 bagi blogger yang sedang berjuang bersaing dengan orang-orang yang menggunakan spam komentar untuk mencoba membangun tautan dengan harapan mendapatkan peringkat pencarian pada penggunaan kata kunci tertentu, seperti. 

        Baca Juga: Mengenal Dasar-Dasar Off-Page SEO

        Atribut nofollow memberitahu mesin pencari untuk tidak mengikuti link keluar yang diberi tag tersebut, yang pada dasarnya tag nofollow mengatakan bahwa situs web Anda tidak mendukung link tersebut.

        Pengertian dari Nofollow Links

        Nofollow Links adalah link yang menggunakan tag HTML rel = "nofollow". Tag nofollow memberitahu mesin pencari untuk mengabaikan sebuah link yang Anda tidak ingin sertakan. Karena penggunaan nofollow links tidak lolos PageRank, kemungkinan besar link tersebut tidak memiliki pengaruh besar dalam menentukan peringkat di mesin pencarian.

        Tag nofollow pada dasarnya adalah tanda pemberitahuan kepada mesin pencari untuk tidak mengikuti link terkait.

        Ketika Anda menautkan ke situs web eksternal, mesin pencari menganggap hal itu sebagai sinyal penentu peringkat pencarian, dan mereka akan meneruskan sebagian kecil otoritas Anda (link juice) ke situs web lain. Beberapa pakar SEO percaya bahwa membuat link eksternal nofollow dapat membantu peringkat situs web Anda lebih tinggi. Namun, hal ini sampai sekarang masih belum terbukti.

        Google mengumumkan bahwa algoritma penelusuran mereka sekarang menggunakan nofollow sebagai petunjuk untuk melakukan crawling dan pengindeksan. Untuk itu, Anda harus menambahkan atribut nofollow ke semua situs web eksternal yang tidak Anda ingini untuk memberitahu Google agar link tersebut tidak diikutertakan.

        Berikut beberapa kasus saat Anda perlu menambahkan atribut nofollow:

        1. Link Afiliasi dan Sponsor

        Banyak blogger yang menghasilkan uang secara online dengan menggunakan pemasaran afiliasi. Link afiliasi dapat melacak link produk dan layanan yang Anda rekomendasikan. Anda mendapatkan komisi referensi jika seseorang melakukan pembelian melalui link yang Anda berikan.

        Anda harus selalu menambahkan atribut nofollow ke link afiliasi. Ini berlaku jika Anda menggunakan link afiliasi langsung atau menyelubunginya menggunakan Pretty Links. Cara lain yang populer bagi blogger untuk menghasilkan uang adalah dengan menambahkan link bersponsor.

        Anda harus selalu menyertakan tag nofollow pada link sponsor. Jika tidak, mesin pencari akan menganggap situs Anda menjual link atau mengirim spam. Hal ini bisa membuat Anda diberikan penalti oleh mesin pencari.

        2. Link Eksternal

        Terkadang, Anda dapat menautkan ke sumber eksternal sebagai referensi tambahan. Karena Anda tidak bisa mengontrol konten yang ada di situs web tersebut, Anda harus mempertimbangkan untuk menambahkan nofollow ke situs tersebut.

        Dengan kata lain, Anda memberitahu mesin pencari bahwa Anda menautkan ke suatu sumber, tetapi itu bukan sesuatu yang dapat Anda jamin.

        3. Link Sidebar

        Beberapa blogger menambahkan daftar link eksternal atau afiliasi ke sidebar blog WordPress mereka. Link eksternal ini berasal dari situs otoritas atau situs web yang mereka percayai.

        Masalahnya adalah setiap kali halaman baru dibuat di situs Anda, Anda juga membuat backlink baru untuk situs tersebut dari sidebar Anda di halaman tersebut.

        Penting untuk membuat link nofollow. Dengan begitu, Anda tidak melewatkan SEO juice dari setiap halaman ke link tertentu.

        Manfaat Menggunakan Nofollow Link

        Pada 2005, Google meluncurkan tag nofollow sebagai tanggapan atas spam komentar blog yang sangat banyak di internet. Pemilik situs menyadari bahwa memasukkan link ke situs mereka di bagian komentar blog dan situs web lain akan meningkatkan performa SEO mereka, sehingga begitu banyak perusahaan yang tidak bermoral mulai mengirim spam ke bagian komentar dengan link ke situs web mereka sendiri untuk meningkatkan peringkat di mesin pencari mereka secara artifisial. Untuk itu, tag nofollow hadir untuk mencegahnya.

        Nofollow link dapat mencegah komentar spam dan tautan yang tidak diinginkan sehingga bisa menghambat kesuksesan SEO situs Anda. SEO adalah bagian penting dari pemasaran digital modern. Jika merek Anda tidak muncul di hasil penelusuran teratas untuk istilah penelusuran yang berkaitan dengan industri, produk, layanan, dan konten Anda, maka Anda tidak dapat bersaing di antara pasar yang kompetitif. Link yang tidak diinginkan dapat dengan cepat dan mudah mengurangi performa SEO Anda serta menggeser konten Anda semakin jauh ke peringkat bawah.

        Nofollow link secara inheren memperkuat otoritas domain Anda, meningkatkan kesadaran merek, dan mengarahkan trafik ke situs web Anda. Mereka juga membantu menormalkan profil link Anda, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang spam atau link mencurigakan yang merusak peringkat pencarian Anda. Pada akhirnya, penggunaan nofollow link yang bijak adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan performa SEO situs Anda secara organik.

        Bagaimana Cara Memeriksa Nofollow Links?

        Semua nofollow link berisi atribut HTML rel = "nofollow". Berikut adalah contoh kode HTML nofollow link:

        Google

        Untuk memeriksa apakah atribut nofollow sudah ditambahkan ke link di situs web, Anda perlu mengarahkan mouse ke link tersebut, klik kanan, lalu pilih Inspect di browser Anda.

        Window browser Anda sekarang akan terbagi menjadi dua bagian. Di panel Inspect, Anda akan dapat melihat kode sumber HTML dari link tersebut bersama dengan atribut nofollow. Atau, Anda dapat menggunakan ekstensi Chrome seperti Strike Out Nofollow Links. Ini memungkinkan Anda secara langsung untuk melihat link mana yang memiliki atribut nofollow.

        Cara Mudah Menambahkan Nofollow Link di WordPress Menggunakan All in One SEO 

        Cara termudah untuk menambahkan nofollow link ke situs Anda adalah dengan menggunakan plugin All in One SEO (AIOSEO) untuk WordPress. Ini memungkinkan Anda menambahkan atribut nofollow tanpa perlu mengedit kode HTML apa pun.

        Anda dapat menggunakan plugin AIOSEO versi gratis atau premium (berbayar). Pertama, instal dan aktifkan plugin AIOSEO. Setelah aktivasi, buat halaman atau posting-an baru, kemudian tambahkan anchor text ke link Anda. Selanjutnya, pilih anchor text dan klik ikon “link”. Ini akan membuka kotak untuk link Anda, dengan beberapa opsi yang dapat Anda aktifkan atau nonaktifkan. Sebaiknya aktifkan opsi 'Open in a new tab' serta opsi 'Add "nofollow" to link'.

        Banyak blogger mencentang "Open link in a new tab" saat menambahkan link eksternal. Ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan keterlibatan dan mencegah pengunjung meninggalkan situs web Anda.

        Setelah selesai, cukup klik tombol panah ? atau tekan Enter pada keyboard Anda. Ini secara instan menambahkan link nofollow ke halaman atau posting-an Anda.

        Selain itu, Anda juga bisa menggunakan AIOSEO untuk menambahkan nofollow link di Classic Editor. Meskipun sangat direkomendasikan untuk menggunakan editor blok, beberapa pengguna masih lebih suka menggunakan Classic Editor untuk menulis posting-an dan membuat halaman.

        AIOSEO membantu Anda untuk menambahkan nofollow link dengan mudah di Classic Editor juga. Cukup buka postingpan atau halaman yang ingin Anda edit.

        Selanjutnya, tambahkan beberapa anchor text untuk link Anda, kemudian highlight dan klik tombol atau ikon “link”. Kemudian, masukkan link situs Anda.

        Sekarang, klik ikon roda gigi untuk membuka pengaturan link. Setelah itu, centang kotak Add rel = ”nofollow” to link. Anda mungkin juga ingin menyetel link Anda untuk dibuka di tab baru. Setelah Anda selesai, klik tombol “Add link”. Nofollow link Anda kemudian sudah ditambahkan ke posting-an WordPress Anda.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
        Editor: Rosmayanti

        Bagikan Artikel: