Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        BI Ungkap Inflasi Pekan Kedua Desember 0,30%, Ini Biang Keroknya

        BI Ungkap Inflasi Pekan Kedua Desember 0,30%, Ini Biang Keroknya Kredit Foto: Sufri Yuliardi
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Perkiraan inflasi Desember 2020 mencapai 0,30% (mtm), berdasarkan Survei Pemantauan Harga pekan kedua bulan ini. Dari angka itu, perkiraan inflasi 2020 akan mencapai 1,54%.

        Direktur Eksekutif Komunikasi BI Onny Widjarnako mengatakan penyumbang utama inflasi, yaitu cabai merah sebesar 0,07% (mtm), telur ayam ras sebesar 0,04% (mtm), cabai rawit dan tomat masing-masing sebesar 0,03% (mtm), serta minyak goreng, jeruk, daging ayam ras, wortel, bayam, dan tarif angkutan udara masing-masing sebesar 0,01% (mtm).

        Baca Juga: Segini Loh Modal Asing yang Keluar pada 7-10 Desember

        "Sementara itu, komoditas yang menyumbang deflasi pada periode laporan berasal dari komoditas emas perhiasan sebesar -0,06% (mtm) dan bawang merah sebesar -0,01% (mtm)," kata Onny di Jakarta, Minggu (13/12/2020).

        Bank Indonesia akan terus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah dan otoritas terkait untuk memonitor secara cermat dinamika penyebaran COVID-19 dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia dari waktu ke waktu.

        Tak hanya itu, BI juga akan meninjau langkah-langkah koordinasi kebijakan lanjutan yang perlu ditempuh untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap baik dan berdaya tahan.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Tanayastri Dini Isna

        Bagikan Artikel: