Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Demi Masa Depan yang Cerah, Begini Cara Memilih Universitas

        Demi Masa Depan yang Cerah, Begini Cara Memilih Universitas Kredit Foto: Sufri Yuliardi
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Menentukan Universitas merupakan salah satu hal yang cukup sakral bagi beberapa orang, karena hal tersebut salah satu landasan untuk masa depan. Sehingga bagi calon mahasiswa atau mahasiswi dalam memilih institusi untuk tempatnya mencari ilmu nantinya perlu memiliki beberapa kriteria agar pilihannya tepat.

        Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan untuk menentukan Universitas, seperti dirangkum, Jumat (18/12/2020). Baca Juga: 3 Cara Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak ala Raditya Dika, Investasi Tetap Jagoannya!

        Tips memilih universitas

        Ada banyak sekali kriteria yang perlu untuk diperhatikan dalam menentukan pilihan kampus, namun beberapa hal di bawah ini penting untuk dipertimbangkan sehingga tidak salah dalam memilih kampus. Baca Juga: Universitas Pertamina, Kolaborasi Industri Energi Ciptakan Inovasi

        1. Pendidikan, pendidikan pada suatu universitas merupakan salah satu hal penting yang perlu dijadikan menjadi bahan pertimbangan pada saat menentukan perguruan tinggi. Maksud pendidikan di sini adalah mulai dari sistem, akreditasi, dosen.

        2. Kurikulum, untuk mendukung mahasiswa dalam belajar agar lebih maksimal, kurikulum merupakan salah satu hal penting yang perlu menjadi bahan pertimbangan.

        3. Lingkungan universitas. Suatu lingkungan dapat menjadi alasan untuk menentukan sebuah universitas, karena apabila sebuah universitas bagus tanpa lingkungan yang mendukung, tetap kurang maksimal. 

        4. Fasilitas. Fasilitas sebuah universitas merupakan hal yang sangat vital, karena universitas yang baik adalah universitas yang mampu memfasilitasi mahasiswa sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan untuk menunjang pendidikan, hobi dan kemampuan.

        Hal penting tersebut perlu dimiliki oleh sebuah universitas  agar mampu memberikan ilmu dan pengalaman yang maksimal bagi mahasiswanya. Salah satu universitas yang memiliki hal tersebut adalah Sampoerna University. Baca Juga: Kabar Baik! Awal 2021 Jabar Mulai Terapkan Sekolah Tatap Muka, Eits, Syaratnya...

        Sampoerna University pilihan tepat perguruan tinggi

        Alasan Sampoerna University menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk melanjutkan pendidikan tinggi adalah beberapa kelebihan yang dapat menunjang kebutuhan mahasiswanya sehingga mampu memberikan modal bagi masadepan nantinya. Berikut beberapa kelebihan dari Sampoerna University

        1. Basis pendidikan STEAM

        Pendidikan STEAM adalah singkatan dari Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematic. Pendidikan basis ini adalah sistem pendidikan tinggi yang diterapkan di Amerika. Sistem STEAM dianggap tepat untuk diterapkan pada sebuah perguruan tinggi karena sistem ini mampu melatih mahasiswa untuk lebih kreatif, tingkat analisis yang tinggi, serta kemampuan pemecahan masalah yang tinggi.

        2. Double degree

        Universitas di Indonesia tidak banyak yang menawarkan doble degree, Berbeda dengan Sampoerna University. Sampoerna University merupakan kampus internasional yang memberikan penawaran double degree. Sehingga pada saat kelulusan nanti, mahasiswa yang telah selesai menempuh pendidikan di Sampoerna University akan memperoleh 2 gelar sekaligus. 2 gelar tersebut dari Sampoerna University dan juga memiliki gelar dari salah satu universitas Amerika yaitu University of Arizona. Selain double degree mahasiswa University of Arizona akan diberikan kebebasan memilih mau melanjutkan pendidikan di Sampoerna University atau di University of Arizona pada tahun 3 dan ke 4 pendidikannya. Hal ini bisa terjadi karena Sampoerna University memiliki kerja sama dengan University of Arizona. Baca Juga: Orang yang Tak Kuliah Lebih Bahagia dari Lulusan Sarjana, Peneliti Ungkap Penyebabnya

        3. Kurikulum

        Berbeda dengan universitas lainnya, Sampoerna University memiliki kurikulum yang kekinian sehingga mampu menunjang kebutuhan mahasiswanya. Sampoerna University melatih mahasiswa agar mampu bersaing di dunia kerja, dengan menerapkan lingkungan kampus sesuai dengan kebutuhan di sebuah perusahaan. Dengan harapan mahasiswa dapat memiliki kemampuan sesuai kebutuhan dunia kerja nantinya.

        4. Keseharian pendidikan menggunakan bahasa Inggris

        Salah satu hal penting yang akan sangat berguna pada saat di dunia kerja nantinya adalah bahasa internasional yang perlu dipahami oleh mahasiswa. Sampoerna University menerapkan pendidikan pada kesehariannya dengan menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa wajib, sehingga hal tersebut akan melatih mahasiswa dalam berbahasa yang baik. Selain itu Sampoerna University merupakan universitas tingkat internasional, sehingga tek heran apa bila Sampoerna University menerapkan hal itu.

        5. Fasilitas terbaik

        Selain memiliki kurikulum dan tenaga pengajar terbaik Sampoerna University juga memberikan fasilitas yang sangat menunjang mahasiswanya. Hal tersebut didapatkan karena hasil kerja sama dengan Louisiana State University, Amerika Serikat. Beberapa fasilitas terbaik meliputi Laboratorium ini terdapat di Faculty of Engineering and Technology (FET), lab desain canggih yaitu 3D visual dan motion capture.

        Dari hal hal tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, untuk info lebih lengkap dapat diakses melalui https://sampoernauniversity.ac.id/.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Vicky Fadil

        Bagikan Artikel: